Tips Belanja Bahan Makanan yang Hemat dan Sehat

Tips Belanja Bahan Makanan yang Hemat dan Sehat
gambar: life.viva.co.id
Bagi kalangan wanita, belanja agaknya menjadi suatu kegemaran, terutama urusan belanja bulanan guna melengkapi segala kebutuhan makan di rumah.

Namun, kesulitan yang umumnya dihadapi adalah bagaimana agar belanja bulanan yang dilakukan bisa lebih hemat dan tidak terlalu menguras kocek sehingga dana cadangan masih tetap anda miliki hingga akhir bulan untuk jaga-jaga siapa tahu ada kebutuhan mendadak yang bersifat darurat.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips menarik yang bisa anda coba dalam belanja bulanan agar tidak hanya lebih hemat melainkan juga sehat.

Baca juga: Hindari 7 Hal Berikut ini Bila Ingin Menghemat Pengeluaran


1. Membuat Daftar Makanan Selama Seminggu

Mulai sekarang anda perlu untuk merencanakan mau masak dan makan apa tiap seminggu sekali, dari mulai sarapan sampai makan malam, jadi saat belanja anda tahu apa saja yang harus dibeli.

Dan anda pun bisa memanfaatkan berbagai kesempatan ketika harga bahan makanan sedang turun, dengan cara yang pintar, kreatif, dan fleksibel.


2. Protein Tidak Harus Mahal

Saatnya anda mengganti konsumsi protein mahal dengan yang lebih murah. Untuk produksi daging, daging sapi biasanya menduduki harga tertinggi.

Anda bisa mengganti daging sapi dengan makanan lain yang mutu proteinnya setara, namun lebih murah dari segi harga. Seperti ayam, ikan, seafood, bahkan protein dari tahu dan tempe juga lebih sehat kok.


3. Belanja Langsung di Sumbernya

Jika anda ingin beli barang-barang sembako sebaiknya cari grosiran di tempat penjual grosir bahan makanan agar lebih miring harganya.

Misalnya anda ingin beli beras untuk sebulan, maka anda bisa mendatangi tempat penjual beras, atau anda bisa belanja beberapa ekor ayam di produsennya secara langsung untuk kemudian disimpan dalam freezer.

Membeli bahan makanan langsung dari sumbernya tentu harganya akan jauh lebih murah ketimbang anda belanja di supermarket atau tukang sayur, dan anda pun tetap memperoleh kualitas yang sama.


4. Bawa Daftar Belanjaan dan Kalkulator

Ingatkan diri anda untuk selalu membuat dan membawa daftar belanjaan. Hal ini akan mencegah anda membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Bawa juga kalkulator, atau bisa menggunakan kalkulator yang terdapat pada fitur handphone. Dengan kalkulator di saku anda, hitung jumlah semua barang yang anda beli dan juga kembalian dari penjual, barangkali ada kesalahan penjual dalam menghitung total harga belanjaan.

Pastikan anda bisa selalu mendapat harga yang pas, dan bila yang murah sama baiknya, janganlah terpaku pada merek.


5. Kurangi Belanja Cemilan

Untuk cemilan, bukan tidak boleh anda membelinya, hanya saja sebaiknya dikurangi. Bila ingin membeli cemilan, sebaiknya beli beberapa biskuit padat yang berukuran besar.

Selebihnya, anda dapat mengganti cemilan dengan alternatif makanan yang lebih hemat dan sehat seperti sereal gandum atau buah segar.


6. Jangan Kebanyakan Makanan Olahan

Di samping karena makanan olahan tidak baik dari segi kesehatan, anda juga akan susah untuk berhemat apabila hampir semua belanjaan anda isinya makanan olahan.

Membeli bahan makanan utuh, akan membuat anda lebih sehat. Untuk mengolahnya menjadi makanan sehat pun tidak akan menyita waktu anda terlalu banyak.

Misalnya, di pagi hari anda dapat mengganti asupan sereal dengan konsumsi kacang hijau yang lebih sehat.


7. Belanja di Pasar Tradisional

Percayakah anda kalau belanja di pasar tradisional lebih murah ketimbang belanja di supermarket. Anda bisa mencobanya suatu waktu, ada keasikan tersendiri lho ketika anda melakukan tawar menawar dengan para pedagang.

Belanja di pasar untuk bahan makanan tentu akan jauh lebih murah, daripada anda beli paket bahan makanan di supermarket yang mencapai harga hingga 2x lipat.


Nah, itulah beberapa tips yang patut anda coba untuk belanja bulanan yang lebih hemat dan sehat. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda.

Sumber:
http://gladisco.lintas.me/article/business/tips-hemat-belanja-bulanan-yang-wajib-kamu-coba

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Belanja Bahan Makanan yang Hemat dan Sehat"

  1. tips yang menarik bunda,, tapi kayaknya sekarang banyak yang ga mau ribet kalau soal belanja,,biasanya liat sesuatu yang menarik yo pasti dibeli hehe

    BalasHapus