5 Animator Asal Indonesia Berkapasitas Internasional

Berbagai hal mungkin tidak kita ketahui tentang bagaimana membuat sebuah animasi, khususnya animasi di bidang perfilman.

Tentunya kita akan takjub ketika melihat proses dalam pembuatan sebuah film animasi. Film animasi menunjukkan bagaimana seseorang mendesain suatu karakter untuk dapat bergerak dengan halus dan tampak nyata sehingga karakter tersebut tampak hidup.

Disertai dengan jalan cerita yang menarik, lucu, sedih, dan menimbulkan kesan tersendiri pada orang yang menontonnya.

Beberapa film animasi juga membuat para penggemarnya selalu mengenang film tersebut bahkan hingga beberapa tahun sesudahnya.

Baca juga: 99 Tokoh Sejarah Ekonomi yang Terkenal di Dunia

Mungkin bagi segelintir orang menganggap bahwa pembuatan film animasi adalah hal yang mudah, namun bila dengan seksama kita melihat proses pembuatan film animasi, ternyata membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Jalan cerita, desain latar, serta tokoh yang dihadirkan dalam film animasi diupayakan untuk menghadirkan storyboard dari film animasi tersebut agar terlihat menyatu.

Tapi, tidak sedikit pula orang yang penasaran terhadap siapa saja sosok dibalik pembuatannya. Tentunya banyak dari kita yang mengira kalau para animator dengan otak brilian tersebut hanya berasal dari Jepang atau Amerika saja.

Ternyata kita salah besar, karena beberapa animator asal Indonesia juga turut berperan besar dalam proses pembuatan film-film animasi terkenal.

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda, beberapa sosok animator Indonesia yang ikut terlibat dalam pembuatan film animasi dunia.


1. Rini Sugianto

5 Animator Asal Indonesia Berkapasitas Internasional


Salah satu sosok animator asal Indonesia yang telah sukses menembus hingga level dunia adalah Rini Sugianto.

Bagaimana tidak, Anda tentu tahu film “The Adventures of Tintin” dan film “The Avengers” bukan? Rini Sugianto adalah animator yang terlibat langsung dalam pembuatan dua film tersebut.

Bukan hanya itu saja, dirinya juga terlibat dalam pembuatan animasi film “The Hobbit: The Desolation of Smaug” dan juga “Teenage Mutant Ninja Turtle”.

Dalam film-film tersebut, ia bertugas untuk menghidupkan karakter utama dalam film dengan jenis photorealistic, dan juga membuat karakter yang diciptakan tersebut bisa tampak nyata.

Ke depannya, Rini juga mengatakan akan ada rencana untuk mengerjakan sejumlah proyek film superhero lagi, namun ia belum dapat menceritakan tentang detailnya.

Lulusan Academy of Art University, San Francisco ini mengaku memperoleh banyak pengalaman dari dunia animasi yang digelutinya.


2. Griselda Sastrawinata

5 Animator Asal Indonesia Berkapasitas Internasional


Berawal dari hobi menggambarnya, siapa sangka Griselda kini menjadi animator kelas dunia. Sejak kelas 2 SMA, ia pindah ke Amerika Serikat dan menamatkan sekolahnya di Negeri Paman Sam tersebut.

Lulus SMA, ia melanjutkan ke Art Center College of Design di Pasadena, AS. Sekarang, Griselda bekerja di salah satu studio film animasi besar, yaitu Dreamwork.

Selain itu, ia berprofesi pula sebagai pengajar di almamater kampusnya untuk ilmu komunikasi visual.

Ia juga terlibat dalam pembuatan beberapa film animasi yang cukup terkenal seperti Kungfu Panda, Shrek, dan Monster Aliens Inc.


3. Andre Surya

5 Animator Asal Indonesia Berkapasitas Internasional


Animator satu ini adalah salah satu lulusan Perguruan Tinggi dalam Negeri yang sukses mendunia. Pendidikan yang diperolehnya pada jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Ia kembangkan dengan maksimal, sehingga ia berhasil bekerja di perusahaan Lucas Film di Singapore.

Perusahaan ini didirikan oleh George Luvas, sutradara film Star Wars. Andre Surya juga sangat berperan dalam beberapa pembuatan film Hollywood seperti Iron Man, Iron Man 2, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers: Revenge of the Fallen, serta Indiana Jones and The Kingdom of the Crystal Skull.

Kini, setelah sukses 10 tahun bergelut di dunia pembuatan animasi skala internasional, ia pun kembali ke Indonesia guna mengembangkan Enspire Studio, perusahaannya milik sendiri yang baru mulai berdiri.


4. Christiawan Lie

5 Animator Asal Indonesia Berkapasitas Internasional


Lulusan ITB ini berhasil memperoleh beasiswa full bright di jurusan Sequential Art atau komik di Savannah College of Art and Design.

Kemudian, ia berhasil ikut terlibat dalam beberapa pembuatan film animasi skala internasional, seperti Transformers 3, GI Joe, Starwars, Spiderman 4, dan Lord of The Rings.

Kemampuan yang hebat dalam menggambar memang dimiliki oleh Christiawan Lie, dibuktikan dengan karyanya yang kemudian dipilih dalam pembuatan GI Joe Sigma 6.

Sekarang ini ia mendirikan Caravan Studio di Indonesia, tujuannya agar dunia animasi di Indonesia semakin berkembang.


5. Michael Reynold Tagore

5 Animator Asal Indonesia Berkapasitas Internasional


Pria asal Surabaya ini merupakan salah satu orang yang dipercaya untuk membuat kostum-kostum Iron Man.

Dalam pembuatan film animasi Happy Feet 2, Reynold yang mengerjakan tampilan salju dan background datarannya.

Sedangkan pada film The Hobbit, tugasnya adalah memperhalus gambar komputer supaya penonton atau bahkan pembuatnya tidak dapat membedakan mana yang asli manusia, dan mana yang hanya manipulasi komputer.


Itulah, kelima animator asal Indonesia yang mampu membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia juga mampu berprestasi dan berkarya di dunia internasional.

Bagi Anda yang ingin bisa seperti mereka, pastinya tidak ada yang mustahil. Asalkan kita mau berjuang dengan keras dan berusaha pantang menyerah.


Sumber:
http://citizen6.liputan6.com/read/2277866/6-animator-indonesia-yang-mendunia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Animator Asal Indonesia Berkapasitas Internasional"

Posting Komentar