Pentingnya Perencanaan Hidup untuk Masa Tua yang Lebih Nyaman

Pentingnya Perencanaan Hidup untuk Masa Tua yang Lebih Nyaman
Masa lalu adalah masa yang sudah bukan lagi milik kita. Anugerah yang sebenarnya ada pada masa sekarang, maka haruslah kita manfaatkan sebaik mungkin.

Sedangkan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian, juga belum menjadi milik kita.

Itulah, penting sekali untuk mempunyai perencanaan hidup agar dalam melakukan tindakan tertentu yang dibutuhkan akan menjadi lebih mudah.

Sedikit cerita berikut ini mungkin dapat menggambarkan bahwa membuat perencanaan itu alangkah pentingnya bagi hidup anda.

Alkisah ada seorang nenek tua berumur sekitar 70 tahun, dan hidup seorang diri di rumahnya. Setiap pagi, di depan rumah nenek tua itu selalu ada seorang pengantar koran yang terus berteriak-teriak hingga si nenek muncul dan mengambil koran langganannya.

Simak juga: 4 Hal yang Dapat Merangsang Kebiasaan Menabung

Para warga sekitar nampaknya merasa terganggu dengan teriakan keras loper koran, dan sudah lama mereka mengeluhkan hal itu.

Sampai seorang profresor yang tinggal di samping rumah itu suatu pagi memprotes si loper koran, karena sudah benar-benar sangat merasa terganggu.

Si nenek tua keluar rumah dengan tergopoh-gopoh, tersenyum kepada sang profesor dan sambil mengambil koran dari tangan loper koran itu.

“Maafkan saya, sebenarnya saya yang meminta kepada anak muda ini untuk berteriak-teriak keras dan jangan pergi hingga saya muncul keluar rumah.” Kata si Nenek tua kepada profesor.

“Saya sebenarnya buta huruf dan tak bisa membaca satu pun huruf di koran ini. Namun saya membutuhkan bantuan si loper koran itu untuk memastikan saya muncul setiap pagi. Karena, bila saya tidak muncul itu berarti terjadi sesuatu pada saya, bisa saja saya sakit dan tidak ada orang yang mengetahuinya. Dan dengan begitu dia bisa segera menghubungi anak-anak saya yang berada di luar kota.” Lanjut nenek tua menerangkan.

***

Dari petikan cerita tersebut si nenek tua sangatlah pintar, ia menggunakan loper koran untuk mempersiapkan tindakan apabila terjadi sesuatu yang tak terduga pada dirinya.

Si nenek tua sudah merencanakan segala sesuatu, sehingga tindakan-tindakan penting yang diperlukan dapat segera dilakukan.

Memang, kita tak pernah tahu apa yang terjadi dalam 1 jam, 2 jam, atau bahkan 2 detik ke depan dalam hidup kita.

Bisa saja tiba-tiba mobil yang sedang kita tumpangi mengalami kecelakaan, atau jantung kita yang seketika berhenti berdenyut.

Bisa saja terjadi sewaktu-waktu berbagai kemungkinan terburuk yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan dalam benak kita.

Oleh sebab itu, antisipasi harus kita lakukan supaya tindakan-tindakan penting bisa segera dilaksanakan sehingga akibat fatal dapat terhindarkan.

Rencana-rencana cadangan harus anda miliki sehingga apabila ada hambatan, tindakan penyelesaian bisa segera dilakukan.

Penting sekali untuk anda menyimpan nomor telepon penting agar seandainya anda mengalami masalah secara mendadak dan membutuhkan pertolongan darurat, maka nomor-nomor telepon tersebut dapat langsung anda hubungi.

Dalam kehidupan sehari-hari tentu banyak perencanaan yang harus dipersiapkan. Begitu juga untuk persiapan di masa senja nanti.

Untuk itulah melakukan perencanaan hidup sedari sekarang sangatlah penting untuk dilakukan agar hidup kita di masa tua nanti bisa dinikmati dengan nyaman dan tentram.

Tentu anda tidak ingin bila di masa tua nanti hidup ‘terlantar’, atau dalam pengertian tidak punya penghasilan dan tempat tinggal, atau tinggal bersama dengan keluarga miskin yang memiliki banyak tanggungan.

