Tips Mudah Mengetahui Keaslian Batu Akik

Saat ini batu akik sedang mengalami masa kejayaannya. Bisnis batu akik mulai diramaikan oleh berbagai kalangan dari mulai rakyat biasa hingga para pejabat juga ikut menyemarakkan hiruk pikuk batu akik. Semua elemen masyarakat seakan tersihir oleh keindahan dan pancaran batu akik. Namun, banyak pelaku bisnis batu mulia ini yang masih belum membekali dirinya dengan ilmu yang mumpuni sehingga hal ini tidak berbanding lurus dengan semakin maraknya bisnis batu akik di Indonesia.
Hal semacam ini seringkali menyebabkan masalah yang cukup banyak. Tidak sedikit para pembeli yang merasa dirugikan setelah membeli batu akik kepada penjualnya. Hal ini bisa disebabkan karena minimnya pengetahuan dari pembeli maupun penjual batu akik itu sendiri. Ciri-ciri batu akik asli yang dapat dicek dan dilihat dengan kasat mata sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu dengan benar agar dapat terhindar dari masalah nantinya.

Berikut tips untuk mengetahui keaslian batu akik. 

1. Periksa Suhu Batu Akik

Batu akik yang asli mempunyai suhu yang cenderung dingin atau dalam bahasa jawa disebut anyep. Untuk mengecek keasliannya, coba lah untuk menempelkan batu akik pada pipi, leher atau pun pada kulit lainnya yang sensitif, jika batu terasa dingin maka ada kemungkinan bahwa batu tersebut asli.

Meski bukan satu-satunya ciri batu akik asli, namun sebagai pengecekan awal saat akan membeli sebuah batu akik jenis apapun, coba lah untuk menempelkannya dahulu pada kulit yang sensitif dan kemudian rasakan dinginnya.

2. Periksa Berat Batu Akik

Batu akik yang asli mempunyai bobot yang lebih berat dibandingkan dengan batu akik yang terbuat dari plastik atau bahan yang lain. Anda dapat membandingkankanya secara langsung antara batu akik yang palsu dengan yang asli pada saat membeli. Jika memungkinkan, Anda dapat membawa batu akik palsu yang akan digunakan sebagai pembanding. Jika terdapat perbedaan berat, maka Anda dapat menarik kesimpulan dari sini.

3. Perhatikan Serat Batu Akik

Anda dapat memperhatikan serat yang ada pada bagian dalam batu akik. Batu akik yang asli dari alam mempunyai serat yang alami, sedangkan batu akik yang berasal dari bahan sintetis atau kaca, meski sama-sama mempunyai serat namun seratnya mempunyai perbedaan dengan serat yang alami. Pada batu akik palsu sering terlihat gelembung di bagian dalamnya, hal itu diakibatkan karena adanya udara yang terperangkap di dalam batu akik pada saat proses pembuatan.

4. Perhatikan Struktur Batu Akik

Salah satu ciri batu akik asli dapat dilihat dari kekerasan struktur batunya. Sebagian besar batu akik mempunyai struktur yang sangat kuat sehingga tidak akan mengalami lecet ketika digoreskan pada kaca.

Selain mengamatinya secara langsung seperti 4 poin tersebut di atas, agar Anda dapat mengenali batu akik tersebut asli atau kah palsu, beberapa percobaan kecil juga dapat Anda akukan terhadap batu akik yang ingin dibeli.

Untuk mengetahui keasliannya, Anda dapat melakukan percobaan seperti berikut.

1. Panaskan Batu Akik
Anda dapat melakukan percobaan dengan membakar batu akik tersebut pada bagian tertentu, batu tersebut dapat dipastikan palsu jika berubah warna atau gosong. Jika Anda membeli batu akik yang asli dari alam pasti warnanya tidak akan berubah. Pada saat dibakar, maka batu akik yang asli akan kelihatan seperti berminyak, akan jika dihapus akan segera hilang. Selain itu, meski akan menjadi panas saat dibakar, namun batu akik alami akan cepat dingin kembali. Berbeda dengan batu akik palsu yang panasnya akan berlangsung lebih lama.

2. Membenturkan Batu Akik
Coba lah untuk membenturkan batu akik yang akan dibeli dengan batu akik yang asli. Anda dapat meminjam batu akik asli dari teman ataupun kolega jika belum mempunyai batu akik sendiri. Jika saat dibenturkan keduanya mengeluarkan percikan cahaya, kemungkinan besar batu tersebut adalah asli. Namun saat membenturkannya, disarankan untuk dilakukan ditempat yang gelap.

3. Menggigit Batu Akik
Untuk batu mulia jenis mutiara, Anda dapat mengetes keasliannya dengan cara menggigit batu tersebut dengan sekuat tenaga. Batu tersebut dapat dikatakan batu akik asli jika tidak terjadi perubahan setelah menggigitnya.

Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian batu akik. Anda dapat langsung berkonsultasi dengan gemolog atau ahli batu akik jika masih ragu setelah melakukan beberapa tips di atas. Akan lebih baik lagi jika Anda mempelajari dulu tentang ilmu gemologi yang mempelajari batu mulia secara spesifik sebelum Anda terjun ke bisnis batu akik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mudah Mengetahui Keaslian Batu Akik"

Posting Komentar