5 Alasan Wisata Alam Pangandaran Menjadi Objek yang Terkenal Mancanegara

5 Alasan Wisata Alam Pangandaran Menjadi Objek yang Terkenal Mancanegara - Objek wisata Pangandaran sudah sejak lama terkenal hingga ke mancanegara karena keindahan alamnya yang mengagumkan. Tempat wisata ini menyimpan banyak keunikan yang menarik bagi wisatawan, yaitu dari segi panorama alam dan juga kekayaan hayati yang dimilikinya. Dari berbagai sisi, alam pangandaran yang penuh dengan keragaman daya tarik ini memberikan pesona sehingga menjadikannya salah satu lokasi wisata favorit di pulau Jawa.


Berikut ini 5 alasan Wisata Alam Pangandaranmenjadi objek yang terkenal mancanegara :


1. Dinobatkan sebagai pantai yang terbaik di pulau Jawa. 

Pantai Pangandaran adalah lokasi wisata yang cocok untuk menjadi tujuan wisata berlibur. Kenapa demikian? karena banyaknya keistimewaan di pantai ini yang tentunya akan memberikan momen dan memory liburan yang indah untuk dikenang. Menurut informasi yang telah banyak tersebar, pantai Pangandaran ini merupakan suatu pantai yang memiliki pencapaian prestasi yaitu telah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa.

Dengan prestasi yang membanggakan ini tentunya kawasan pantai ini akan semakin ramai disambangi oleh pengunjung baik itu domestik maupun mancanegara. Hal ini pulalah yang menjadikannya sebagai objek wisata pantai yang terkenal mancanegara.

2. Memiliki spot snorkeling dan diving yang menarik para divers dunia.

Taman Laut pada Pantai Timur Pangandaran, merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan sebagai spot snorkeling di Pangandaran untuk menyaksikan panorama bawah laut atau underwater di Pangandaran. Perairannya yang terlalu dalam, di bawah permukaannya terhampar pemandangan coral dan biota laut lain yang terlihat sangat jelas.

Spot lain yang sering dikunjungi untuk snorkeling adalah Pantai Barat Pangandaran. Lokasi ini cukup mudah diakses dan tidak jauh untuk para pemula yang tidak bisa berenang, serta panoramanya mewakili keindahan dibawah permukaan laut Pangandaran.

Spot snorkeling di Pangandaran bisa dicapai dengan berjalan kaki, atau menggunakan perahu mengarungi lautan menuju beberapa spot menarik, seperti spot Batu Layar, Batu Buaya juga menyaksikan lebih dekat aktivitas nelayanpenangkap ikan.

Diving juga biasa dilakukan sepanjang pantai barat Pangandaran. Untuk peralatannya, dapat disewa dengan alat diving yang lengkap dan juga aman dipandu instruktur selam yang berpengalaman.Diving di Pangandaran menawarkan petualangan bawah laut yang menantang sekaligus menyenangkan. Menelusuri berbagai jenis flora dan fauna di kedalaman tertentu memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri.


3. Memiliki banyak fasilitas serta akomodasi yang sangat baik

Kawasan Pantai Pangandaran dilengkapi berbagai fasilitas dan akomodasi yang relatif lengkap, untuk memberikan kenyamanan pengunjung selama berlibur di tempat ini. Beberapa contoh fasilitas seperti adanya area parkir, penjaga pantai, bermacam jenis penginapan mulai dari wisma, penginapan bahkan hotel berbintang, lokasi berkemah, guide atau pemandu wisata, pusat informasi wisata, berbagai tempat makan, restoran, penyewaan pelampung dan sepeda, dan alat selam, transportasi perahu serta fasilitas penunjang lainnya. Peralatan olahraga di tempat wisata ini cukup lengkap seperti sepeda yang digunakan di kawasan ini disewakan untuk berkeliling wisata pantai, demikian juga Parasailing dan jetski.

