9 Aplikasi Keuangan Komputer Gratis untuk Usaha Kecil Anda

9 Aplikasi Keuangan Komputer Gratis untuk Usaha Kecil Anda
Software-software akuntasi yang banyak beredar biasanya mempunyai fungsi untuk menghitung saldo, hutang, piutang, gaji, biaya, dan lain-lain.

Beberapa software memiliki layanan dan fungsi-fungsi yang sama namun dengan tampilan yang cukup menarik.

Berikut ini merupakan kumpulan software akuntansi gratis dengan pemakaian yang cukup mudah bisa anda gunakan dalam pengelolaan keuangan baik untuk keperluan pribadi maupun usaha kecil anda.

Baca juga: Pengelolaan Keuangan Usaha Kecil Secara Sederhana


1. GnuCash

GnuCash merupakan aplikasi keuangan untuk pribadi dan bisa juga dipakai untuk usaha berskala kecil yang anda jalankan.

Software ini berlisensi gratis di bawah GNU GPL dan tersedia tidak hanya untuk sistem operasi Windows saja tapi juga GNU / Linux, Mac OS X, BSD, dan Solaris.

Software ini dirancang kuat dan fleksibel namun mudah untuk digunakan. GnuCash memungkinkan anda untuk menghitung jumlah pendapatan, biaya, rekening bank, maupun saham.

Didasarkan pada prinsip-prinsip akuntansi profesional yang dapat memastikan keseimbangan neraca dan memiliki akurasi dalam pembuatan laporannya.

Download di sini: http://goo.gl/qCpdJo


2. HomeBank

Software sangat mudah untuk muda dalam pemakaiannya. Mampu menganalisi keuangan anda secara detail dan menggunakan alat-alat penyaringan yang kuat serta dengan tampilan grafik yang menarik.

Pengembangan software ini sudah dilakukan sejak 1995 oleh Amiga, sehingga mempunyai pengalaman lebih dari 14 tahun dalam memberikan manfaat dan umpan balik kepada pengguna.

Tersaji dalam 50 bahasa dan bisa dipakai dalam sistem operasi GNU / Linux, Microsoft Windows, FreeBSD, maupun MacOSX.

Download di sini: http://goo.gl/SgfGgi


3. TurboCash

TurboCash adalah aplikasi akuntansi gratis yang dikembangkan oleh sebuah tim proyek yang dipimpin Philip Copeman, seorang pria berkebangsaan Afrika Selatan.

Secara berkelanjutan, software ini terus dikembangkan sejak April 1985, yang kemudian pada Juli 2003 dirilis di bawah GNU General Public License.

Download di sini: http://goo.gl/4zBdZF


4. Apache OFBiz

OFBiz merupakan singkatan dari Open For Bussines, adalah software keuangan yang dibangun menggunakan data, logika dan komponen proses yang digunakan pada umumnya.

Software ini sangat fleksibel, bisa disesuaikan oleh pengguna sehingga mudah dipahami dalam penggunaannya. OFBiz mudah digunakan untuk efisiensi dan pemeliharaan keuangan pribadi maupun bisnis.

Sejumlah fungsi ditawarkan dalam software Apache OFBiz ini, termasuk di dalamnya antara lain fungsi Akuntansi (perjanjian, invoice, vendor management, dan general ledger), pemeliharaan aset, katalog dan manajemen produk, fasilitas dan manajemen gudang, manufaktur, order processing, inventory management, saham, pengisian ulang otomatis, sistem manajemen konten (CMS), sumber daya manusia (SDM), manajemen proyek, sales force automation, kerja manajemen usaha, elektronik point of sale (EPOS), dan terakhir adalah electronic commerce (eCommerce).

Download di sini: https://goo.gl/OjW7ut


5. Grisbi

Grisbi merupakan software akuntansi personal yang dapat dijalankan pada sistem operasi GNU / Linux maupun Windows.

Software ini dirilis di bawah lisensi GPL Setup. Software ini memanjakan penggunanya dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, namun kuat untuk pemakaian dalam beberapa waktu.

Beberapa account, mata uang, dan user mampu dikelola dengan Grisbi. Aplikasi juga dapat mengatur pengeluaran, pihak ketiga, dan kategori penerimaan, serta garis anggaran, keuangan tahunan, maupun informasi lain yang membuatnya dapat disesuaikan untuk asosiasi (kecuali untuk penghitungan yang memerlukan akuntansi double entry).

Download di sini: http://www.grisbi.org/post/Download


6. jGnash

jGnash merupakan aplikasi keuangan pribadi untuk berbagai platform yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java.

jGnash dapat digunakan untuk sistem double entry dengan dukungan untuk beberapa mata uang. Bahkan, jGnash mampu untuk mengimpor file dari GnuCash dan QIF.

Download di sini: http://goo.gl/BP9Bx6


7. KMyMoney

KmyMoney dapat berfungsi layaknya manajer keuangan pribadi untuk anda. Sistem kerja aplikasi ini hampir mirip dengan Microsoft Money yang juga didukung dalam penggunaan jenis account yang berbeda, kategorisasi pendapatan dan biaya, rekonsiliasi rekening bank dan impor / ekspor ke format “QIF” file.

Download di sini: http://goo.gl/BYixTS


8. LedgerSMB

LedgerSMB merupakan sebuah aplikasi keuangan open source. Pada versi 1.2, aplikasi ini menawarkan layanan yang cukup padat seperti AR, AP, dan pelacakan GL serta pengendalian persediaan.

LedgerSMB mampu dijalankan dalam berbagi platform, seperti UNIX, Linux, BSD, dan Apple OS X, sedangkan pada Windows masih dalam bentuk beta.

Download di sini: http://goo.gl/S8tz4P


9. SQL-Ledger

SQL-Ledger merupakan aplikasi dengan sistem akuntansi double entry. Data keuangan disimpan dalam server database SQL, sedangkan dalam menampilkan teks atau browser GUI, aplikasi ini menggunakan platform independen yang dapat berjalan pada semua sistem operasi, seperti NIX, Mac, maupun Windows.

Software ini juga dapat diakses dari jarak jauh, sehingga walaupun anda berada di tempat lain tetap dapat mengaksesnya.

Download di sini: http://goo.gl/F4ulMy


Demikian posting kami tentang aplikasi keuangan untuk komputer yang bisa digunakan pada keuangan pribadi maupun usaha kecil anda.

Walaupun masih banyak lagi software lain yang mungkin lebih baik, namun software di atas adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dalam pengelolaan keuangan pribadi maupun bisnis kecil.

Sumber:
https://skybows.wordpress.com/2010/10/14/9-software-akuntansi-gratis-terbaik-untuk-bisnis-anda/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Aplikasi Keuangan Komputer Gratis untuk Usaha Kecil Anda"

Posting Komentar