Tips membeli modem

Anda sering berkerja dengan internet, pasti tahu tentang modem. Sekurang-kurangnya istilah ini tidak asing diteling anda. Sekedar untuk mengingtakans aja, modem merupakan pernagkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (internet service provider - penyedia jasa internet anda).

Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya. Namun umumnya istilah modem lebih dikanal sebagai perangkat keras yang sering digunakan utuk komunikasi pada komputer.

Akses arus internet melalui modem 28.8-, 33.6-, atau 56- kbps dikenal sebagai teknologi modem "voiceband". Seperti modem voiceband, kabel modem modulasi dan demodulasi data signal. Akan tetapi, kabel modem gabungan lebih fungsional untuk jasa internet dengan kecepatan tinggi. Pada jaringan kabel, data dari jaringan ke pengguna adalah sebagai "downstream", dimana data pengguna ke jaringan adalah sebagai "upstream". Tingkat data upstream dan downstream mungkin dapat dikonfigurasikan secara fleksibel dengan menggunakan kabel modem.

Bila anda ingin membeli modem, anda perlu sedikit berhati-hati agar tidak salah memilih. Modem yang beredar sekarang ini rata-rata sduah memiliki kecepatan 56 kbps. Selain itu, ada banyak merek dan tipenya. Lalu, modem apa yang sebaiknya kita beli? berikut beberapa tips membeli modem:

* Pilihlah modem dari produsen yang memiliki online support yang baik.

Sebelum membeli, ada baiknya jika anda mencoba untuk mendatangi website dari produsen tersebut. Jika anda tidak dapat menemukan website mereka atau jika ada, periksalah website mereka, apabila didalam website tersebut tidak memberikan technical support yang baik serta driver untuk didownload, mungkin anda akan menyesal membeli modem tersebut.

* Jangan terpengaruh dengan barang obral dan harga murah.

Modem anda merupakan alat penting dan utama dalam koneksi ke internet. Anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli sistem komputer, dan anda juga membayar biaya koneksi dan biaya telepon bulanan, jadi jangan dengan berhemat sedikit dengan membeli modem murah berkualitas rendah yang menyebabkan koneksi internet menjadi buruk yang berakibat membengkaknya biaya bulanan tersebut.

* Setia dengan merek dan model yang sudah terkenal dengan kehandalannya

Hal ini memberikan anda support yang baik dan kemungkinan upgrade firmware, dan juga modem ini juga menyimpan nilai jual yang lebih baik jika anda mau menjual atau mengupgrade modem tersebut.

Jadi, walaupun sekarang ini banyak beredar modem "No Name" dengan kecepatan 28.8/ 33.6 dan 56 kbps yang terlihat lebih baik daripada modem yang telah ada sebelumnya, mungkin nasihat terbaik yang dapat diberikan adalah carilah modem dari produsen yang telah memiliki nama baik, serta memiliki website, yang memberikan fasilitas upgrade dan support yang baik. (*/RON)

Sumber: Koran W a r t a K o t a

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips membeli modem"

Posting Komentar