Beribur ke Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan sebuah museum yang sudah jadi bangunan paling bersejarah di kota Bandung, sehingga menarik minat banyak para wisatawan. Museum yang dilindungi serta dirawat oleh pemerintah ini telah dibangun pada tanggal 16 Mei 1928, dan sempat mendapat renovasi dengan dana bantuan dari Jepang, sehingga sekatang ini tetap dalam kondisi yang baik, sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi di kota Bandung.

Wisata ke Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung  | via: https://pujidarmawan.wordpress.com/2013/06/01/museum-geologi-bandung/

Museum geologi Bandung ini juga seringkali dijadikan sebagai tujuan study tour sekolah-sekolah yang bertempat di Bandung, dan sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan koleksi yang dimiliki museum tersebut sangat berguna untuk pendidikan dan juga memiliki nila-nilai sejarah kehidupan serta pelestarian alam yang sangat mendidik.

Museum geologi Bandung jika dilihat dari luar, tampak seperti gudang pada umumnya, akan tetapi di dalamnya telah menyimpan banyak sekali benda menarik yang tak bisa ditemukan di tempat wisata lainya.

Ada apa saja yang ada di Museum Geologi Bandung yang dirancang oleh arsitek Belanda ini?


Lantai 1 museum geologi Bandung


Dilantai 1 pada museum geologi Bandung ini terbagi menjadi 3 ruangan, yakni ruang tengah yang terdapat animasi kegiatan geologi dan kegiatan museum dalam layar lebar, pelayanan informasi museum, dan pelayanan pendidikan serta penelitian.

Lantai 1 Museum Geologi Bandung || via: https://pujidarmawan.wordpress.com/2013/06/01/museum-geologi-bandung/

Di ruang barat terdapat hipotesisi terjadinya bumi, sistem tata surya, tatanan tektonik regional, keadaan geologi Indonesia, maket pergerakan lempeng-lempeng aktif kulit bumi, fosil manusia purba, sejarah evolusi manusia menurut terori evolusi Darwin, pemetaan sumber daya mineral di Indonesia, berbagai jenis bebatuan, saranan pemetan dan penelitian, bebatuan hasil kegiatan gunung api, dan lain sebagainya.

Sedangkan di ruang timurnya terdapat sejarah perkembangan serta pertumbuhan makhluk hidup yang mendiami planet bumi dari masa primitif hingga masa modern, fosil dinosaurus tyrnnosaurus rec osborn, sejarah pembentukan danau Bandung, dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

Lantai 2 museum geologi Bandung


Untuk di lantai 2 museum geologi Bandung ini juga terbagi jadi 3 bagian utama, yakni dibagian tengah terdapat maket tambang emas terbesar di dunia, bebatuan asal Papua, miniatur pengeboran minyak bumi dan lain sebagainya.

Isi Museum Geologi Bandung || Via: VisitBandung.Info

Sedangkan di ruang barat sebagai ruang staf museum geologi, dan untuk ruang timurnya terdapat informasi dan kegunaan batu mineral bagi manusia, gambar penyebaran sumber daya mineral di Indonesia, dan masih ada banyak lagi lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk Anda tentang museum geologi Bandung semoga bermanfaat.

Image Source:
  • _https://pujidarmawan.wordpress.com/2013/06/01/museum-geologi-bandung/
  • _http://visitbandung.info

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beribur ke Museum Geologi Bandung"

Posting Komentar