Cara Cerdas Mengatur Keuangan

Cara Cerdas Mengatur Keuangan - Perkembangan jaman dan teknologi tak pelak menjadi salah satu sebab meningkatnya kebutuhan hidup dan biaya hidup sehari-hari. Saat ini tidak hanya kebutuhan pangan dan papan serta sandang yang menjadi prioritas kita. Kebutuhan akan komunikasi, handphone android dan pulsa bisa dianggap menjadi kebutuhan kita sehari hari. Perlu kita ketahui, sebesar apapun penghasilan yang kita dapat dan kita peroleh, tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita apabila tidak ada pengaturan keuangan yang jelas dan tepat.

Pengaturan keuangan yang bagus dan cerdas akan mampu menyelamatkan biduk kehidupan kita sehari hari yang dapat menghindarkan kita dari jurang hutang yang seringkali menjadi salah satu cara untuk menutup kebutuhan kita disaat kita tidak mempunyai uang.
Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat yang bertujuan untuk mengatur keuangan kita agar kita dapat dengan nyaman menggunakan uang yang kita miliki serta tidak kehabisan “bensin” saat tengah bulan maupun akhir bulan.

Buat Tujuan Keuanganmu. 
Dengan mempunyai planning dan tujuan tertentu dalam mengelola keuangan, maka akan membuat kita lebih fokus dalam menyusihkan dan mengatur dana yang kita miliki serta tidak mudah mengeluarkan uang untuk hal hal yang kurang penting.

Susun Rencana Pengeluaran bulanan.

Untuk dapat mengoptimalkan gaji atau pendapatan yang kita peroleh, alangkah baiknya kita sudah mempunyai susunan rencana pengeluaran selama satu bulan kedepan.  Hal ini bermanfaat untuk menghindari terjadinya kehabisan uang pada saat akhir atau bahkan pertengahan bulan.

Hindari belanja sesuatu yang tak penting
Dengan mempunyai planning dan tujuan tertentu dalam mengelola keuangan, maka akan membuat kita lebih fokus dalam menyusihkan dan mengatur dana yang kita miliki serta tidak mudah mengeluarkan uang untuk hal hal yang kurang penting.

Catat Pengeluaran Dua Minggu Terakhir Sebelum belanja
Catatan mengenai belanja pada awal bulan dapat membantu kita dalam berbelanja sesuatu yang memang penting dan harus dibeli. Dengan adanya catatan belanja dua minggu terakhir, kita dapat menentukan apa – apa saja barang yang sebenarnya tidak perlu kita beli lagi. Hal ini akan dapat menghemat pengeluaran belanja kita saat kita berada di pasar swalayan atau departemen store.

Boleh Berhutang, tapi dengan Syarat yang ketat
Mungkin saat ini memang kita masih belum bisa melepaskan diri dari hutang. Meskipun idealnya harusnya kita berupaya keras untuk menghindari hutang. Meskipun demikian, kita sebaiknya membuat aturan dimana kita dapat dan boleh berhutang untuk hal hal yang memang bermanfaat dari segi investasi Dengan mempunyai planning dan tujuan tertentu dalam mengelola keuangan, maka akan membuat kita lebih fokus dalam menyusihkan dan mengatur dana yang kita miliki serta tidak mudah mengeluarkan uang untuk hal hal yang kurang penting.

Minta Kenaikan Gaji atau Cari Perusahaan lain yang berani bayar lebih
Mungkin kita merasa pengaturan uang sudah tepat, namun masih saja mengalami kekurangan, mungkin jumlah pendapatan anda yang terlalu kecil. Nah, bila ini yang terjadi, maka sebaiknya ajukan atau minta kenaikan gaji kepada pimpinan atau bos kita, bila perlu coba searching lagi barangkali ada perusahaan yang mau memberikan gaji yang lebih kepada kita. Cara ini harus kita lakukan apabila kita memang mendapat gaji yang kecil, sementara kita sudah memberikan yang terbaik kepada perusahaan tempat kita bekerja.

Apabila enam hal tersebut diatas anda lakukan dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan anda akan mempunyai kehidupan yang nyaman dengan aturan finansial yang cukup akurat serta terjadinya “kehabisan bensin” ditengah bulan dapat diatasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cerdas Mengatur Keuangan"

Posting Komentar