10 Rahasia Kemudahan Memperoleh Rezeki Dalam Islam

10 Rahasia Agar Lebih Mudah Mendapat Rezeki Menurut Islam
Sama halnya seperti hidup, mati, jodoh, dan takdir, rezeki pun sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

Setiap orang sudah diberikan jatah rezekinya masing-masing oleh Allah. Tinggal bagaimana orang tersebut mau berusaha menjemput rezeki itu atau tidak.

Berikut ini kami akan berbagi sedikit motivasi agar rezeki lebih mudah untuk menghampiri kita. Ini dia 10 rahasia yang membuat rezeki lebih mudah menghampiri kita.

Baca juga: Ritual Pagi Para Milyuner yang Inspiratif


1. Tingkatkan Terus Ketaqwaan Kita

Sesuai firman Allah dalam QS Ath-Thalaq ayat 2-3 yang artinya:
“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiadak disangka-sangkanya.”


2. Bertawakal Kepada Allah

Dari riwayat Ahmad, At-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al-Hakim, dari Umar bin Khattab R.A. Nabi Muhammad S.A.W. bersabda:
“Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang.”


3. Dirikanlah Shalat

Dalam sebuah hadis qudsi yang diriwayatkan oleh Al-Hakim dan Thabrani, Allah berfirman:
“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.”


4. Selalu Beristighfar

Allah berfirman dalam QS Nuh: 10-12, yang artinya:
“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

Hadist Riwayat Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Al-Hakim juga menyebutkan:
“Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka.”


5. Bangun Silaturahmi

Diriwayatkan dari Imam Bukhari bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), hendaknyalah ia menyambung (tali) silaturahim.”


6. Rajin Bersedekah

Diriwayatkan dari Imam Bukhari, bahwa Nabi SAW bersabda:
“Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki melainkan karena orang-orang lemah di kalangan kamu.”


7. Banyaklah Berbuat Kebaikan

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Qashash: 84 yang artinya:
“Barangsiapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, maka baginya (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu; dan barangsiapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, maka tidaklah diberi pembalasan kepada orang-orang yang telah mengerjakan kejahatan itu, melainkan (seimbang) dengan apa yang dahulu mereka kerjakan.”

Dalam hadis riwayat Ahmad, Nabi SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah tidak akan dzalim pada hamba-Nya yang berbuat kebaikan. Dia akan dibalas dengan diberi rezeki di dunia dan akan dibalas dengan pahala di akhirat.


8. Giat Berdagang

Dalam Hadis riwayat Ahmad, Nabi SAW bersabda:
“Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan.”


9. Bangun Lebih Awal di Pagi Hari

Hadits riwayat Al-Baihaqi menyebutkan bahwa Fatimah (putrid Rasulullah) berkata bahwa saat Rasulullah (SAW) melihatnya masih terlentang di tempat tidurnya di pagi hari, beliau (Rasulullah) mengatakan kepadanya,
“Putriku, bangunlah dan saksikanlah kemurahan-hati Tuhanmu, dan janganlah menjadi seperti kebanyakan orang. Allah membagikan rezeki setiap harinya pada waktu antara mulainya subuh sampai terbitnya matahari.

Aisyah juga pernah menceritakan sebuah hadits yang hampir mirip maknanya, dimana Rasulullah SAW bersabda,
“Bangunlah pagi-pagi untuk mencari rezekimu dan melakukan tugasmu, karena hal itu membawa berkah dan kesuksesan.” (H.R. At-Tabarani).


10. Banyaklah Bersyukur

Allah berfirman dalam QS Ibrahim: 7, yang artinya:
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”


Selain cara di atas, saling berbagi ilmu juga merupakan salah satu jurus ampuh untuk lebih mudah mendapatkan rezeki.

Karena, berbagi ilmu yang bermanfaat juga merupakan sedekah, semakin banyak bersedekah, maka semakin mudah pula kita dalam menjemput rezeki yang telah disediakan oleh Allah SWT.

Sekian posting kami kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Sumber:
http://www.reportaseterkini.com/2015/10/inilah-sepuluh-jurus-yang-membuat.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Rahasia Kemudahan Memperoleh Rezeki Dalam Islam"

Posting Komentar