Cinta Romantis Atau Hanya Hasrat Seksual

Cinta Romantis Atau Hanya Hasrat Seksual
Arah pandangan seseorang ternyata bisa mengungkapkan suatu perasaan, seperti yang ditunjukkan oleh hasil riset yang baru-baru ini dilakukan.

Menurut hasil penelitian, pandangan ke wajah cenderung mengindikasikan perasaan cinta romantis, sedangkan pandangan pada tubuh berhubungan dengan hasrat seksual.

Menurut Stephanie Cacioppo, Direktur High-Performance Electrical NeuroImaging Laboratory di University of Chicago yang menulis hasil studi ini, pandangan yang dapat mengungkap perasaan tersebut dapat berlangsung tidak lebih dari setengah detik.

Walau belum banyak ilmu yang diketahui tentang bagaimana orang jatuh cinta atau tentang cinta pada pandangan pertama, dirinya memaparkan,  pola respon ini memberikan petunjuk pertama mengenai bagaimana proses perhatian perasaan otomatis terjadi.

Baca juga: Ikuti Tips Berikut Ini Jika Ingin Dicintai Gadis Impian Anda

Menurut kajian yang dilakukan oleh Cacioppo dan koleganya pada tahun 2012 dan dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine, perasaan cinta romantis dan hasrat seksual mengaktifkan bagian yang berbeda dalam otak manusia.

Dalam studi tersebut, mereka menguji apakah para peneliti dapat mengidentifikasi perbedaan antara perasaan cinta dan nafsu berdasarkan data lacak mata.

Tes yang dilakukan para peneliti diawali dengan menunjukkan 120 foto hitam putih pada 16 mahasiswa heteroseksual di University of Geneva, Swiss. Setiap foto menggambarkan interaksi antara satu pasangan heteroseksual.

Kemudian dalam tes kedua, mahasiswa-mahasiswa tersebut melihat 40 foto orang menarik yang jenis kelaminnya berbeda dengan mereka. Dalam percobaan ini tidak digunakan gambar erotis atau porno oleh para peneliti.

Para peserta dalam kedua pengujian tersebut secara cepat dan tepat melaporkan apa yang mereka rasakan setelah melihat gambar-gambar itu, Cinta atau Nafsu?

Para peneliti berkesimpulan bahwa pandangan berhubungan dengan cinta dan nafsu dalam waktu yang bersamaan mendeskripsikan kemampuan otak untuk secara cepat memproses kedua emosi.

Namun, dari hasil analisis data lacak-mata mengindikasikan bahwa mereka yang memandang wajah orang cenderung melaporkan perasaan cinta romantis.

Sedangkan mereka yang lama memandang tubuh orang cenderung melaporkan hasrat seksual. Penelitian tersebut menunjukkan hasil yang sama pada laki-laki dan perempuan.

Sumber:
http://m.antaranews.com/berita/445558/arah-pandangan-bisa-mengungkap-perasaan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cinta Romantis Atau Hanya Hasrat Seksual"

Posting Komentar