6 Ciri-Ciri Anda Terserang Penyakit Osteoporosis

6 Ciri-Ciri Anda Terserang Penyakit Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang keropos yang mengakibatkan massa serta kepadatan tulang menjadi berkurang, bahkan penderitanya dapat mengalami patah tulang.

Penyakit Osteoporosis disebabkan karena berkurangnya hormon estrogen serta pola hidup yang tidak sehat.

Osteoporosis bisa menyerang siapa saja, baik remaja maupun usia lanjut yang memiliki gaya hidup tidak sehat..

Baca juga: Makanan dan Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Tulang

Untuk mendeteksi osteoporosis, Anda harus menjalani pemeriksaan medis, diantaranya ialah menggunakan tes CT, densitometri, serta tes laboratorium.

Bagi wanita yang telah mengalami menopause, Anda dapat melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi suplemen khusus.

Untuk mengetahui gejala osteoporosis, Anda dapat melihat melalui kondisi kesehatanya. Berikut ini merupakan beberapa tanda terserang penyakit osteoporosis:


1. Sering mengalami Nyeri

Nyeri di bagian punggung yang berlangsung dalam waktu lama dapat menjadi sebuah tanda bahwa Anda mengalami osteoporosis.

Nyeri ini disebabkan karena adanya keadaan kolaps pada tulang belakang sehingga mengakibatkan timbulnya rasa nyeri secara tiba – tiba dan akan semakin terasa kuat saat berdiri maupun berjalan.


2. Mengalami patah tulang tungkai

Penderita penyakit osteoporosis nantinya akan terkena patah tulang pada tungkai di bagian luar sehingga menjadi tipis dan retak.


3. Mengalami pertumbuhan yang terhambat

Osteoporosis yang menyerang di usia 20 tahun akan menyebabkan pertumbuhan terhambat, sehingga tinggi badan menjadi tidak optimal dan imunitas tubuh menurun. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi resiko terjadinya osteoporosis pada usia muda.


4. Sering mengalami kram otot

Pada wanita yang telah menopause, resiko osteoporosis akan semakin tinggi. Gejala terjadinya osteoporosis yakni kram otot, sulit tidur, jantung berdebar kencang, dan badan terasa pegal – pegal.


5. Patah tulang

Osteoporosis pada usia lanjut akan ditandai dengan adanya patahan pada bagian pinggang atau pinggung yang disebabkan karena beban tubuh yang berat serta kurangnya kecukupan kalsium.

Gejala lainnya ialah badan yang bungkuk, kram, terjadi tulang ngilu, dan sering mengalami insomnia.


6. Sakit pinggang atau punggung

Kekurangan kalsium dapat meningkatkan osteoporosis. Gejala osteoporosis diantaranya ialah gigi linu, kram, dan mengalami sakit pada bagian pinggang atau punggung.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga asupan kalsium untuk terhindar dari osteoporosis. Untuk lebih memastikannya, Anda dapat melakukan pemeriksaan secara lebih lanjut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Ciri-Ciri Anda Terserang Penyakit Osteoporosis"

Posting Komentar