Wisata Budaya di Museum Wayang Jakarta

Wisata Budaya di Museum Wayang Jakarta - Berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Museum Wayang memiliki tampilan unik yang terapit dua gedung lainnya. Awalnya Museum yang terletak di kawasan Jakarta Barat ini adalah gereja yang dibangun oleh Belanda. Namanya De Oude Hollandsche Kerk (“Gereja Lama Belanda”). Di bangun pertamakali pada tahun 1640. Museum Wayang mengalami beberapa kali perombakan. Tahun 1732 diperbaiki dan berganti nama De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda) hingga tahun 1808 akibat hancur oleh gempa bumi pada tahun yang sama.


Tepat tanggal 1 Agustus 1975, dibangun di atas tanah bekas reruntuhan inilah gedung Wisata Budaya di Museum Wayang Jakarta, serta akhirnya diresmikan pemakaiannya sebagai museum. Beberapa bagian gereja lama tetap dijaga serta dipertahankan tampilannya meskipun mengalami pembangunan kembali.

Apa yang bisa ditemui di Museum Wayang ?

Memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, Museum Wayang mengumpulkan koleksi wayang yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. Selain itu, wayang - wayang dari luar negeri juga diperlihatkan di sini. Beberapa koleksi wayang dari luar negeri antara lain berasal dari Republik Rakyat Tiongkok dan Kamboja. Koleksi Museum Wayang mencapai lebih dari 4.000 buah, terdiri atas wayang kulit, wayang janur, topeng, boneka, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang beber dan gamelan.

Ada juga koleksi boneka yang kebanya dari Eropa, serta ada beberapa koleksi lainnya yang berasal dari beberapa negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia.

Pertunjukan di Museum Wayang

Di Museum Wayang juga digelar pertunjukan pada jam-jam tertentu. Banyak wisatawan domestic ataupun dari mancanegara menanti pertunjukan wayang. Anda bisa melihat jadwalnya di pintu masuk Museum Wayang. Hanya dengan tiket masuk lima ribu rupiah, Anda bisa berwisata sekaligus menambah pengetahuan tentang wayang dan kesenian di Indonesia. Pada tanggal 7 November 2003, PBB memutuskan mengakui wayang Indonesia sebagai warisan dunia yang patut dilestarikan. Yuk kunjungi Wisata Budaya di Museum Wayang Jakarta yang ada di Kota Tua. Mengunjungi museum berarti turut mempelajari kekayaan budaya Indonesia.

Alamat dan Kontak

Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat.
Telp. 021-6927 289, 021-62929 560.
Fax. 021-6929 560.
E-mail info@museumwayang.com.

Jadwal Operasional

Selasa s/d Minggu: 09.00 – 15.00.
Senin dan Hari Besar tutup.

Harga Tiket

Reguler/Perorangan
  • Dewasa: Rp. 2.000
  • Mahasiswa: Rp. 1.000
  • Anak – Anak: Rp. 600.

Rombongan (Minimal 20 orang)
  • Dewasa:Rp. 1.500
  • Mahasiswa: Rp. 750
  • Anak-anak: Rp. 500

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Wisata Budaya di Museum Wayang Jakarta. Bagi anda yang tertarik berkunjung ke untuk mengetahui harga tiket terbaru dapat menghubungi nomor kontak diatas. Semoga dapat bermanfaat, selamat berlibur!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Budaya di Museum Wayang Jakarta "

Posting Komentar