7 Kebiasaan yang Membuat Awet Muda Orang-orang Jepang

7 Kebiasaan yang Membuat Awet Muda Orang-orang Jepang
Jepang merupakan salah satu Negara dengan tingkat harapan hidup paling tinggi. Biasanya, orang Jepang terlihat awet muda dan memiliki umur yang panjang.

Fenomena tersebut tentu bukan tanpa alasan, ada suatu faktor kebiasaan yang membuat mereka bisa panjang umur. Meski penuaan adalah hal yang tidak bisa kita pungkiri, namun terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperlambat penuaan tersebut. Simak beberapa ulasan kami berikut ini!

Baca juga: Tips Tetap Awet Muda Secara Biologis dan Psikologis

1. Kebiasaan Mengasup Makanan Sehat dan Berkualitas

Banyak orang Jepang yang memiliki kebiasaan mengasup bahan makanan yang alami dan bernutrisi tinggi. Semua itu selalu tersedia dalam menu makanan sehari-hari mereka. Ikan, sayur-mayur, kedelai, nasi, buah, rumput laut, dan teh hijau adalah beberapa jenis makana yang kaya nutrisi dan mengandung antioksidan tinggi.

Bahan-bahan makanan tersebut adalah yang paling sering digunakan dalam hidangan Jepang. Di samping menurunkan risiko terkena kanker, antioksidan dalam bahan pangan tersebut efektif pula dalam menjaga keremajaan sel tubuh.

2. Kebiasaan Mengkonsumsi Bahan Makanan Segar

Orang Jepang selalu mengkonsumsi bahan-bahan pangan yang masih segar dengan kualitas terbaik. Sayuran, buah, dan ikan yang dipanen ketika sedang musimnya mempunyai kualitas terbaik.

Bahkan, tak jarang orang Jepang senang mengkonsumsi bahan makanan tersebut dengan cara mentah-mentah dalam bentuk sushi atau salad.

3. Kebiasaan Memasak Makanannya Sendiri

Orang Jepang memiliki kebiasaan memakan makanan yang dimasaknya sendiri. Salah satu menu favorit yang di meja makan keluarga-keluarga Jepang antara lain nasi, ikan panggang, sayur rebus, sup miso, dan teh hijau.

Semuanya disajikan segera setelah dimasak dan dibuat hanya dalam satu kali proses pengolahan. Makanan dengan cara pengolahan seperti ini lebih sehat dibandingkan fast food, makanan yang melalui proses pengolahan berkali-kali.

4. Mengutamakan Sarapan Sebelum Beraktivitas

Masyarakat Jepang terbiasa melakukan sarapan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas hariannya. Menu sarapannya pun tidak asal berenergi, tapi juga sehat dan bervariasi.

Biasanya, mereka akan sarapan dengan menu seporsi kecil nasi, sup miso dengan tahu dan kaldu, rumput laut kering, atau telur dadar dan ikan.

Menu tersebut sederhana, namun memberikan cukup nutrisi untuk kebutuhan aktivitas mereka hingga menjelang makan siang.

5. Menyantap Makanan Dengan Porsi Secukupnya

Masyarakat Jepang memiliki kebiasaan makan dengan porsi yang tidak berlebihan. Namun, terbilang cukup dari segi asupan nutrisi.

Sejak kecil, mereka sudah diajarkan etika untuk tidak mengisi piring makanan mereka penuh-penuh, dan makan dengan tidak terburu-buru agar makanan yang masuk dapat dicerna dengan baik. Nutrisinya pun akan diserap oleh tubuh dengan sempurna.

6. Gemar Berolahraga

Warga Jepang bisa dibilang sangat gemar melakukan aktivitas fisik agar tubuh selalu bugar dan bersemangat. Bersepeda atau berjalan kaki lebih dipilihnya ketimbang naik kendaraan bermesin. Di samping itu, mereka juga mempunyai kebiasaan untuk selalu berjalan cepat.

Hal tersebut berhubungan dengan budaya masyarakat Jepang bahwa orang yang berjalan dengan lambat adalah pemalas, dan akan selalu tertinggal oleh orang-orang di sekitarnya dalam hal apapun.

7. Memijat Wajah Saat Malam Hari

Bagi masyarakat Jepang dan Cina, memijat wajah adalah salah satu ritual dalam perawatan kulit. Kebiasaan ini sudah dilakukan secara turun-temurun dari leluhur mereka, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ritual ini, di antaranya yaitu melancarkan peredaran darah di sekitar area wajah sehingga wajah tampak lebih segar dan awet muda.

Itulah ketujuh kebiasaan masyarakat Jepang yang membuatnya tampak awet muda dan berumur panjang. Anda pun bisa mencobanya sendiri, membiasakan pola hidup sehat seperti yang dilakukan oleh banyak masyarakat di Negara Jepang.

Sumber:
http://tipswajahcantikdansehat.blogspot.co.id/2014/05/7-rahasia-awet-muda-orang-jepang.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Kebiasaan yang Membuat Awet Muda Orang-orang Jepang"

Posting Komentar