Untuk akomodasi seperti hotel, restoran dan cafe, penginapan, pondok wisata dengan berbagai variasi tarif sesuai dengan tingkat layanan dengan harga yang relatif ekonomis. Belum lagi pelayanan pos, telekomunikasi serta penukaran uang asing tersedia di kawasan ini. Sedangkan fasilitas hiburan juga ada seperti gedung hiburan, gedung bioskop, diskotik pun tersedia sebagai tempat hiburan pengunjung.Pramuwisata selalu siap memberikan berbagai informasi sebagai bagian Pusat Informasi Pariwisata.

4. Memiliki spot untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam pada hari yang sama

Pengunjung dapat melihat langsung terbitnya matahari di sebelah timur dan tenggelamnya matahari disebelah barat dari satu tempat yang sama. Tempat istimewa ini bisa diperoleh di Pangandaran, misalnya dari teras hotel tempat menginap atau di pinggir pantainya.

Karena posisi Pangandaran ini terletak di semenanjung atau tanjung yaitu daratan yang menjorok ke laut, sehingga menjadikannya sebagai lokasiyang pas untuk menikmati sunrise dan sunset dalam sehari.Pengunjung juga bisa mencari posisi yang paling tepat untuk menjemput dan mengantar Mentari berpendar semarak dengan rona kemerahannya. Sunset dan sunrise ini dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama, baik dari pantai barat maupun pantai timur Pangandaran yang letaknya tidak begitu jauh.

5. Keindahan alam taman margasatwa sebagai konservasi alam

Wisata di Pangandaran lebih seru serta menyenangkan dengan menjelajahi berbagai keindahan alam yang berada di Cagar alam Pananjung Pangandaran. Selain terkenal dengan berbagai objek wisata lain selain pantai seperti Green Canyon, goa dan Batu Hiu, kawasan wisata Pangandaran ini juga memiliki keindahan alam lain yang berada di suatu objek yaitu Cagar Alam Pananjung Pangandaran. Hal inilah yang menjadikannya salah satu alasan wisata alamnya menjadi terkenal mancanegara.

Cagar Alam Pananjung merupakan tempat dimana flora dan fauna hidup berdampingan dengan bebas namun tetap terlindungi.Cagar Alam Pananjung luasnya kurang lebih 530 hektar. Lokasi cagar alam ini menjadi taman nasionalyang sangat dijaga kelestariannya. Cagar Alam Pananjung yang terletak di perbatasan Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran ini memiliki banyak ragam Flora dan Fauna dari berbagai spesies yang merupakan satwa khas asli tempat ini. Fauna yang terdapat di Cagar Alam Pananjung seperti: lutung, kijang, kelelawar, rusa, biawak, landak, monyet ekor panjang, ular dan berbagai hewan lainnya.

Dengan penjelajahan keindahan alam tersembunyi di Cagar alam Penanjung Pangandaran ini pengunjung mendapatkan pengalaman berkesan serta pengetahuan baru tentang kehidupan flora dan fauna. Terdapat flora dan fauna langka seperti bunga raflesia padma, kera, dan rusa. Dari sejarahnya, Cagar Alam Pananjung dahulunya adalah milik kebangsaan Belanda yang bernama Eyken yang membeli lahan untuk dijadikan daerah perburuan. Namun kemudian dikarenakan banyaknya jenis flora dan fauna langka di tempat ini maka pada tahun 1934 daerah ini dijadikan Wildresevaat.Hutan alami yang ada di tempat ini menawarkan suasana alam tropis asli yang asri yang menjadikan suatu daya tarik unik di kawasan pantai terbaik di pulau Jawa ini.

Demikian ulasan mengenai 5 alasan Wisata Alam Pangandaran menjadi objek yang terkenal mancanegara.Mungkin masih banyak point-point keunggulan lain tempat ini yang membuatnya terkenal. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar:
  • http://www.mypangandaran.com
  • https://www.tripadvisor.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Alasan Wisata Alam Pangandaran Menjadi Objek yang Terkenal Mancanegara"

Posting Komentar