Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil - Rem cakram memang merupakan salah satu piranti pengereman yang sangat dibutuhkan termasuk pada mobil karena rem cakram juga berpengaruh atas keselamatan pengemudi didalam mengendarai mobil. Ada baiknya Anda perhatian dengan rem cakram mobil.

Jika memang Anda merasa kampas rem cakram sudah bermasalah dan ditandai dengan ketidaknyamanan dalam mengenakannya ketika Anda mengemudi, Anda perlu langsung menggantinya. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan didalam mengganti kampas rem cakram mobil.
Kampas rem cakram mobil
Langsung saja simak informasinya di bawah ini! Ada beberapa langkah yang Anda perlu lakukan dari awal sampai akhir.


Cara mengganti kampas rem cakram mobil yang tepat diantaranya :
  • Sebelum membongkar, Anda pastikan bahwa mobil Anda dalam kondisi dingin. Kemudian Anda lepaskan pelek ban maka akan terlihat rotor dan juga kaliper. Jika sulit Anda bisa tendang pelek dengan perlahan.
  • Setelah dilepas, bersihkan dudukan dan permukaan rotor. 
  • Cek kondisi kampas rem habis atau tidak dengan Anda lihat pada lubang yang ada di tengah kaliper. 
  • Kemudian Anda lepaskan baut kaliper. Buka kaliper. Usai Anda buka, Anda bisa melihat kampas rem menempel pada bagian rotor. Kemudian kaliper terlihat ada piston yang menekan kampas rem cakram ini. 
  • Anda juga perlu tahu bahwa pada tiap kampas rem, biasanya sudah memiliki indikator untuk menunjukkan jika kampas rem sudah tipis. Dan indikator ini jika menyentuh rotor akan berbunyi berdecit. 
  • Letakkan kemudian 2 kampas rem pada dudukan dan jangan langsung dipasangkan karena tidak akan bisa. 
  • Untuk mengembalikan piston sulit dilakukan dengan tangan, Anda bisa coba dengan menggunakan klem penjepit kemudian Anda langsung bisa tekan piston sampai pada posisi yang Anda inginkan. 
  • Setelah silinder piston nantinya masuk kembali, kemudian Anda kencangkan atau pasang kembali kaliper pada dudukannya. Caranya hampir sama dengan sebelumnya lalu pasang roda kembali. 
  • Sebelum Anda gunakan bisa Anda lakukan pengetesan dengan menjalankan mobil dan coba rem apakah sudah pakem dan pastikan tidak ada yang kelainan. 

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba cara diatas untuk mengganti kampas rem cakram mobil Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil"

Posting Komentar