Penyebab Rembesan Bocor Pada Dinding Rumah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rembesan Bocor Pada Dinding Rumah dan Cara Mengatasinya
Tak jarang kita jumpai rumah yang dibangun sedemikian rupa mulai dari halaman, teras, hingga pada interiornya menampilkan kemapanan dan kerajinan penghuninya.

Namun, apa jadinya jika kemapanan, kerajinan serta kerapihan tersebut terganggu oleh timbulnya banyak bercak lembab pada dinding interiornya disebabkan oleh molekul air merembes.

Hal ini harus segera ditanggulangi agar tidak terus mengusik pemandangan rumah anda. Dalam mengatasi rembesan bocor pada dinding rumah ini tidak bisa sembarangan.

Terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi apa penyebabnya, barulah kita bisa melakukan langkah-langkah untuk menanggulanginya.

Simak juga: Perkiraan Biaya Beberapa Pekerjaan Penting Dalam Renovasi Rumah

Berikut ini kami akan berbagi kepada sahabat semua tentang bagaimana cara mengatasi rembesan bocor dinding rumah sesuai dengan faktor yang menjadi penyebabnya.


Rembes Air Karena Adanya Retak Rambut Dinding Interior

Adanya retak rambut pada dinding rumah anda, biasanya dikarenan terdapat unsur pembentuk plesteran yang kurang bersih atau mengandung tanah dan material lainnya.

Bisa juga karena air yang digunakan untuk mengaduk semen berasal dari selokan. Penyebab lainnya juga bisa karena proses pengacian dilakukan saat plesteran belum kering sempurna.

Solusi yang bisa kita lakukan cukup mudah, yaitu dengan memperbesar sedikit retak-retak rambut tersebut dan tutuplah retakan dengan plamir tembok. Tunggu hingga plamir mengering sempurna, barulah kita lakukan finishing.


Rembesan Air Berasal Dari Celah Dinding Dengan Rumah Tetangga yang Berhimpitan

Posisi rumah yang berdempetan dengan rumah tetangga kadang memang menimbulkan beberapa masalah, terutama masuknya rembesan air dari celah dinding yang berbatasan dengan tetangga.

Solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan menutup celah tersebut dengan plesteran lalu lapisi dengan Pelapis Anti Bocor (Waterproofing).


Rembesan Air Berasal dari Kamar Mandi

Rembesan air yang berasal dari kamar mandi ini biasanya disebabkan oleh sambungan pipa air yang rusak (putus), atau bisa juga karena kualitas material plesteran yang kurang bagus.

Untuk mengatasinya kita harus membetulkan sambungan yang rusak atau putus tersebut. Setelah itu, kerok plesteran dan ganti dengan plesteran yang baik dengan material sesuai.


Rembesan Air Karena Dinding Luar Belum Diplester

Dinding lembab memang seringkali kita jumpai pada dinding rumah yang belum diplester. Daya kapiler membuat air hujan meresap melalui pori-pori material dinding, menembus ketebalan dinding dan membentuk pola air pada dinding.

Tentu saja solusinya adalah dengan memplester dinding luar dengan perbandingan material semen dan pasir 1:3, sebelum diaci tunggu plesteran kering total atau kurang lebih 2 minggu setelah diplester.


Rembesan Karena Naiknya Air Permukaan Tanah Atau Pipa Air yang Bocor

Biasanya bercak kelembaban terjadi terus menerus sepanjang waktu, tidak mengenal waktu cerah ataupun hujan dan teralokasi di bawah sekitar 1 meter pada dinding rumah.

Air tanah yang masuk ke dinding interior melalui kapiler material semen ini umumnya disebabkan oleh kualitas material plesteran yang rendah, baik pada dinding luar maupun dalam.

Dari penyebab ini, langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan mengerok plesteran sekitar 1 meter dari permukaan dan menggantinya dengan plesteran baru menggunakan komposisi pasir dan semen 3:1 lalu barulah dilakukan pengecatan dengan prosedur yang sesuai.

Sedangkan jika disebabkan karena adanya kebocoran pipa air, biasanya dapat diindikasi sekitar 1 meter dari dinding dasar. Gejalanya mudah terlihat dan umumnya lebih parah dari bercak basah lainnya.

Solusi untuk mengatasinya tentu saja dengan mengganti pipa yang bocor tersebut lalu plester dengan komposisi material yang sesuai.


***

Itulah beberapa penyebab masalah rembesan bocor yang terjadi pada dinding rumah dan solusi-solusi dalam menanggulanginya. Semoga bermanfaat dan rumah anda tetap terlihat bagus dan tidak mudah termakan usia.

sumber/gambar
http://www.renovasi-rumah.com/hasil.php?module=detailberita&id=88
http://iderumahkreatif.blogspot.com/2013/08/mengatasi-rembesan-kebocoran-dinding.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Rembesan Bocor Pada Dinding Rumah dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar