Beberapa Mata Uang Digital Yang Berharga Selain Bitcoin

Mata Uang virtual diciptakan untuk tujuan yang berbeda-beda, fitur teknologi blockchain dapat digunakan untuk beberapa hal seperti untuk tujuan transaksi mata uang virtual yang lebih mudah ataupun untuk tujuan lain seperti Aeeron (Institusi Penerbangan) yang menerapkan teknologi blockchain sebagai alat untuk bertukar informasi yang aman, sehingga kecelakaan yang disebabkan oleh misskomunikasi bisa diminimalkan.

Beberapa Mata Uang Digital Yang Berharga Selain Bitcoin

Seperti yang kita ketahui pada tahun-tahun terakhir ini Mata Uang kripto / digital yang menjadi trending adalah Bitcoin karena pertumbuhannya yang sangat pesat sampai 400% dalam tahun ini saja, titik tertinggi dan termahal bisa dicapai oleh Bitcoin yaitu sebesar $5000 atau sekitar 65 juta rupiah per 1 Bitcoin.

Apakah ada mata uang digital lain selain Bitcoin yang juga ramai diperdagangkan?

Berikut kami rangkum Beberapa Mata Uang Digital Selain Bitcoin :

1. Ether

Ether atau biasa disebut dengan Ethereum. Mata uang selain bitcoin satu ini merupakan mata uang virtual paling bernilai setelah bitcoin, Ether sangat mirip dengan bitcoin, pada tahun 2017 ini nilai Ether pun melesat jauh meskipun belum bisa setara dengan Bitcoin, namun menurut peringkat yang kami ambil dari CoinGecko, Ether menduduki peringkat kedua setelah Bitcoin.

Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin, Ia meniru platform kripto bitcoin kemudian memodifikasinya dan menciptakan platform baru.

Ether juga menggunakan teknologi blockchain, semacam buku besar yang mencatat transaksi yang dilakukan pada jaringan desentralisasi yang bersifat publik dan tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah manapun.

Ether di perkenalkan pada mei 2013, pada saat itu penciptanya masih berumur 19 tahun, beberapa cara mendapatkan Ethereum pun hampir sama dengan Bitcoin yaitu :

Dengan membelinya di Penjual Ether Online (Seperti Bitcoin.co.id)
Dengan “Menambang”, dalam hal ini kita menggunakan piranti perangkat lunak untuk memecahkan masalah matematika.

Harga Ether saat ini memang tidak se-fantastis harga bitcoin yang pernah mencapai Rp. 65 Juta per 1 Bitcoin, Harga Ether sekarang sekitar Rp. 2,5 Juta (Bitcoin.co.id).

2. Litecoin

Nilai Litecoin / Bitcoin adalah 0.006 BTC, atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 50.000 Per 1 Litecoin, memang harganya hampir bisa disebut sangat murah, namun proses penambangannya pun bisa dibilang lebih mudah dari pada Ether dan Bitcoin, Litecoin biasa disingkat sebagai LTC.LTC juga menggunakan teknik cryptocurrency untuk melindungi proses transaksinya, LTC muncul pertama kali pada tahun 2011 sedangkan penemu / pembuatnya tidak diketahui.Anda dapat menambang Litecoin dibeberapa tempat yang disediakan sebagai contoh di f2pool.com.Perangkat yang bisa anda gunakan untuk menambang Litecoin adalah Kartu Grafis (Scrypt) seperti ATI Radeon.

3. Monero

Mata uang digital selain Bitcoin yang terbaru adalah Monero, monero disingkat dengan nama XMR, mata uang tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas dengan Bitcoin, salah satunya dalam jaringan bitcoin bisa melihat seluruh transaksi yang terjadi, seperti alamat pengirim, alamat penerima, jumlah transaksi dan detail lain dapat dilihat di blockchain.info, tidak seperti monero, tidak ada detail yang bisa dilihat kecuali seizin user / pemilik akun monero , semua informasi bersifat rahasiha dan disembunyikan oleh teknologi RingCT.Fitur-Fitur Monero :
  • Privasi (RingCT) : Fitur ini membuat isi dompet dan semua detail dalam akun monero kita tidak dapat dilihat orang lain kecuali kita mengijinkannya.
  • Fungibility (RingCT) : Fitur ini memungkinkan kita untuk mengetahui asal dari uang yang kita terima, bukan hanya dari tangan pertama saja, tapi semua detail yang terjadi pada uang tersebut, jadi keamanan ganda dapat kita peroleh, money laundring juga tidak bisa terjadi pada XMR.
  • Keamanan (Cryptonote) : Fitur ini sama seperti fitur yang dimiliki Bitcoin (kriptografi blockchain), selain itu monero juga terus menutup celah keamanan yang ada.
3. Ripple

Mata uang ini serupa dengan Bitcoin, satuan dari Ripple adalah XRP, Ripple memungkinkan para penggunanya untuk mengirim, menerima, menjual ataupun membeli berbagai mata uang tanpa harus keluar biaya tambahan.Ripple memiliki teknologi yang bisa support dengan berbagai mata uang negara didunia, juga tujuan Ripple adalah untuk menghubungkan semua jenis transaksi seperti Paypal, Mastercard, dan transaksi lain agar bisa terintegrasi.Ripple mulai diadaptasi oleh bank-bank besar dunia seperti Fidor Bank, GSR Markets, dan Saldo.MX, bank-bank tersebut mulai mengambil teknologi Ripple untuk memudahkan pengiriman mata uang negara / remittance, dan untuk memudahkan para penggunanya untuk mengembangkan bisnis mereka dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh Ripple.

5. Dogecoin

Mata uang ini mulanya dibuat hanya untuk “Joke/Lelucon” Belaka, untuk kecepatan menambang Dogecoin memang berbeda dengan Bitcoin, Dogecoin sangat mudah dan cepat ditambang, akan tetapi nilai untuk penukarannya sangat murah, hanya 3 Rupiah per 1 Dogecoin atau hanya dihargai 0,00000046 BTC per 1 Dogecoin. Kecil banget kan?Meskipun nilainya kecil, tapi penambangan yang cukup mudah membuat peminat Dogecoin semakin bertambah.

6. Dash

DASH memiliki sistem dua tingkat jaringan, ini adalah inovasi baru dalam dunia kripto.

Nilai dari Dash sendiri memang tidak sebesar Bitcoin, hanya sekitar $3 Sampai $5.3, akan tetapi ada cara selain menambang dan membeli Dash, yaitu kemungkinan mendapatkan Koin Dash dengan Masternodes (Salah satu node jaringan terpercaya yang mempercepat transaksi hingga sekitar beberapa detik saja).

DASH sebelumnya bernama DarkCoin, nama DarkCoin sangat lengket dengan pasar underground, jadi penemu DarkCoin merubahnya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Berikut di atas adalah beberapa mata uang digital selain bitcoin yang saat ini sedang booming di cari-cari oleh orang yang gemar investasi kripto. Mungkin mata uang ini semakin meningkat penggemarnya dalam beberapa waktu ke depan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Mata Uang Digital Yang Berharga Selain Bitcoin"

Posting Komentar