Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja Marketing Funding

Dalam dunia kerja perbankan, ada salah satu bagian yang bernama Marketing Funding. Secara umum, definisi marketing funding berasal dari 2 kata, yakni marketing dan funding.

Arti kata marketing di sini merupakan rangkaian proses pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan oleh bank. Sedangkan funding merupakan proses menghimpun dana dari masyarakat, atau dengan kata lain kegiatan membeli dana dari masyarakat.

Jadi, definisi dari marketing funding adalah suatu fungsi jabatan pekerjaan (dalam hal ini di sebuah bank) untuk memasarkan atau mempromosikan dan juga menghimpun dana dari masyarakat.

Baca juga: Deskripsi Umum Tugas dan Wewenang Bagian-bagian Kerja di Bank

Biasanya, seorang marketing funding akan diberikan daftar nama yang memiliki potensi untuk menitipkan dananya (menabung) pada bank.

Di dunia perbankan, posisi marketing funding juga sering dikenal dengan sebutan funding officer. Waktu kerjanya lebih banyak dihabiskan di luar kantor (kerja lapangan). Sangat jarang seorang marketing funding ditemui di dalam kantor.

Deskripsi tugas dan tanggung jawab kerja marketing funding akan kami jelaskan pada uraian berikut ini!


Tugas-tugas Marketing Funding

- Mencari dan menawarkan kepada nasabah (pihak ketiga) yang memiliki dana lebih untuk menyimpan dananya tersebut di bank dalam bentuk produk yang dimiliki oleh bank itu sendiri bisa berupa simpanan tabungan, simpanan giro, maupun simpanan deposito.

- Memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk perbankan, serta memperluas jaringan (relasi) antar perbankan atau dengan pihak-pihak lain di luar perbankan itu sendiri.


Tanggung Jawab Kerja Marketing Funding

Tanggung jawab seorang marketing funding ialah pada pencapaian target bidang usaha funding (pendanaan). Bank akan memberikan target kepada marketing funding untuk menghimpun dana sebanyak-banyaknya dari nasabah.

Dana yang dihimpun tersebut akan dimasukkan ke dalam salah satu produk bank, bisa berupa simpanan tabungan, simpanan giro, maupun simpanan deposito.

Selanjutnya, dana yang telah dihimpun oleh marketing funding akan disalurkan kembali oleh bank melalui berbagai macam produk pinjaman kepada nasabah atau pihak lain baik secara individu, lembaga, maupun swasta yang prosesnya akan ditangani oleh bagian lain yaitu marketing lending.


Kemampuan Kerja yang Dibutuhkan Marketing Funding

Dalam melaksanakan pekerjaannya, seorang marketing funding harus memiliki beberapa ability atau kemampuan berikut ini:
- Kemampuan berkomunikasi yang baik.
- Kemampuan untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah dan juga calon nasabah.
- Kemampuan menganalisa calon nasabah dari segi kebutuhan si nasabah itu sendiri.
- Interpersonal skill yang baik.
- Kemampuan untuk menjalin atau membangun jaringan (relasi) yang baik dengan berorientasi pada target yang telah ditetapkan.


Demikian informasi tentang tugas-tugas dan tanggung jawab kerja bagian marketing funding yang dapat kami sampaikan, bila Anda berminat untuk menjadi seorang marketing funding di bank maka diperlukan kemampuan dan pengalaman yang mumpuni dalam berkomunikasi, serta menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Sumber:
http://www.jobdesc.net/job-desc/tugas-dan-job-deskripsi-marketing-funding.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja Marketing Funding"

Posting Komentar