Dan berikut ini kami akan berbagi tentang beberapa hal yang harus dilakukan sebagai bagian dalam merencanakan kehidupan yang nyaman di masa tua nanti:

1. Persiapkan Tabungan Sebelum Usia Produktif Berakhir

Usia produktif seseorang biasanya hingga sekitar umur 55 tahun. Nah, sebelum anda mencapai usia itu, sejak dini anda sudah harus mempersiapkan tabungan anda secara konsisten.

Sebab, anda sudah takkan mampu lagi bekerja keras di masa tua, tenaga dan pikiran anda akan semakin jauh berkurang.

Penghasilan pun akan jauh berkurang atau bahkan hilang, sementara semakin tua kebutuhan hidup anda tentunya juga akan semakin besar.


2. Investasikan Kesehatan dalam Bentuk Asuransi

Tabungan bisa berbentuk dana cadangan atau berbentuk investasi misalnya dalam bentuk tanah, gedung, rumah, rumah kos, deposito, dan lain sebagainya.

Investasi juga bisa dalam bentuk asuransi kesehatan, karena anda tentu tahu bila kondisi kesehatan di masa tua akan cenderung kian menurun.

Asuransi kesehatan yang anda miliki, sama halnya dengan pengalihan biaya yang harus anda keluarkan nantinya ketika anda sakit, dan menjadi tanggungan pihak asuransi.

Semakin kita berinvestasi untuk kesehatan sejak dini, semakin kecil pula premi asuransi yang harus dibayarkan sedari sekarang.


3. Menjaga Kesehatan juga Merupakan Bentuk Investasi

Kesehatan itu mahal harganya, untuk itulah bukankah benar kata pepatah yang menyebutkan “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Jagalah kesehatan mulai dari sekarang. Tak ada kata terlambat untuk kualitas hidup sehat. Seperti kita ketahui, biaya kesehatan semakin hari semakin mahal.

Membiasakan diri untuk selalu hidup sehat, misalnya dengan menjaga pola makan, berolahraga teratur, dan istirahat yang cukup, akan semakin memperkecil kemungkinan masalah kesehatan yang akan anda hadapi.

Dengan begitu di masa mendatang keuangan anda tidak terbebani oleh biaya kesehatan atau untuk biaya pengobatan.


4. Targetkan Kapan Semua Cicilan Harus Lunas

Salah satu langkah penting dalam merencanakan hidup ialah memastikan waktu kapan semua cicilan anda dapat lunas, baik itu cicilan rumah, kendaraan, atau hutang-hutang anda di Bank.

Semua harus sudah selesai menjelang usia produktif berakhir. Anda tentunya tak ingin bila semua cicilan dan hutang yang anda miliki menjadi beban bagi anak-anak anda kelak.


5. Ikut Aktif dalam Kegiatan Sosial

Salah satu perencanaan yang juga akan sangat berharga untuk masa tua anda adalah memperluas hubungan sosial dengan aktif melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan positif, baik kaitannya dengan religi maupun lingkungan.

Bergaul dengan banyak orang akan membuat anda dapat bertukar pengalaman dan membuka banyak kesempatan untuk mengenal dunia lebih luas.

Hal ini akan membuat anda bisa terus bersemangat, tetap diinginkan dan dihargai karena tetap mendapatkan dukungan sosial, meskipun mungkin anda banyak mengalami kemunduran.


6. Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Kerap kali seseorang di masa tua akan dihantui dengan perasaan hampa dan depresi. Semua orang pasti tahu bahwa umur manusia ada batasnya, dan ketika menjelang masa tua pasti akan ada perasaan bahwa sisa umur anda berlangsung tidak akan lama lagi.

Keimanan adalah cara ampuh dalam melindungi diri dari ancaman dan perasaan negatif tersebut. Ya, sudah menjadi kodratnya, bahwa setiap orang pasti suatu saat akan tiba waktunya untuk dipanggil Tuhan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk anda semakin mendekatkan diri anda kepada Allah SWT, dan melakukan sebanyak mungkin kebaikan mulai dari sekarang, agar tidak ada penyesalan di waktu senja.

Kehidupan di masa datang akan sangat banyak kemungkinan. Untuk itulah, perubahan-perubahan sebaiknya diantisipasi sejak dini.

Persiapkanlah usia senja anda dengan perencanaan hidup yang matang, baik dari segi keuangan, kesehatan, sosial, keimanan, dan sebagainya. Mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan akan lebih baik untuk masa tua anda yang lebih tentram.

Sumber:
http://asuransijiwaku.com/perlunya-perencanaan-hidup/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Perencanaan Hidup untuk Masa Tua yang Lebih Nyaman"

Posting Komentar