Pantai-Pantai Indah di Kulon Progo Jogja Yang Menarik Dikunjungi

Pantai-Pantai Indah di Kulon Progo Jogja Yang Menarik Dikunjungi - Keliling provinsi Yogyakarta tak lengkap jika tidak serta menjelajahi berbagai tempat wisata alam yang di sekitarnya, yaitu salah satunya di Kab. Kulonprogo. Lokasinya terletak di pesisir selatan dan barat Kota Yogyakarta, Kab. Kulonprogo. Pantai di pesisir selatan ini menyimpan alam wisata dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Keberadaan pantai di Kulonprogo ini memiliki keistimewaan. Di antara berbagai pantai lainnya adalah, kemudahan menjangkaunya lantaran tak harus direpotkan jalan penuh tanjakan dan tikungan. Hal inilah yang membedakannya dari pantai-pantai di Kulonprogo dengan pantai Gunungkidul yang memaksa wisatawan untuk menempuh pegunungan-pegunungan karang dan berpetualang melewati lembah-lembah yang berkelok. Oleh sebab itu, selain di Bantul, pantai di Kulonprogo bisa menjadi tempat alternatif bagi para traveler. Berikut ini pantai-pantai indah di Kulon Progo Jogja yang menarik dikunjungi.

1. Pantai Pasir Mendit 
Pantai Pasir Mendir : Sumber gambar: http://trevelsia.com

Di pantai ini terdapat hutan Mangrove Wana Tirta yang memiliki keindahan khas tanaman bakau yang asri. Jika kita datang dan parkir dari arah Kutoarjo, menuju ke pasir mendit akan melintasi tambak dan hutan mangrove yang cantik menarik. Banyak pula kepiiting kecil atau yuyu hidup di sini, akan terlihatselama melewati hutan mangrove ini. Lalu terdapat juga sungai payau yang mengharuskan kita menyeberangi jembatan yang unik dan indah, di mana banyak pengunjung yang berhenti sejenak untuk berselfie atau berfoto ria.

2. Pantai Kadilangu

Pantai Pasir Mendit , Kadilangu dan Pantai Congot memiliki nuansa alam yang mirip karena merupakan satu wilayah hutan mangrove Wana Tirta. Pantai ini merupakan suatu pantai yang menawarkan suasana romantis yang populer di kalangan muda. Selain tempat berselfie ria, di sini pengunjung juga menikmati suasana alamnya, juga keunikan jembatan berbentuk hati yang terbuat dari bambu yang letaknya di akhir jembatan mangrove.

3. Pantai Congot

Pantai Congot ini berada tepatnya di dusun pasir mendit, Jangkaran, Temon, Kulonprogo. Letak dusun pasir mendit ini berada di sebelah barat sungai bogowonto tetapi secara administratif masuk wilayah Yogyakarta. Pengunjung disarankan mengunjungi hutan mangrove pantai Congot pada sore hari sekitar jam 4, atau pagi sekitar jam 6.

Ketika siang hari di sini suasana di hutan mangrove pantai congot sangat panas dan masih minim tempat untuk berteduh. Sedangkan jika datang di sore hari pengunjung akan di suguhkan pesona sunset yang sangat indah mewarnai langit pantaiyang berpadu dengan keindahan hutan mangrove pantai selatan.

4. Pantai Glagah

Obyek wisata di Kab. Kulon Progo yang menarik dikunjungi adalah tempat wisata Pantai Glagah. Pantai Glagah yang merupakan salah satu pantai kulonprogo ini berbatasan dengan Samudera Hindia. Lokasi pantainya adalah sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta dan jika dari Kota Wates jaraknya sekitar 15 km. Wisata pantai di Kulon Progo ini sungguh potensial sekali untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi objek yang terkelola dengan baik. Selanjutanya kawasan ini akan dibangun bandara lokal dan internasional berikut fasilitas - fasilitasnya. Pantai Glagah ini selalu sajaramai dikunjungi oleh wisatawan baik mancanegara maupun lokal terutama saat akhir pekan atau liburan.

5. Pantai Bugel

Pantai Bugel merupakan pantai ketiga dari ujung barat di kawasan Panjatan Kulonprogo Yogyakarta yang biasa juga dijadikan tempat pelelangan ikan. Perjalanan ke Bugel dari pusat kota Jogja, butuh waktu sekitar lebih 1,5 jam mencapai pantai ini. Pantai bugel berada diantara Pantai Trisik dan Pantai Glagah Indah dengan fasilitas yang tersedia yaitu tempat parkir, tempat makanan dan kamar mandi.

Warna pasirnya yang hitam menjadi khas pasir besi dari pesisir pantai Jogja bagian barat. Jangan lupa jika mendatangi tempat ini persiapkan perlengkapan piknik sebelumnya. Karena letaknya yang pas berada di pinggir pantai cocok sebagai tempat piknik bersama keluarga di bawah teduhnya pepohonan cemara, dengan semilir angin pantainya yang membuai.

6. Pantai Trisik
Pantai Trisik yang merupakan pantai indah di Kulon Progo ini sudah terkenal dengan pemandangan alam berupa hamparan pantai yang luas dengan pasir berwarna hitam. Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo, yaitu salah satu sungai besar yang ada di Yogyakarta. Terdapat banyak perahu milik nelayan penangkap ikan, karena sejak dahulu dijadikan tempat transit perahu nelayan oleh warga setempat.
Pantai Trisik Kulon Progo Jogja || Sumber Gambar: http://www.ragamtempatwisata.com


Pada saat-saat tertentu pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung aktivitas para nelayan di tempat ini. Pantai Trisik memiliki keunikan yang khas suasana desa pesisir pantai yang masih terasabegitu kental. Pantai, rumah warga, gubuk-gubuk tempat menjual makanan dan jalan yang menghubungkan desa dengan kota terdekat. Tempat pelelangan ikan di sini merupakan salah satu objek ketika masuk di wilayah pantai ini, jika ingin mendapatkan ikan segar, tempat ini adalah jantung warga Trisik yang berprofesi sebagai nelayan.

Demikian ulasan mengenai pantai-pantai indah di Kulon Progo Jogja yang menarik dikunjungi. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar: 
  • http://trevelsia.com/wisata-dan-belajar-melestarikan-alam-di-hutan-mangrove-pasir-mendit-kulonprogo/
  • http://www.ragamtempatwisata.com/2013/06/panorama-alam-pantai-trisik-di-jogja-yogyakarta.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai-Pantai Indah di Kulon Progo Jogja Yang Menarik Dikunjungi"

Posting Komentar