7 Cara Mudah Merawat Batu Akik Bacan Lebih Mempesona

Cara Mudah Merawat Batu Akik Bacan Lebih Mempesona | Salah satu batu akik yang paling sering diburu oleh kolektor adalah batu akik jenis bacan. Batu akik ini termasuk dalam batu mulia yang memiliki nilai artistik tinggi sehingga dibandrol dengan harga yang sangat mahal. Mengkristal sempurna dengan bening tanpa bercak di dalamnya menjadi ciri yang paling menonjol dari batu ini.

Batu akik bacan dengan kualifikasi seperti itu tentunya mempunyai harga yang sangat tinggi. Bagi pemula biasanya lebih memilih batu akik bacan dengan warna yang sedikit lebih muda karena akan dipoles kembali setelahnya. Bacan yang masih muda memiliki warna yang cenderung gelap dan sedikit terlihat keputihan. Harga untuk batu bacan yang masih muda tentunya tidak semahal batu bacan yang sudah tua.
Bagi Anda yang memiliki batu akik jenis ini, keahlian dalam merawatnya perlu dimiliki agar nilai keindahannya tidak berkurang. Agar batu akik bacan dapat tampil lebih mempesona, terdapat beberapa cara perawatan yang dapat Anda dilakukan. Diantara langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
Membuat batu akik bacan lebih mempesona
Batu Akik Bacan

1. Bersihkan Batu Akik Bacan dengan kain yang lembut.

Agar tidak terjadi goresan, batu bacan harus selalu dibersihkan menggunakan kain yang halus dan lembut. Kain yang sedikit basah juga dapat digunakan sesekali agar debu yang menempel hilang. Kain yang digunakan untuk membersihkan batu akik bacan juga harus diperhatikan, kain tersebut harus lembut seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata. Agar menghasilkan kilau yang semakin menawan, lakukan lah hal tersebut secara rutin.

2. Olesi batu dengan minyak zaitun.

Anda dapat melakukukan treatment khusus untuk mempercantik batu akik bacan. Salah satunya adalah dengan mengolesi minyak zaitun di permukaan batu akik tersebut. Pengolesan minyak zaitun berfungsi untuk menjaga batu supaya tetap mengkilap. Anda dapat melakukannya dengan cara meneteskan minyak zaitun pada kain yang halus, kemudian sesudah itu secara perlahan-lahan, Anda harus menggosokkan kain yang sudah ditetesi minyak zaitun tersebut pada batu bacan.

3. Simpan di tempat terbuka.

Menyimpan batu akik jenis bacan pada sebuah kotak khusus merupakan hal yang salah kaprah dan terkadang terjadi pada penggemar batu akik yang masih pemula. Hal ini merupakan cara penyimpanan yang salah, batu bacan yang masih dalam proses pengkristalan jangan pernah disimpan di dalam sebuah kotak. Proses pengkristalan batu bacan akan terhambat jika batu akik bacan tersebut disimpan di dalam sebuah kotak. Batu akik bacan akan lebih baik jika disimpan di tempat terbuka.

4. Hindarkan dari benturan

Saat tidur, lebih baik batu tersebut dilepas saja atau tidak perlu digunakan agar dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya benturan. Karena jika benturan dengan benda keras terjadi dan mengakibatkan adanya goresan, maka untuk menghilangkannya akan sangat sulit dan yang pasti nilai keindahannya akan berkurang serta harga jualnya pun akan semakin menurun.

5. Dipakai setiap hari

Cara ini merupakan cara perawatan yang paling sederhana, namun hingga saat ini masih dianggap menjadi cara yang paling baik dan natural. Pemanfaatan suhu si pemakai itu sendiri yang sebenarnya menjadi dasar dari cara perawatan dengan memakai batu akik bacan setiap hari.

Bacan yang semi kristal akan dibentuk dengan sangat efektif menjadi plong mengkristal seutuhnya jika berada pada suhu yang stabil dan lebih panas dari sekitarnya. Untuk mengkristalkan batu akik bacan, cara ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia sehingga selain natural, cara ini juga sangat aman dan jauh dari resiko apapun.

6. Bawa ke tukang poles

Jika perawatan yang Anda lakukan masih terasa belum baik dan benar atau mungkin Anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat merawatnya, sebaiknya Anda membawanya ke tukang poles akik kepercayaan Anda untuk perawatannya. Sayang sekali jika Anda mempunyai batu bacan namun perawatannya kurang maksimal. Pilih lah tukang poles batu akik yang memang benar-benar sudah ahli dan dapat dipertanggungjawabkan reputasinya.

7. Perendaman dan Penjemuran

Untuk merekayasa suhu sehingga pengkristalan batu bacan dapat dipercepat, Anda dapat melakukan cara perendaman dan penjemuran dengan cara memasukkan batu bacan pada sebuah toples yang berisi air hingga benar-benar tenggelam. Kemudian, letakkan toples tersebut di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Kondisi juga harus diperhatikan, segera ganti dengan yang baru jika air telah habis dan berwarna tidak bening. Proses ini dapat dilakukan selama satu atau dua hari, namun ada juga yang membutuhkan waktu hingga satu bulan bahkan lebih. Lakukan cara ini hingga batu bacan bersih dan plong mengkristal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mudah Merawat Batu Akik Bacan Lebih Mempesona"

Posting Komentar