Cara Memaster Burung Yang Benar

Cara Memaster Burung Yang Benar - Pada dasarnya semua jenis burung sudah memiliki materi & abjad kicauan masing-masing. Dialam liar biasanya kita mendengar bunyi burung yang beragam mulai dari nada sedang bahkan bunyi kicauan yang bernada lantang, namun berbeda dengan para pemain & penghobi burung berkicau, dimana ia mencari cara semoga burung yang mereka pelihara memiliki bunyi yang beragam & cara tersebut dikenal oleh semua kalangan dengan istilah memaster ibarat kita ketahui bahwa diarena lomba burung berkicau yang di nilai para juri bukan duduk perkara postur, keindahan sangkar, kecantikan burung dll tapi yang dinilai para juri adalah burung yang memiliki kualitas bunyi yang baik & juga beragam.
Cara memaster burung yang benar

Cara memaster burung yang diterapkan oleh semua kalangan bermacam-macam, mulai dari menggunakan materi masteran burung asli & ada juga yang memakai media elektronik, namun yang paling banyak digemari adalah menggunakan media elektronik, dengan alasan selain mudah digunakan, hemat biaya & kawasan juga tanpa ada perawatan khusus sebagai mana halnya memakai burung asli untuk masteran. Untuk yang sudah berpengalaman & para pemain senior sudah tentu paham & mengerti cara yang benar memaster burung berkicau memakai media elektronik, namun berbeda untuk para pemula yang sebagian besar dari mereka yang cenderung salah akan hal ini.

Belakangan ini banyak yang bertanya mengenai burung yang dimaster belum mampu memalsukan atau belum mampu membawakan lagu dari bunyi burung masteran padahal sudah di terapkan rutin setiap harinya. & balasan dari semua itu tentu cara pemasteran yang diterapkan masih belum memenuhi syarat yang benar, & juga belakangan ini banyak penjelasan yang keliru perihal cara memaster, dimana banyak yang menjelaskan bahwa burung yang akan dimaster harus dalam kondisi ngurak & ketika masih kecil atau masih anakan. Semua pernyataan tersebut kami anggap keliru & tidak patut kita jadikan contoh, alasannya pada dasarnya kita boleh menerapkan pola pemasteran kepada burung kita tanpa memandang umur & kondisi burung tersebut.

Disini kami akan menjelaskan beberapa cara sederhana cara memaster burung, kicauannya memakai media elektronik untuk para pemula yang masih belum benar menerapkan hal ini. Cara ini bertujuan semoga para pemula mampu membandingkan dengan cara yang sebelumnya sahabat terapkan & selanjutnya berdampak pada bunyi burung masteran mampu terekam & dibawakan dengan baik oleh burung kicauan masing-masing. Syarat mutlak dari cara ini sahabat harus memiliki alat elektronik yang akan kita pakai sebagai masteran. Alat tersebut mampu berupa handphone yang mendukung mp3, VCD atau DVD, sound aktif kecil yang sudah banyak dijual di toko elektronik & boleh sahabat pakai alat berupa apa saja, intinya mampu memutar bunyi burung mp3. Jika alat itu sudah sahabat siapkan atau ada sebagian yang masih belum, maka aku anggap sudah siap akan syarat di atas.

Ok sahabat kita lanjut ke cara memaster memakai media elektronik yang benar, mari disimak baik-baik & baca artikel ini hingga habis ya.

Pertama pemilihan materi lagu yang akan kita masterkan ke burung kita harus sesuai dengan harapan & juga memiliki unsur yang berkualitas pada umumnya. Jangan memakai bunyi lagu burung yang tidak bagus atau tidak sesuai alasannya akan berdampak buruk dikemudian hari. Biasanya burung yang sudah merekam & sudah mampu membawakan lagu masteran dengan baik maka akan sulit lagi kita untuk menghilangkan lagu yang tidak sesuai harapan tersebut.

Yang terpenting lagi tidak usah terlalu ambisi & terlalu berlebihan, awal dari cara memaster yang baik adalah satu burung kita didik dengan lagu isian maksimal 4 lagu terlebih dahulu & harus sesuai abjad yang masuk kategori baik pada arena lomba & sesuai dengan harapan kita. Misal kita mau memaster burung Cendet semoga mampu dibawa kelapangan & juga ngotot dikala berkicau jadi kita cari materi lagu yang baik untuk Cendet tersebut sebanyak 4 lagu terlebih dahulu, misal bunyi burung gerja tarung, kenari, lovebrid & Cucak jenggot. & kita wajib fokus terlebih dahulu pada 4 materi lagu isi tersebut.

Waktu yang paling efektif dikala memaster dimana burung tersebut dikala lagi beristirahat, misal pada waktu istirahat siang & istirahat malam. Suasana yang hening & pemakaian kerodong perlu kita terapkan lalu sahabat putar lagu mp3 yang sudah menjadi pilihan sahabat dengan Volume pelan tidak usah terlalu kencang, semoga burung mampu merekam dengan baik tanpa merasa terganggu. Intinya burung yang kita master mampu mendengar semua isi dari materi lagu tersebut tanpa Volume yang terlalu kencang atau berlebihan. Jangan selalu merubah materi isian selama burung yang kita master masih belum mampu membawakan lagu yang dari awal sudah kita perdengarkan. Karna hal ini akan membuat burung semakin merasa kebingungan & cenderung kurang faseh ketika ada sebagaian yang mulai terekam.

Usahakan fokus pada 4 lagu isian yang pertama sudah kita siapkan sebelumnya hingga benar-benar sudah terekam baik & sudah mampu dibawakan dengan faseh oleh burung kita, intinya kita pantau kesehariannya bila ke 4 lagu tersebut sudah terekam dengan baik maka kita boleh mengganti materi lagu dari yang semula ke lagu materi yang gres namun jangan semuanya yang harus kita ubah, cukup 1 atau 2 saja terlebih dahulu. & kita jangan terlalu ambisi & bertujuan secara instan alasannya proses ini sangat memakan waktu & kesabaran yang cukup lama, & perlu kita simpulkan bahwa dari hal ini kita tidak usah memandang umur dari burung yang akan kita master & juga harus menunggu burung ngurak atau rontok bulu terlebih dahulu untuk menerapkan proses pemasteran, alasannya proses pemasteran boleh kita terapkan kapan saja asal sudah mengerti caranya yang benar ibarat yang sudah aku jelaskan diatas.

Kualitas bunyi dari media elektronik juga sangat menentukan, jadi jangan memakai alat elektronik yang rusak atau kurang baik semisal bunyi yang keluar cenderung cempreng atau ngeprek. Karena hal tersebut bila sudah terekam kepada burung kita maka kualitas suaranya juga kurang baik bila didengar.

Demikian Artikel dari kami ini, semoga dapat bermanfaat untuk para sahabat hobiku semua, salam sukses selalu...

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memaster Burung Yang Benar"

Posting Komentar