4 Penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya


Penyebab gigi berlubang dapat dipicu oleh berbagai macam situasi, anda perlu mengetahui hal ini supaya bisa menghindarinya. Dengan demikian, Anda bisa mempunyai gigi yang sehat dan tidak berlubang nantinya. Mempunyai gigi yang sehat adalah sebuah kebahagiaan yang diinginkan oleh semua orang, siapa yang tidak mau memilikinya. Namun, disisi lain gigi berlubang adalah permasalahan yang cukup serius, karena merupakan sarang bakteri yang bisa menyebabkan sakit gigi sewaktu-waktu. Gigi yang sakit sangat menjengkelkan dan mengerikan, walaupun pepatah mengatakan lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Kalau admin memilih sebaliknya deh, saking tidak enaknya mengalami sakit yang satu ini.


Gigi berlubang bisa terjadi pada semua orang tanpa memandang usia. Dengan demikian anda perlu mengetahui penyebab gigi berlubang serta cara mengatasinya, bukan hanya untuk anda sendiri tetapi juga untuk keluarga dan orang yang disayangi. Sudah barang tentu kita tidak akan tega bila keluarga mengalami sakit gigi yang tidak menyenangkan ini. Maka dari itu, mari kita simak uraian singkat penyebab gigi berlubang dibawah ini agar sebisa mungkin dapat kita hindari :

Penyebab gigi berlubang dan cara tepat mengatasinya

1. Penyebab Gigi Berlubang Karena Mengonsumsi Makanan Yang Terlalu Manis

Makanan yang memiliki rasa manis biasanya berbahan dasar gula sebagai pemanisnya. Bila zat gula menempel atau terselip di sela gigi, maka bisa menjadi pemicu gigi cepat berlubang. Hindarilah mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan manis berlebihan atau banyak mengandung gula.

2. Penyebab Gigi Berlubang Karena Bakteri

Bakteri adalah penyebab gigi berlubang yang sangat serius, karena bakteri ini bisa mengakibatkan kesehatan gigi semakin memburuk. Bakteri yang ada di dalam mulut bisa menjadi penyebab pengikisan email dan akhirnya meretakkan gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang. Gula merupakan salah satu zat yang kerap membuat gigi cepat berlubang dan retak. Hal ini karena bakteri yang terdapat di dalam mulut akan mengubah sisa gula menjadi asam. Nah, asam inilah yang menjadi pemicu munculnya gigi berlubang.

3. Penyebab Gigi Berlubang Karena Menyikat Gigi Tidak Benar

Salah satu penyebab gigi berlubang yang umumnya terjadi biasanya karena teknik menyikat gigi yang salah. Cara menyikat gigi yang baik dan benar adalah dengan cara menyikat dari atas ke bawah atau dari bawah keatas. Bukan dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Disarankan melakukan sikat gigi selama 1 sampai 2 menit. Lebih baik lagi bila menyikat gigi di depan cermin, karena anda bisa dengan mudah melihat kotoran yang menempel di gigi.

4. Penyebab Gigi Berlubang Karena Sikat Gigi Yang Tidak Tepat

Sikat gigi juga mempunyai peran khusus terhadap kesehatan gigi. Dengan memakai sikat gigi yang cocok, gigi tidak akan gampang terkikis dan senantiasa sehat. Sikat gigi yang baik yaitu memiliki bulu yang lembut, dan tidak kasar. Bila bulu sikat gigi kasar, bisa membuat lapisan email cepat terkikis sehingga membuka lapisan bagian tengah gigi menjadi terbuka. Bila sudah membuka, dapat berpotensi membentuk lubang yang sensitif sehingga gampang sakit. Disamping itu, anda harus memperhatikan kebersihan sikat gigi juga. Sikat gigi jangan dipakai dalam waktu yang terlalu lama, dianjurkan untuk menggantinya secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Demikianlah penjelasan singkat tentang penyebab gigi berlubang dan cara yang efektif untuk mengatasinya, semoga apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara mencegah gigi berlubang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya"

Posting Komentar