Jenis Makanan Penguat Struktur Tulang dan Gigi Anak Batita

Masa Batita (di bawah tiga tahun) merupakan fase di mana tubuh membutuhkan asupan makanan sehat guna menunjang pertumbuhan dan kecerdasan otaknya.

Tak hanya itu, tubuh anak batita juga sangat memerlukan asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan maupun penguatan tulang dan gigi.

Oleh sebab itu, orangtua harus memastikan bahwa anaknya mendapatkan asupan makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin dan kalsium demi pembentukan tulang dan gigi anak yang kuat.

Baca juga: 6 Jenis Makanan Sebagai Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak


Makanan yang mengandung vitamin D sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kalsium yang merupakan zat penting dalam pembentukan struktur tulang yang kuat.

Berikut ini kami akan berbagi informasi mengenai jenis makanan apa saja yang baik diberikan kepada anak batita guna menunjang pembentukan struktur tulang dan gigi yang kuat.


1. Yogurt

Vitamin D memang bisa Anda dapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu, juga bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi yogurt.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak Anda yang berusia batita, berikan ia minuman satu cangkir yogurt setiap hari.


2. Susu

Mungkin jenis asupan satu ini sudah cukup populer dalam pembentukan struktur tulang dan gigi yang kuat. Dengan mengkonsumsi susu rendah lemak dan kaya vitamin D setiap hari sangat baik dalam penguatan tulang dan gigi anak batita.


3. Keju

Keju merupakan bahan makanan hasil olahan produk susu. Kandungan kalsiumnya yang tinggi akan mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian anak Anda.


4. Ikan Sarden

Makanan dengan kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi berikutnya ialah ikan sarden. Makanan ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi anak batita.


5. Telur

Vitamin D juga banyak terdapat dalam kuning telur dan akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium anak batita.


6. Ikan Salmon

Sepotong ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dalam satu hari.


7. Sayur Bayam

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan kalsium yang tinggi. Selain kaya akan kandungan zat besi, vitamin A dan serat, bayam yang telah dimasak juga mengandung 25% kebutuhan kalsium anak Anda.


8. Sereal

Sarapan sereal di pagi hari merupakan asupan yang sehat bagi tubuh anak Anda dalam melakukan aktivitas harian. Sereal memiliki kandungan kalsium sama dengan bayam yang telah dimasak.


9. Ikan Tongkol

Mungkin jarang orang yang mengetahui kalau ikan tongkol merupakan makanan yang sehat untuk tulang dan gigi. 3 ons tongkol memiliki kandungan 39% vitamin sinar matahari atau setara 154 IU.


10. Sayur Sawi Hijau

Jenis sayuran sawi berdaun hijau memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Bahkan setara dengan bayam dan juga sereal.


11. Buah Jeruk

Satu buah jeruk segar yang telah diperas mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi dan bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi anak batita Anda.

Sumber:
http://www.doktercewek.com/jenis-asupan-penguat-tulang-dan-gigi-pada-batita/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Makanan Penguat Struktur Tulang dan Gigi Anak Batita"

Posting Komentar