Layanan BlackBerry, teknologi canggih untuk pelanggan seluler yang memiliki mobilitas tinggi

"!Pertama di Asia hadir dengan layanan prabayar!". Kebebasan berkomunikasi kini benar-benar dapat anda rasakan tanpa adanya keterbatasan!. Setelah dapat dinikmati oleh pelanggan kartuHALO, kini telkomsel memberikan kemudahan bagi anda pengguna simPATI dan Kartu As untuk menikmati keunggulan layanan-layanan BlackBerry Internet Service. Dengan tarif Rp 180.000 per 30 hari, sudah termasuk pemakaian GPRS tanpa batas (unlimited). Selain itu, aktivasinya begitu mudah hanya melalui SMS, anda semakin fleksibel dan bebas menjelajahi dunia maya langsung dari ponsel anda. Gratis Chatting, Gratis Browsing - Setiap saat tanpa batas !!!

Wow ... demikian sepenggal penawaran dari telkomsel kepada khalayak ramai pada ruang iklan koran Kontan. Penawaran yang sayang untuk dilewatkan bagi anda yang supersibuk bekerja dengan komputer, dimana dengan menggunakan layanan ini akan semakin memudahkan anda dalam berkomunikasi.

Anda yang sibuk dan banyak bekerja dengan bantuan komputer dikantor, kadangkala anda terpaksa meninggalkan komputer kantor anda yang terkoneksi internet untuk melakukan tugas diluar, padahal anda masih memerlukan pertukaran informasi dan data via e-mail. Biasanya, untuk menyiasati hal ini, sebagian orang menggunakan laptop sebagai sarana pengganti PC. Namun demikian, terkadang membawa-bawa laptop kemana-mana agak merepotkan, dan lagi belum tentu laptop tersebut terhubung dengan internet dan data-data di kantor.

Salah satu solusi mengatasi kerumitan diatas adalah dengan memanfaatkan produk buatan Research in Motion asal Kanada, Namanya BlackBerry.

BlackBerry! demikian teknologi ini disebut, yang memungkinkan pemakainya mengakses data ke server kantor 24 jam penuh. Selain itu, BlackBerry dapat mengirim dan menerima email melalui metode push, sehingga surat elektronik langsung terkirim ke terminal akhir pelanggan tanpa harus diambil (full) dari server.

Dengan demikian, BlackBerry memungkinkan anda untuk dapat terus mengecek e-mail tanpa harus tersambung ke server. Karena koneksi data ke server sudah berlangsung secara otomatis (real time) dengan menggunakan koneksi GPRS. Semua user dapat menerima e-mail, sama seperti memakai laptop yang selalu terkoneksi ke internet.

Namun, yang membedakan sambungan laptop pada internet dengan layanan Blackberry adalah Layanan BlackBerry dirancang dalam sebuah telepon genggam kecil. Jadi, pada saat anda melakukan aktivitas lain, seperti menyetir, makan, atau senam aerobik, email dapat langsung anda terima sama persis seperti menerimapesan singkat (SMS) atau MMS.

Dan yang lebih canggih lagi, BlackBerry secara otomatis dapat mengkompress file besar yang masuk menjadi lebih kecil, sehingga akses dapat berlangsung dengan lebih cepat dan berakibat pada biaya yang semakin murah. Hal ini dapat terjaid karena handset yang dibuat oleh Research In Motion (RIM) ini dapat memperkecil (compressed) kapasitas e-mail samapi 100 kali lebih kecil daripada ukuran sebelumnya. "jadi, jika anda mendapat kiriman email sebesar 1.000 kb, maka ukuran yang anda terima dalam kota pesan (inbox) hanyalah 10 kb", ujar Safira, salah satu pemakai BlackBerry.

Adapun kelebihan lainnya dari BlackBerry yang telah dimanfaatkan oleh kurang lebih 8 juta user ini adalah kemampuannya menampung puluhan ribu e-mail tanpa mengurangi kinerja handset. Selain itu, daya tahan handset ini begitu kuat. Andi Yuniarto, salah satu pengguna BlackBerry mengatakan, "anda silakan percaya atau tidak, BlackBerry saya pernah terjatuh keselokan air, tetapi masih dapat berfungsi dengan baik".

