Cara Cerdas Memulai Investasi Bagi Pemula

Cara Cerdas Memulai Investasi Bagi Pemula - Investasi, tentu kita semua sudah hafal dan paham mengenai kata tersebut, meskipun terlihat simple, ternyata investasi juga membutuhkan beberapa hal yang perlu dicermati dan dipahami sebelum kita terjun menjadi investor.

Menurut wikipedia, investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Artinya, berinvestasi, berarti kita menanamkan sejumlah dana ataupun mengajarkan suatu ilmu yang bertujuan untuk mengharap mendapatkan hasil dan keuntungan dimasa yang akan datang.
Tapi perlu diingat, bahwa melakukan investasi bukanlah hal yang mudah dan tidak beresiko. Menanamkan modal (terutama dana) dalam suatu bidang haruslah cermat dan membutuhkan kecerdikan dan insting yang tajam agar kedepannya benar-benar dapat menguntungkan bagi kita selaku investor.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang perlu dipahami oleh pemula sebelum terjun menjadi seorang investor agar siap secara mental jika ingin melakukan investasi di sejumlah instrumen investasi yang akan dipilih.

1. Memahami tujuan investasi

Yang pertama yang harus dilakukan adalah, kita harus pahami betul apa tujuan kita dalam berinvestasi. Ambil secarik kertas, kemudian buat tujuan kedepan dari investasi yang akan anda lakukan. Misalnya anda berinvestasi untuk kedepannya membeli rumah, maka yakinkan diri dan tetapkan tujuan tersebut.

2. Jangan menunda Rencana Investasi

Apabila anda sudah yakin, dan rencana plan tujuan investasi sudah anda buat, maka tahap selanjutnya adalah jangan menunda-nunda untuk melakukan investasi. Investasi diusia yang lebih muda akan lebih bagus dibanding memulai investasi disaat umur sudah tua. Meskipun begitu, umur tua juga tidaklah penghalang untuk memulai melakukan investasi.

3. Tentukan Target Investasi

Berani merancang blue print target yang ingin dicapai dalam investasi adalah salah satu poin penting yang dapat membuat anda lebih percaya diri dalam berinvestasi. Blue print juga dapat menjadi salah satu motivasi untuk lebih bersemangat dalam berinvestasi. Misalnya, anda merencanakan pencapaian 40% kenaikan investasi pada semester awal, maka dari sekarang haruslah dilakukan perancangan untuk mencapainya.

4. Tentukan type investasi yang sesuai dengan diri anda

Anda harus paham akan diri anda sendiri, hal ini penting, karena saat menentukan jenis investasi yang memang cocok bagi diri anda, anda akan mendapatkan nilai plus, dibanding anda memasuki jenis investasi yang tidak relevan atau sesuai dengan diri anda. Misalnya, jika anda seorang yang memang berani mengambil resiko tinggi, maka investasi bentuk saham adalah cocok, namun sebaliknya, jika anda bukanlah orang yant terlalu berani mengambil resiko besar, maka jenis investasi model saham sebaiknya dihindari, dan ambil jenis investasi berbentuk deposito adalah yang paling cocok.

5. Selalu Belajar 

Selalu belajar mengenai investasi yang anda terjuni adalah poin utama untuk memicu percepatan dalam berinvestasi. Belajar dan terus belajar, itu salah satu cara terbaik menghindari kerugian dalam berinvestasi. Bertanya pada orang yang sudah berpengalaman adalah salah satu cara belajar yang sangat efisien dan terbukti lebih ampuh untuk mengamankan investasi anda, karena orang yang sudah berpengalaman tentunya secara praktek telah mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan harus dihindari oleh seorang investor.Seorang investor selalu belajar, untuk mengetahui apa rahasia orang kaya yang tambah kaya dalam bernvestasi.

Nah, lima hal diatas adalah tips aman dan ampuh untuk seorang investor pemula, yang ingin mengembangkan kemampuan dan dananya didunia investor.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cerdas Memulai Investasi Bagi Pemula"

Posting Komentar