5 Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Akik Kalimaya (Black Opal)

5 Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Akik Kalimaya (Black Opal) - Jenis batu akik kalimaya merupakan salah satu dari sekian banyak jenis batu akik yang paling populer dan menjadi incaran oleh para kolektor. Bahkan pasar internasional pun saat ini sudah mampu ditembus oleh batu akik yang asalnya dari Banten tersebut. Di pasaran mancanegara, batu akik jenis kalimaya ini sering disebut dengan black opal. Batu akik kalimaya tidak mengherankan jika dijual dengan harga yang tinggi oleh para kolektor karena dari batu tersebut dapat diperoleh berbagai kelebihan.
Batu akik kalimaya sebenarnya mempunyai jenis yang sangat banyak, antara lain black opal, kalimaya kembang, kalimaya susu, serta masih banyak yang lainnya. Bahkan bermacam khasiat diantaranya meningkatkan stabilitas fisik juga dipercaya dimiliki oleh batu jenis ini.

Selain itu, sebagian orang juga ada yang percaya bahwa batu akik jenis kalimaya adalah batu dari surga. Rawat lah dengan benar dan sebaik-baiknya jika Anda memiliki batu akik kalimaya karena batu tersebut merupakan jenis batu yang sangat mahal sehingga keindahannya akan selalu ditampilkannya dengan maksimal.

Agar batu akik kalimaya dapat tetap mengkilap, berikut ini adalah beberapa cara tradisional yang dapat Anda coba. 

1. Menggosok Batu Akik Kalimaya menggunakan Daun Pisang Kering

Untuk memperindah batu akik, menggosoknya dengan daun pisang kering merupakan cara yang sering nenek moyang kita gunakan. Meski dirasa terlalu kuno, namun untuk menambah kilauan dari batu akik dengan cara tersebut ternyata sejauh ini masih dianggap ampuh. Daun pisang kering atau dalam bahasa jawa disebut dengan klaras ternyata mengandung senyawa yang dapat lebih mengkilapkan batu akik. Anda dapat melakukannya dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan mengambil beberapa daun pisang kering, kemudian gosokkan dengan gerakan satu arah pada batu akik kalimaya. Untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal, maka Anda harus melakukan dengan cara tersebut di atas secara rutin.

2. Menggosok Batu Akik Kalimaya menggunakan Kulit

Para kolektor akik menggunakan cara yang lazim dilakukan saat ini yaitu dengan menggosokkan batu akik kalimaya dengan kulit. Kilauan batu akik yang menawan dapat dihasilkan menggunakan cara tersebut meski terbilang sederhana. Batu akik akan semakin mengkilap jika digosokkan pada salah satu media yaitu kulit. Hal ini disebabkan karena minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit dapat meningkatkan keindahan batu akik kalimaya. Usahakan untuk menggunakan kulit yang sudah tidak terpakai, misalnya saja kulit pada bekas sabuk celana, ataupun kulit pada bekas dompet. Anda dapat melakukannya dengan cara menggosokkan batu akik kalimaya pada kulit dengan gerakan satu arah.

3. Menggosok Batu Akik Kalimaya menggunakan Bambu

Untuk merawat batu akik kalimaya, tetua terdahulu kita menggunakan salah satu cara yaitu dengan menggunakan media bambu. Media ini dapat membantu mengkilapkan batu akik kalimaya dengan memanfaatkan tekstur kulit bambu yang halus. Untuk melakukan cara ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.
  • Bambu yang akan digunakan harus dicuci terlebih dahulu hingga benar – benar bersih.
  • Setelah dicuci, bambu harus dijemur hingga kering. 
  • Saat menggosok pada bambu, lakukan lah dengan lembut dan jangan terlalu keras. 
  • Gosokkan dengan gerakan satu arah. 
  • Jangan terlalu sering melakukannya, sebaiknya cukup seminggu sekali atau sebulan sekali dengan cara yang benar.

4. Merendam Batu Akik Kalimaya dalam Air Kelapa

Di kalangan para pecinta batu akik, cara yang paling populer saat ini adalah merendam batu akik kalimaya dalam air kelapa. Cara yang sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan batu akik kalimaya ke dalam air kelapa muda di dalam gelas atau pun mangkuk. Sebaiknya, lakukan perendaman pada wadah yang dapat ditutup sehingga air atau zat yang lain tidak akan mencampuri air kelapa. Kemudian, diamkan beberapa saat atau bisa juga semalaman. Keesokan harinya, ambil lah batu tersebut kemudian keringkan menggunakan kain lap yang lembut sehingga batu akan tampak lebih indah dan mengkilap.

5. Menggosok Batu Akik Kalimaya menggunakan Kertas Pasir/Amplas

Saat akan menggosokan batu akik kalimaya menggunakan kertas pasir, yang paling utama adalah pemilihan kertas pasir yang tepat. Anda dapat memilih kertas pasir atau amplas yang lembut dengan ukuran 1200 atau 1500 atau tanyakan saja pada penjual untuk mengambilkan kertas pasir yang paling halus jika Anda ragu. Untuk memperindah batu akik kalimaya tersebut, Anda bisa menggunakan amplas, lalu caranya adalah dengan cara menggosokkan batu akik kalimaya tersebut secara perlahan pada amplas. Agar batu akik kalimaya semakin indah, gosok lah dengan gerakan satu arah. Cara ini sangat cocok untuk digunakan pada batu akik kalimaya yang belum mengkilap.

Demikianlah 5 Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Akik Kalimaya (Black Opal), semoga bermanfaat bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Akik Kalimaya (Black Opal)"

Posting Komentar