Perbedaan Jantan Betina Pleci Paling Jelas Dan 100% Benar

Perbedaan Jantan Betina Pleci - Cara membedakan jantan betina burung pleci sangatlah mudah. Namun aneka macam orang yang belum tahu sama sekali. Pleci merupakan burung kecil pemakan buah dan serangga. Ukuran burung ini hanya sebesar ibu jari orang dewasa.

Burung ini banyak disukai oleh para kicau mania di Indonesia bahkan juga negara tetangga menyerupai Malaysia, Singapura, China, dan Vietnam.
dengan melihat warna kuning diatas paruh
Ciri-Ciri Pleci Jantan
Meskipun bertubuh mungil namun burung ini sangat merdu suaranya. Dan juga mampu menirukan bunyi burung lain menyerupai burung peniru lainnya.

Burung pleci tergolong jenis monomorfik. Dimana jantan dan betina susah untuk dibedakan sebab memiliki ciri-ciri yang sama persis.

Memang butuh kejelian dalam membedakan burung ini. Dan harus memiliki jam terbang yang tinggi biar tidak keliru.

Ada beberapa metode yang biasa dipakai oleh para pleci mania (pleman). Seperti dengan melihat contoh ekor, ketebalan lingkar mata, dan bentuk anus atau kloaka.

Bagi orang yang gres bermain pleci (pemula) pasti kesulitan jikalau mengunakan cara diatas. Menurut kami cara tersebut belumlah sempurna seratus persen.

Sebenarnya ada ciri khas yang membedakan antara pleci jantan dan betina yang sangat mencolok namun jarang disadari. Cara ini selalu aku gunakan sebagai pakem dalam ngombyok pleci di pasar burung (pasbur).

Cara yang biasa kami pakai ialah dengan cara melihat garis kuning diatas paruh. Untuk pleci jantan memiliki garis kuning yang jelas, tebal dan nyambung antara kiri sama kanan. Namun ada juga jantan yang memiliki garis tipis dan tidak nyambun namun warna kuningnya sangat jelas.

Sedangkan untuk betina tidak memiliki garis kuning di atas paruh. Jika ada hanya tipis dan tidak nyambung antara kiri dan kanan dan warnanya tidak terlalu terang.

www.
Pleci Jantan
Cara ini sangat efektif daripada tiga metode diatas sebab terbukti tepat. Yang terpenting harus sering berlatih gar terbiasa.

Namun ada kelemahannya jikalau bulu burung diatas kepala botak atau rontok maka kita susah membedakan. Sebaiknya pilihlah yang memiliki bulu yang utuh.

Mungkin itu sedikit penjelasan wacana cara membedakan burung pleci paling ampuh, semoga berguna.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perbedaan Jantan Betina Pleci Paling Jelas Dan 100% Benar"

  1. Kalau saya yang penting burungnya mau ngriwik itu tandanya baru 100% tetapi jika belum mau mriwik silahkan dilihat ciri-ciri fisiknya.

    Bedakan Pleci Jantan dan Betina 100% Akurat

    BalasHapus