Selain kelebihan diatas, kelebihan Blackberry lainnya adalah dapat melakukan chatting gratis ke sesama pengguna handset ini asalkan mengetahui nomor PIN teman yang akan diajak chatting.

Untuk faktor keamanan, penggunaan BlackBerry juga harus diperhatikan, karena BlackBerry akan membuka akses ke server data. Namun demikian, Blackberry telah melengkapi sistek keamanannya dengan menggunakan standar keamanan industri Triple DES (Data Encryption Standard).

Namun demikian, ada hal yang mungkin harus diperhatikan pada perangkat BlackBerry ini, yaitu terkadang Sistem BlackBerry ini "memakan" e-mail atau SMS. Karena pada Blackberry terdapat device yang dapat menghilangkan email atau SMS. Hal ini dikarenakan memory internal BlackBerry yang terus mengecil, sehingga secara otomatis akan menghapus email atau SMS, supaya terdapat ruang kosong pada memory internal.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah biaya akan bertambah besar jika pemakainya biasa keluar negeri, karena akan terkena roaming internasional.

Selain mengandalkan teknologi push e-mail, BlackBerry memiliki keunggulan layanan bernilai tambah alias value added service (VAS), seperti layanan pasar modal indonesia yang dikenal sebagai i-stock, sebuah layanan dari Indosat. Selain i-stock, Indosat juga memiliki layanan i-GPS untuk kebutuhan navigasi, guna mempermudah konsumen memenuhi berbagai kebutuhan mereka, baik personal maupun bisnis.

Layanan BlackBerry Indosat mengenakan biaya berlangganan Rp 140.000 perbulan untuk pelanggan personal dan Rp 300.000 perbulan untuk pelanggan korporat, dan Indosat mentargetkan akan mempunya 100.000 pelanggan BlackBerry sampai akhir tahun 2008.

Selain Indosat, XL juga memiliki layanan BlackBerry. Perusahan didalam grup Telekom Malaysia ini menawarkan skema tarif dan handset terbaru. XL menyediakan empat paket pilihan yang semuanya unlimited APN BlackBerry.

Layanan tambahannya paket bicara 100 menit dengan biaya Rp 199.000 per bulan, paket data APN XL 50 MB dengan tarif 199.000 per bulan, paket data APN XL 250 MB dengan tarif Rp 248.000 per bulan, serta data APN XL 1 Giga dengan biaya Rp 428.000 per bulan.

XL menyediakan handset BlackBerry tipe 8120 yang bandrol 5,5 juta rupiah dengan kemampuan video recording.Selain itu juga disediakan BlackBerry tipe 8820 dengan harga Rp 6,75 juta dengan fasilitas GPS dan Wi-Fi. "kami sudah mengakomodir sekitar 5.000 pengguna layanan BlackBerry ini", ujar GM Layanan Pemasaran Terintegrasi XL Ventura Elisawati.

Selain layanan BlackBerry dari Indosat dan XL, patut dilirik penawaran unik dari Telkomsel. beberapa waktu lalu, Telkomsel meluncurkan layanan BlackBerry untuk pelanggan prabayar, "dimana layanan seperti ini merupakan yang pertama di Asia" ungkap Henry Mulya Sjam, VP Pemasaran dan CRM Telkomsel.

Peluncuran BlackBerry khusus prabayar ini semakin melangkapi layanan push e-mail dari Telkomsel. Sebelumnya, anak usaha SingTel dan PT Telkom ini telah memiliki HALOVentus, BlackBerry Microsoft Direct Push, dan Telkomsel You'veGot Mail.

Adapun kelebihan layanan BlackBerry dari Telkomsel adalah terletak pada jangkauannya yang lebih luas, yaitu memiliki layanan roaming internasional yang menjangkau sampai 30 negara.

Untuk harga, telkomsel mematok Rp 180.000 per bulan bagi pelanggan prabayar dan Rp 150.000 per bulan untuk pelanggan pasca bayar. Target Telkomsel adalah dapat memiliki 50.000 samapi 70.000 pelanggan BlackBerry prabayar. "peluangnya cukup besar karena 96% pelanggan Telkomsel adalah pengguna layanan prabayar," tutup Henry.


Sumber referensi: Artikel yang ditulis oleh Ayyi Achmad Hidayah pada koran kontan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Layanan BlackBerry, teknologi canggih untuk pelanggan seluler yang memiliki mobilitas tinggi"

Posting Komentar