5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Persaingan Bisnis

5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Persaingan Bisnis
www.pengusaha.co
Kebanyakan orang akan berpikir bahwa persaingan dalam bentuk apapun pastinya terkait dengan hal-hal yang negatif.

Namun, sebenarnya tidak demikian pada kenyataannya. Persaingan tidak selalu berkonotasi negatif.

Di dalam persaingan ada banyak aspek positif yang bisa dipelajari dan akan memberikan anda banyak manfaat dari persaingan tersebut, baik kaitannya dalam kehidupan pribadi, maupun dalam dunia bisnis.


Baca juga: 5 Cara Agar Anda Selalu Punya Ide Baru


1. Munculnya Pemikiran Inovatif

Tanpa anda sadari, dari persaingan akan membuat anda mampu berpikir lebih inovatif sehingga akan ada banyak kreasi baru yang anda hasilkan.

Seharusnya anda akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan ide-ide segar dan baru agar pekerjaan yang dilakukan dapat lebih sukses dibandingkan komptetitor anda.

Baca juga: 5 Pemikiran yang Menguatkan Mental Anda Saat Gagal Dalam Bisnis


2. Adanya Peningkatan Pelayanan

Sebagai karyawan yang menawarkan jasa serupa dengan beberapa perusahaan lain, seharusnya akan ada banyak kompetitor yang menghadang langkah anda.

Tapi, dari sinilah anda akan lebih dipaksa untuk bersaing demi memperoleh pelanggan. Dengan begitu, anda akan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan yang bisa memuaskan pelanggan sehingga target perusahaan bisa tercapai dan bisnis dapat terus berjalan dengan lancar.


3. Lebih Mengenal Pelanggan

Semakin tinggi persaingan, maka semakin banyak informasi yang anda dapat tentang bagaimana selera yang pelanggan anda sukai.

Ketika keuntungan yang lebih besar dari anda dihasilkan oleh kompetitor, itu berarti teknik baru untuk menarik pelanggan telah mereka temukan dan bekerja secara efektif.

Untuk itu, anda haruslah mengenal lebih dekat dengan pelanggan, dalam artian anda harus mempelajari dan menemukan strategi-strategi baru untuk menarik pelanggan agar bisnis yang anda kelola bisa lebih sukses dibandingkan kompetitor.


4. Terciptanya Motivasi yang Lebih Tinggi

Bila kita ingin memenangkan persaingan, anda haruslah orang memiliki motivasi tinggi untuk menjadi seorang pebisnis sukses.

Anda akan sangat memerlukannya, karena saat anda menjadi seseorang yang aktif, fokus, dan kreatif, secara tidak sadar anda telah menjadi pebisnis yang senantiasa berpikir untuk menemukan solusi terbaik demi memuaskan pelanggan.

Dengan memiliki motivasi yang tinggi, anda akan berusaha sebaik mungkin untuk jangan sampai gagal dalam membangun bisnis dan akan bekerja lebih keras lagi.


5. Banyak Pelajaran

Anda harus menjadikan kesuksesan yang diraih oleh kompetitor sebagai pengalaman untuk belajar lebih banyak lagi.

Apa yang mereka telah lakukan, apakah sukses atau gagal, akan memberikan pemahaman berharga tentang kondisi nyata yang terjadi dalam dunia bisnis. Selain itu juga membantu anda untuk membuat keputusan dengan lebih selektif.

Sumber:
http://wolipop.detik.com/read/2015/03/21/150018/2865609/1133/manfaat-memiliki-sikap-kompetitif-dalam-dunia-bisnis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Persaingan Bisnis"

Posting Komentar