Tujuh Tanda Seseorang Sedang Berbohong

Bagaimana kita dapat mengetahui ketika seseorang sedang berbohong? Tidak perlu kita menjadi seorang psikolog untuk dapat mengetahui atau mempelajari bahwa seseorang sedang berbicara kejujuran atau kebohongan.

Tentu saja dengan latihan yang terus-menerus, suatu saat kita akan dapat dengan mudah menganalisanya.

Ada satu juta bahasa tubuh yang berbeda, namun pada posting kami berikut ini hanya akan mengulas beberapa hal yang umum saja. Berikut kita simak ya, tujuh tanda seseorang sedang berbohong!


1. Posisi Tubuh

Orang yang sedang berbohong biasanya ada perubahan dalam posisi tubuhnya yang semula, baik ketika sedang duduk atau berdiri. Disadari ataupun tidak, ada hubungan yang kuat antara pikiran dan ekspresi.

Baca juga: Tebak Kepribadian Seseorang dari Jenis Kopi yang Diminumnya


2. Nafas Yang Tiba-tiba

Dalam setiap kebohongan, nafas akan menjadi dangkal/cepat dan detak jantung akan meningkat. Untuk menenangkan perasaannya, pembohong umumnya akan mengambil nafas dalam-dalam.

Seperti halnya mesin pendeteksi kebohongan yang mengukur detak jantung seseorang yang sedang diwawancara atau diinterogasi.


3. Kegelisahan Pada Bagian-bagian Tubuh

Tergantung dari orangnya, hal ini dapat terlihat dengan berbagai cara. Ketika kita berbicara dengan seseorang yang tentunya sudah dikenal, gerakan yang gugup akan menarik perhatian kita. Gerakan yang tidak seperti biasanya akan dilakukan oleh orang tersebut.


4. Posisi yang Tiba-tiba Berubah

Orang yang berbohong, sekalipun dia seorang profesional, akan merasakan ketidaknyamanan saat dia melakukan kebohongan. Tubuh akan selalu menyesuaikan perasaan kita tanpa disadari, ini merupakan sinyal yang baik untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

Sebagai contoh, lawan bicara sedang menyilangkan salah satu kakinya di atas kaki yang lain, dan saat ia mulai menjawab pertanyaan kita, dia merubah posisi silang kakinya.


5. Gerakan-gerakan Tanpa Disadari

Gerakan-gerakan tangan dan kaki yang tidak disadari juga bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut sedang berbohong. Contohnya: menggoyangkan tangan di atas meja, menggoyangkan kaki, kedua paha saling menekan bersama-sama, kedua tangan direkatkan kuat-kuat, dan lain-lain.


6. Senyuman Palsu

Para pembohong seringkali menyalahgunakan senyuman yang merupakan simbol dari keakraban dan kepercayaan.

Cara membedakannya adalah dengan memperhatikan senyuman lawan bicara kita yang apabila dilakukan cukup sering dan tiba-tiba, yang sebetulnya tidak pada tempatnya dia harus tersenyum, maka kemungkinan besar orang tersebut sedang melakukan kebohongan.


7. Terlalu Banyak Aksi-aksi 'Sok Akrab'

Lawan bicara akan merasa kikuk saat berbohong sehingga mereka akan menyembunyikan kekikukannya dengan melakukan tindakan-tindakan seperti: menyentuh anda, menepuk punggung anda ataupun mendekatkan posisinya pada anda.

Memutuskan bahwa seseorang sedang berbohong akan sangat sulit jika  dia melakukan tindakan-tindakan yang bersahabat seperti itu. Ini merupakan respon manusia yang alamiah.

Tapi tetap perlu diingat, anda harus berhati-hati jika anda merasa bahwa keakraban dari lawan bicara sudah berlebihan.

***

Itulah tujuh tanda ketika seseorang sedang mengatakan kebohongan pada anda. Ada baiknya pula kita mengutip sebuah kalimat bijak yang sangat populer yang mengatakan bahwa "ketika seseorang berbohong maka akan terlihat jelas di matanya."

Walaupun menurut kami cara ini cukup sulit dilakukan, namun paling tidak saat kita memandang ke arah matanya ketika ia bicara, akan menimbulkan efek tidak nyaman padanya untuk mengatakan suatu kebohongan.

Semoga posting kami kali ini bisa memberikan manfaat kepada sahabat semua, dan jangan lupa yah untuk mengunjungi posting-posting menarik kami lainnya.

Sumber:
http://www.akuinginsukses.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuh Tanda Seseorang Sedang Berbohong"

Posting Komentar