Pesona Tempat Wisata di Sukabumi

Pesona Tempat Wisata di Sukabumi - Sukabumi adalah sebuah kota yang berada dibagian selatan tengah Jawa Barat, berada diantara kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan ketinggian mencapai 584 meter diatas permukaan laut dan suhu maximum 29’Celcius. Banyak Tempat Wisata di Sukabumi yang dapat anda temui karena tempat yang mudah diakses. Kota ini terletak di 120Km di selatan Jakarta dan 96 KM sebelah barat Bandung.

Selain karena kesejukannya, Salah satu Tempat Wisata di Sukabumi yang hampir semua orang tahu yaitu Pantai Pelabuhan Ratu. Keindahan pantai ini menjadi daya tarik bagi sejumlah wisatawan asing maupun domestik. Pantai Pelabuhan Ratu terletak di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Pantai ini terkenal memiliki pasir berjalan dan ombak yang sangat kuat karena itulah para pengunjung dilarang berenang apalagi bila sampai menjurus ketengah laut. Topographinya adalah perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak yang kencang dan hutan cagar alam.

Pantai ini memiliki daya tarik diluar pesonanya yang indah, yaitu pantai ini dipercaya sebagai tempat sering munculnya Nyi Roro Kidul, yang sering muncul di pantai selatan. . Saat bulan april tiba, biasanya masyarakat sekitar Pelabuhan Ratu mengadakan ritual khusus yaitu berbentuk upacara adat hari nelayan, untuk memperkuat mitos itu disalah satu hotel yang berdiri di pantai ini menyediakan satu kamar khusus untuk sang Ratu Pantai Selatan. Kamar ini didisain sedemikian rupa dengan berbagai ornamen yang mendukung keberadaan Ratu Pantai Selatan, karena itulah banyak orang yang datang ke kamar ini untuk berkomunikasi langsung dengan sang ratu pantai selatan. Tak hanya ingin berkomunikasi atau bertatap langsung tapi merekapun berharap ada keberkahan yang didapat setelah berada di kamar itu.

Karena kemistisannya dan aura gaib pun sering menyelimuti pengunjung, banyak orang yang mengamankan dirinya dengan tidak berpakaian warna hijau saat berada disana. Warna hijau dipercaya bisa menghadirkan kekuatan dimensi lain hingga mampu menarik siapapun orang yang memakai warna itu ke dasar laut. Tapi terlepas dari cerita mistis didalamnya Pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai yang patut dan layak kita kunjungi karena pesona indah terpancar jelas dipelupuk mata, air lautnya yang bening dan menyegarkan pasti membuat pengunjung betah berlama lama bermain air.

Selain pesona Tempat Wisata di Sukabumi yang terkenal dengan pantai selatannya, Sukabumi juga mempunyai ragam kuliner yang unik sehingga cocok untuk wisata kuliner, salah satunya adalah Mochi. Mochi adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung ketan dan berisi kacang tanah sangrai dan gula. Mochi awalnya berasal dari daratan jepang, makanan yang dibuat saat perayaan tahun baru ini kini mulai menyebar keseluruh dunia, salah satunya di Sukabumi. Di Sukabumi industri pembuatan Mochi berada di Gang Kaswari, kawasan ini berada tepat di kota Sukabumi. Ada beberapa industri pembuatan Mochi disini, aroma Mochi yang harum akan tercium saat kita memasuki Gang ini.

Kue Mochi mulai dibuat di Sukabumi sejak penjajahan Jepang. Jika awalnya Mochi berbentuk kotak kini Mochi mulai dikembangkan dengan bentuk bulat dan beraneka rasa. Bola bola ketan bertabur tepung kanji ini akan terasa manis dan liat di mulut saat disantap. Pembuatan Mochi ini cukup mudah dan bisa anda saksikan jika anda mengunjungi pabrik Mochi. Mochi sangat nikmat disantap bersama dengan segelas teh atau kopi. Saat dijual Mochi akan dimasukan kotak anyaman bambu, satu kotak kecil akan berisi 5 buah Mochi dan dijual dalam 5 ikat kotak kecil. Satu kotak dihargai antara 3 rb samai 6 ribu rupiah.

Selain Mochi ada satu makanan yang menjadi ciri khas Sukabumi yaitu Bubur Ayam Sukabumi. Bubur Ayam Sukabumi tak berbeda jauh dengan bubur ayam pada umumnya, hanya saja bubur ini dikasih telur mentah diatasnya saat akan disantap. Nantinya telur akan matang saat terkena bubur yang masih panas. Bubur Ayam Sukabumi terbuat dari beras dan berisi sejumlah bahan saat dihidangkan, diantaranya potongan cak kuwe, potongan daging ayam, daun seledri dan kacang kedelai goreng. Salah satu yang menjadi pelopor munculnya Bubur Ayam Sukabumi berada dikawasan Bunut Sukabumi. Disini anda bisa menemui salah satu penjual Bubur Ayam Sukabumi yang terkenal. Bubur Ayam sukabumi bisa dengan mudah anda temui dibeberapa daerah dinusantara. Bubur ini paling nikmat disantap saat pagi hari atau malam. Menimkati Bubur Ayam Sukabumi belum lengkap rasanya tanpa krupuk dan sambal.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Tempat Wisata di Sukabumi mengenai keindahan alamnya serta ragam kulinernya. Semoga dapat menambah referensi dalam menjelajahi keindahan alam di nusantara. Semoga dapat bermanfaat, selamat berlibur!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Tempat Wisata di Sukabumi "

Posting Komentar