Cara Tepat Memutihkan Kulit Tubuh

Cara Tepat Memutihkan Kulit Tubuh
Seringkali kita menjumpai berbagai produk yang katanya dapat memutihkan kulit secara cepat dan instan baik di televisi, internet, maupun media periklanan lain.

Namun, sebelum kita memilih produk pemutih kulit apa yang tepat digunakan, maka perlu diketahui terlebih dulu mengenai faktor apa saja yang menyebabkan kulit kita berwarna gelap, coklat, atau hitam. Ada banyak faktor, misalnya faktor genetik, atau terlalu sering tersengat matahari.

Nah, posting berikut ini kami akan mengulas tentang cara tepat dalam memutihkan kulit tubuh. Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Beberapa Macam Penyakit Kulit Yang Sering Kita Jumpai

1. Ketahui Jenis atau Warna Kulit Asli Kita

Warna kulit pada tubuh dipengaruhi oleh kadar pigmen yang ada di kulit tersebut. Semakin tinggi kadar pigmentasi pada kulit Anda, maka warna kulit akan semakin coklat atau hitam. Nah, pigmentasi ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Hal ini memang sudah terjadi sejak dahulu secara turun temurun.

Orang Jawa dan Melayu memiliki kulit coklat sawo matang, sedangkan orang dari daerah Indonesia Timur seperti Ambon, Nusa Tenggara, dan Papua memiliki kadar pigmen kulit lebih banyak sehingga warna kulitnya lebih gelap. Sedangkan orang Chinese, Jepang, dan Korea memiliki kadar pigmen yang lebih sedikit sehingga warna kulit mereka cenderung lebih putih. Sementara orang barat (bule) malah kekurangan kadar pigmen, sehingga warna kulit mereka lebih putih bahkan bisa dikatakan agak pucat.

Perpaduan genetik antara dua orang tua yang memiliki ras berbeda tentu akan menghasilkan keturunan yang hampir mirip warna kulitnya dengan salah satu dari orangtua tersebut tergantung gen mana yang lebih dominan.

2. Ketahui Penyebab dari Perubahan Warna Kulit yang Terjadi

Selain faktor genetik, warna kulit juga bisa berubah dan dipengaruhi oleh faktor eksternal. Misalnya orang yang biasa bekerja di luar ruangan maka akan memiliki warna kulit yang lebih hitam dari warna kulit aslinya.

Sebab, orang yang terbiasa bekerja di luar ruangan akan lebih sering terkena sengatan matahari. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit bila terkena dalam jangka waktu lama dan intensitas yang sering.

Selain karena pengaruh sinar ultraviolet, perubahan warna kulit juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal lain seperti kerusakan pigmen karena sebab tertentu, kondisi udara yang pekat dengan polusi, dan bisa juga karena terkena radiasi.

3. Cara Instan dalam Memutihkan Kulit

Setelah diketahui penyebab dari berubahnya warna kulit Anda, barulah kita bisa melakukan langkah-langkah dalam memutihkan kulit atau mengembalikan warna kulit kita pada keadaan sebelum terjadi perubahan warna. Dalam memutihkan kulit secara instan, maka cara paling tepat adalah dengan mendatangi klinik kecantikan.

Dengan menggunakan berbagai alat canggih dan bahan obat-obatan yang aman, kulit akan lebih cepat berubah menjadi putih dan juga menawan. Hanya saja cara ini memang memerlukan biaya yang mahal dan harus dilakukan perawatan secara rutin dan berkala sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal.

4. Cara Tradisional dan Lebih Murah Dalam Memutihkan Kulit

Bila Anda merasa keberatan memakai cara instan di atas, maka bisa juga mencoba cara memutihkan kulit secara tradisional. Cara ini mungkin akan relatif lebih lama, namun cenderung lebih ekonomis.

Dalam memutihkan kulit dengan cara tradisional, bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami yang biasanya telah dipakai secara turun-temurun warisan leluhur yang telah terbukti berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit Anda.

Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami seperti bengkoang, mentimun, masker lumpur, mandi susu, jeruk nipis, dan banyak lagi.

Pemakaian bahan alami dalam memutihkan kulit tentu lebih ekonomis dan juga minim efek samping bila dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan kimia.

Pemakaiannya harus konsisten dan telaten agar hasil yang didapatkan juga lebih memuaskan. Meski akan memakan waktu lebih lama, namun bila Anda lakukan secara rutin dan telaten, maka hasilnya pun akan lebih maksimal.

5. Merawat dan Menjaga Kecerahan Kulit

Perawatan yang paling mudah dan sederhana dalam menjaga warna kulit kita agar tetap cerah dan segar adalah dengan menghindari sengatan sinar matahari langsung, terutama pada waktu di atas jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

Sebab, pada waktu tersebut matahari mengeluarkan kadar sinar ultraviolet yang lebih tinggi. Selain itu, Anda juga harus senantiasa mengkonsumsi makanan-makanan berserat dan asupan vitamin yang cukup untuk melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga regenerasi sel-sel kulit akan terjaga kelancarannya.


Itulah beberapa tips untuk memutihkan kulit alami secara tepat. Penggunaan sunblok juga dianjurkan ketika Anda beraktivitas pada siang hari sehingga kulit Anda lebih terjaga dari bahaya sengatan matahari.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://caranyata.blogspot.co.id/2013/07/cara-memutihkan-kulit.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Memutihkan Kulit Tubuh"

Posting Komentar