Agar Tak Salah Pilih, Kenali Dulu Jenis-Jenis Genset Ini

Agar Tak Salah Pilih, Kenali Dulu Jenis-Jenis Genset Ini
Genset atau generator set merupakan mesin untuk menghasilkan tenaga listrik. Mesin ini bisa dikatakan sebagai alternatif apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN. Melihat fungsinya yang sangat dibutuhkan terutama pada pabrik, perkantoran atau rumah-rumah di pedesaan yang belum terjamah PLN, maka saat ini mulai menjamur tempat – tempat jual genset yang menawarkan beragam jenis genset dengan spesifikasi lengkapnya.

Bagi Anda yang ingin membeli genset, agar tak salah pilih, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis genset agar dapat menentukan genset mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis genset yang umum ditemui di Indonesia :

JENIS-JENIS MESIN GENSET:

1. Mesin genset bensin

Mesin genset bensin dengan bahan bakar bensin ini sangat mudah ditemukan karena banyak pemakainya. Umumnya Genset yang menggunakan bahan bakar bensin memiliki kapasitas daya yang rendah. Yakni dengan daya maksimal hingga 10Kw/10,000Watt. Biasanya menggunakan mesin 1 silinder segaris dengan 1 busi dan memilik bentuk yang portable sehingga bisa dibawa kemana mana. Instalasi yang tidak terlalu rumit ditambah ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat mesin genset jenis ini cukup diminati.


2. Mesin genset diesel (solar)

Selain mesin genset bensin, mesin genset diesel juga cukup populer di Indonesia. Kapasitasnya cukup memenuhi kebutuhan yaitu sekitar 500 watt hingga 2.000.000 watt. umumnya digunakan sebagai back up listrik di tempat-tempat komersial. Mirip dengan genset rumah tetapi tipe mesin genset diesel ini membutuhkan energi lebih dari peralatan rumah standar. Genset ini biasanya digunakan untuk mengoperasikan peralatan dengan perangkat daya tinggi. Harga mesin genset diesel juga cukup terjangkau dibandingkan mesin genset lainnya yang lebih besar.


3. Mesin genset gas

Sesuai dengan namanya, mesin genset ini membutuhkan bahan bakar gas untuk pengoperasian yaitu gas LPG (Liquid Petroleum Gas) dan CNG (Compressed Natural Gas). Namun dalam segi harga, mesin genset gas tidak termasuk dalam genset murah, karena bahan bakarnya yang turut mempengaruhi tingginya harga mesin.


4. Mesin genset turbin

Jika ingin mencari genset dengan kapasitas besar di toko jual genset, mesin genset turbin adalah pilihan yang tepat. Mesin ini memiliki kapasitas lebih dari 2.000.000 watt, dimana bisa mencukupi kebutuhan listrik untuk sebuah kota kecil. Untuk masalah harga, mesin genset turbin tidak termasuk genset murah, bahkan karena harganya yang cukup mahal, banyak orang membelinya secara berkelompok atau patungan.

Mesin genset turbin mampu memenuhi permintaan listrik suatu kota kecil atau pedesaan, dengan cara menggabungkan beberapa turbin. Untuk membangun sebuah turbin dibutuhkan perhitungan yang cermat serta disesuaikan dengan kondisi dan keadaan sekitarnya. Karena adanya turbin maka kita sering mendengar beberapa turbin yang berbeda misalnya  turbin air, turbin angin, turbin uap dan lain-lain.

Contoh turbin angin yang menggunakan tenaga angin untuk memutar mesindengan hasil putaran tersebut disalurkan keturbin lain untuk menghasilkan listrik, maupun juga turbin air yang memanfaatkan arus deras air yang membutuhkan putaran deras sehingga menghasilkan putaran kegenerator untuk menghasilkan listrik.

5. Mesin genset portable

Kemajuan teknologi ternyata berpengaruh juga pada kemajuan mesin genset. Saat ini tersedia mesin genset portable yang mudah dibawa kemana-mana, dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun dengan kapasitas yang cukup memadai. Genset jenis ini paling dicari terutama untuk keperluan perkemahan atau acara-acara di luar ruangan yang membutuhkan daya listrik.

Itu dia jenis-jenis genset yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan membeli genset di toko jual genset. Selain kelima jenis genset tersebut, tentu saja masih ada beberapa jenis genset lainnya. Namun kelima genset itulah yang paling mudah ditemukan di Indonesia dan banyak orang menggunakannya.

Selain beberapa jenis genset umum diatas, ternyata di Afrika, ditemukan genset yang dapat dijalankan dengan bahan dari Urine. Penemunya yakni 4 Pelajar yaitu Duro-Aina Adebola (14thn), Akindele Abiola (14tahun), Faleke Oluwatoyin (14tahun) dan Bello Eniola (15tahun). Dalam uji coba yang mereka lakukan 1 liter urine mampu menyalakan genset untuk mengalirkan listrik selama kurang lebih  6 jam.

Nah  itulah informasi mengenai macam dan jenis-jenis mesin genset yang perlu Anda ketahui semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Tak Salah Pilih, Kenali Dulu Jenis-Jenis Genset Ini"

Posting Komentar