Tips Menambah Berat Badan Agar Postur Tubuh Lebih Proporsional

Tips Menambah Berat Badan Agar Postur Tubuh Lebih Proporsional
Kebanyakan orang melakukan diet karena ingin memiliki tubuh kurus. Tapi bukan berarti kurus “kerempeng” juga.

Intinya adalah postur tubuh yang proporsional. Dan bagi Anda yang berat badannya kurang memenuhi standar berat badan ideal atau terlalu kurus, berikut ini kami akan membagikan tips untuk menambah berat badan agar memiliki berat badan yang ideal.

1. Tambah Jumlah Asupan Makanan Anda

Dalam menaikkan berat badan, cara seperti ini memang sudah sering dilakukan. Jadi, tingkatkan jumlah asupan makanan Anda setiap harinya, dan semakin banyak makanan yang dikonsumsi maka kemungkinan badan Anda juga akan lebih banyak mendapatkan nutrisi.

Bisa juga dengan sedikit makan tapi lebih sering dalam melakukannya, misalnya dengan makan 4 atau 5 kali sehari namun dengan porsi yang lebih sedikit.

2. Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Tidak sedikit orang yang meremehkan khasiat air putih, minuman bersoda atau minuman beraroma kerap dijadikan pilihan untuk menghilangkan rasa haus.

Padahal minum air putih lebih sehat dan dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga gizi dari makanan pun bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Anjuran kesehatan, sebaiknya kita meminum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari agar terhindar dari kondisi dehidrasi.

3. Menambah Konsumsi Makanan Berserat

Bahan makanan seperti gandum, nasi, sayuran dan roti merupakan sumber karbohidrat yang juga kaya akan serat. Bahan makanan ini sangat baik untuk menambah berat badan Anda.

Baca juga : 5 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Dengan Cepat 

4. Penuhi Kebutuhan Protein

Banyak sekali sumber protein sehat yang bisa menambah berat badan Anda seperti daging ayam, ikan, serta kacang-kacangan.

5. Mengunyah Makanan Dengan Baik

Mengunyah makanan mungkin terlihat sepele, tapi bisa membantu dalam menambah berat badan Anda. Kok bisa?

Sebab, dengan mengunyah makanan hingga halus, lambung dan usus Anda akan lebih mudah dalam menyerap dan mengolah sari makanan.

6. Penuhi Kebutuhan Mineral Harian

Bahan makanan yang kaya akan sumber mineral dapat membantu dalam menambah berat badan Anda, makanan dengan sumber mineral yang baik bagi tubuh antara lain buah-buahan, susu, keju, sayuran, kacang-kacangan, dan daging merah.

7. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Beraneka ragam buah-buahan merupakan sumber vitamin yang baik bagi tubuh, selain dapat menambah berat badan, juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

8. Menambah Asupan Lemak Sehat

Sumber lemak sehat seperti omega-3 dan omega-6 sangat baik untuk kesehatan tubuh. Omega-3 bisa Anda peroleh dari ikan dan kacang kenari, sedangkan omega-6  dapat diperoleh dari jagung dan minyak biji matahari.

9. Hindari Minum Sesaat Sebelum Makan

Bagi Anda yang tengah menjalani program diet, minum sesaat sebelum makan sangat dianjurkan karena bisa membuat perut terasa kenyang sehingga jumlah makanan yang masuk menjadi lebih sedikit, sehingga bagi Anda yang ingin menambah berat badan, sebaiknya hindari melakukan itu.

10. Kurangi Waktu Begadang

Rutinitas tidur hingga larut malam akan mengganggu proses metabolisme tubuh, dalam menaikkan berat badan diperlukan istirahat yang cukup sehingga proses penyerapan nutrisi dalam makanan juga bisa lebih optimal.

11. Hindari Minuman Berkafein

Berbagai minuman dengan kandungan kafein tinggi seperti minuman bersoda, kopi, dan juga teh, sebaiknya dikurangi atau bila perlu dihindari. Sebab, minuman berkafein akan membuat nafsu makan Anda berkurang.

12. Berhenti Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Kandungan nikotinnya dapat mengurangi nafsu makan Anda, di samping itu juga dapat merusak beberapa organ vital Anda.

Berhenti merokok juga salah satu keputusan bijak, sehingga orang-orang di sekitar Anda tidak terganggu kesehatannya karena menjadi perokok pasif.

13. Perbanyak Camilan Sehat

Salah satu cara yang ampuh dalam menaikkan berat badan ialah dengan banyak “ngemil”. Makanan ringan yang sehat cukup baik dalam memenuhi kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh.

14. Rutin Minum Susu

Dianjurkan bagi Anda yang sedang menjalani program menambah berat badan untuk minum susu sebanyak 2 kali sehari.

Kandungan lemak dan kalsium dalam susu akan menambah asupan lemak dan memperkokoh tulang serta gigi Anda.

15. Rajin Berolahraga

Semua makanan yang kita asup dengan tujuan untuk menaikkan berat badan akan lebih sehat dan maksimal manfaat yang didapat apabila kita imbangi dengan rajin berolahraga.

Dengan berolahraga, maka mencegah efek buruk dari makanan tidak sehat yang juga ikut masuk ke dalam tubuh kita.


Itulah 15 cara efektif yang bisa Anda lakukan dalam program menaikkan berat badan, semoga bermanfaat dan terus budayakan pola hidup sehat dalam kebiasaan kita sehari-hari!

Sumber:
http://kumpulan-manfaat.blogspot.com/2015/05/ingin-menambah-berat-badan-lakukan-16.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menambah Berat Badan Agar Postur Tubuh Lebih Proporsional"

Posting Komentar