Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Tempat Wisata di Jakarta Selatan - Pergi berlibur ke tempat wisata sangat diperlukan oleh semua orang. Bagi anda yang berdomisili di daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya tentunya banyak ditemui tempat wisata di Jakarta Selatan yang cukup murah, dekat, dan mempunyai nilai edukasi bagi Anda maupun keluarga.

Kebun Binatang Ragunan 
Salah satu destinasi wisata di Jakarta Selatan yang sering dikunjungi adalah Kebun Binatang Ragunan. Kepadatan pengunjung dapat dirasakan setiap hari libur nasional ataupun saat musim libur sekolahan. Adapun sejarah asalnya Kebun Binatang Ragunan yaitu didirikan pada tahun 1864 yang berlokasi di Cikini dengan nama “Tanaman dan Kebun Binatang” dan merupakan Kebun Binatang yang pertama di Indonesia.

Kemudian pada tahun 1966 dipindahkan oleh Gubernur DKI saat itu ke daerah Jakarta Selatan dengan nama Taman Margasatwa Ragunan. Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan terbilang sangat murah yaitu Rp 4.500 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak umur diatas 2 tahun.

Kemang Food Festival 

Bagi anda pecinta kuliner dalam negeri, Kemang Food Festival merupakan tempat yang cocok karena merupakan tempat wisata di Jakarta Selatan yang selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan terutama oleh kalangan anak muda. Berbagai jenis makanan dan minuman dapat anda temukan disini. Kemang Food Festival dibuka dari sore hingga tengah malam.

Museum Reksa Artha

Sesuai dengan namanya Museum Reksa Artha merupakan museum yang menyimpan peralatan pencetak uang pada masa lampau. Museum ini cukup menarik, karena berbagai koleksi mesin pencetak uang terdapat disini. Salah satunya adalah mesin pencetak yang digunakan pertama kali di Indonesia untuk mencetak Rupiah. Lokasi dari Museum Reksa Artha yaitu di Jalan Lebak Bulus No 1. Meskipun jarang terdengar, museum ini layak untuk dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan.

Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala merupakan museum yang menjadi tujuan tempat wisata di Jakarta Selatan tepatnya di jalan Gatot Subroto dengan menyajikan berbagai koleksi peninggalan perang kemerdekaan seperti pesawat tempur, tank, senapan, bambu runcing dan senjata perang lainnya. Museum Satria Mandala didirikan diatas tanah seluas 5 hektar pada tahun 1972. Museum Satria Mandala disukai anak-anak terutama lelaki karena banyak dijumpai diorama dengan cerita uniknya dan benda bersejarah lainnya yaitu mobil dengan bekas peluru tembakan.

Museum Layang-Layang 

Museum Layang-layang merupakan museum yang dikelola secara pribadi dan berada di daerah Pondok Labu. Walaupun tidak begitu besar namun museum ini mempunyai koleksi layang-layang yang sangat beraneka ragam dan disukai anak-anak sebagai tempat wisata di Jakarta Selatan. Di museum layang-layang dapat dijumpai layang-layang berukuran kecil sampai layangan besar dengan tema yang berbeda seperti layangan yang untuk festival, layangan yang bertema olahraga, layangan berbentuk tradisional, dan layangan bertema modifikasi. Asal layangan yang terdapat di museum ini juga termasuk banyak, baik dari daerah-daerah pelosok dalam negeri sampai yang berasal dari luar negeri.

Selain itu terdapat layangan yang cukup unik seperti layangan yang dibuat mengikuti suatu cerita, ada juga layangan yang dapat mengeluarkan suara musik. Di museum ini juga diajarkan cara membuat layang-layang dan membuat barang-barang tradisional seperti membuat batik traditional, membuat dan melukis keramik.

Setu Babakan 

Setu Babakan merupakan tempat wisata di Jakarta Selatan yang berbentuk danau buatan dengan luas mencapai 30 hektar, tepatnya berada di Srengseng Sawah. Wisata air yang terdapat di Setu Babakan diantaranya memancing ikan dab bermain perahu air. Setu Babakan identik dengan budaya betawi karena setu babakan juga difungsikan sebagai tempat pelestarian budaya asli Betawi, Mulai dari wisata kuliner Betawi yang menyuguhkan berbagai jenis makanan khas Betawi hingga kesenian khas Betawi. Di Setu Babakan juga dapat dijumpai berbagai ornamen Betawi dan galeri batik khas Betawi.

Taman Anggrek Ragunan 

Destinasi wisata di Jakarta Selatan yang sering dikunjungi salah satunya yaitu Taman Anggrek Ragunan yang berlokasi didekat Kebun Binatang Ragunan. Dengan luas mencapai 5 hektar dan memiliki sekitar 5000 species anggrek dari seluruh belahan dunia. Taman Anggrek Ragunan didirikan pada tahun 1973 sebagai tempat pembudidayaan anggrek yang kini menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Jakarta Selatan. Di taman ini selain disuguhkan berbagai jenis keindahan tanaman anggrek, juga ditawarkan bagi yang minat membeli tanaman anggrek tersebut dengan harga yang cukup bervariasi mulai dari Rp.20.000 hingga Rp. 100.000 per tanaman. Sedangkan untuk tiket masuk dipatok dengan harga yang sangat murah yaitu hanya Rp.1000 per orang.

Sumber gambar:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Ragunan
  • http://www.adrianadian.com/2016/05/kebun-binatang-ragunan.html
  • http://jakarta.panduanwisata.id/files/2014/12/kemang-fes-1.jpg
  • http://jakarta.panduanwisata.id/files/2014/12/reksa-2.jpg
  • https://sgimage.detik.net.id/community/media/visual/2017/01/31/d05636c5-0a73-479c-8c8b-64ef1f75353c_169.jpg?w=780&q=90 
  • https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/melihat-kejayaan-tni-di-museum-satria-mandala
  • http://grahawisatajakarta.com/wp-content/uploads/2016/10/Museum-Layang-Layang-Indonesia.jpg
  • https://setubabakan.files.wordpress.com/2011/04/404383_3016833973013_1027527330_32531747_1439080573_n.jpg
  • http://alamtani.com/wp-content/uploads/2014/05/taman-anggrek-ragunan-1.jpg
  • http://www.bebeja.com/wp-content/uploads/2016/11/taman-anggrek-ragunan-2-300x225.jpg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata di Jakarta Selatan"

Posting Komentar