Ini Hal yang Harus Dimiliki CEO Startup Agar Sukses

Hal yang harus dimiliki CEO startup agar sukses – Apabila Anda memang ingin membangun sebuah bisnis startup baru, maka dapat menjadi saat ini adalah saat yang paling tepat. Mengapa demikian? Sebab sekarang ini ekosistem startup di Indonesia memang sedang alami perkembangan yang sangat luar biasa, yang pastinya juga ditopang dengan potensi pasar yang masih terbuka luas. Sekarang ini juga sudah mulai banyak bermunculan beberapa startup yang telah digawangi secara langsung oleh anak – anak muda asli Indonesia.
Apabila Anda adalah seorang CEO startup baru, rasanya tidak salah juga jika Anda ambil pelajaran dari para CEO startup yang sudah terlebih dulu raih kesuksesan di Indonesia. Pastinya dengan segudang pengalaman yang telah mereka peroleh akan sangat membantu Anda di dalam mengembangkan startup Anda tersebut. Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dimiliki CEO startup agar sukses.

Hal yang Harus Dimiliki CEO Startup Agar Sukses

Membenarkan mindset lebih dulu

Sebelum akhirnya Anda mendirikan bisnis startup, Anda harus siapkan berbagai persiapan dengan benar. Maksudnya di sini adalah dalam proses pendirian startup, tak hanya harus berfokus kepada pendanaan saja. Akan tetapi lebih dari itu, Anda sebagai CEO yang akan kelola startup harus mempunyai pola pikir yang baik dan benar. Pola pikir yang tepat serta harus dipegang oleh seorang CEO ini adalah apa yang Anda kerjakan adalah salah satu bagian dari solusi masyarakat. Jadi, harus Anda tekankan di sini bahwa startup Anda tak hanya mengenai uang, akan tetapi lebih dari itu.

Startup tak harus di Jakarta 

Sekarang ini, ekosistem yang dukung perkembangan bisnis startup di Indonesia sudah mulai tersebar tak hanya di Jakarta saja, akan tetapi kota – kota besar lainnya seperti Badung, Yogyakarta, dan Surabaya kini sudah mulai memiliki potensi yang sama di dalam perkembangan startup. Akan tetapi demikian, apabila Anda tak ada di kota besar tersebut, Anda juga tak perlu yang terlalu khawatir, sebab lokasi asal startup ini bukanlah satu – satunya kunci dari kesuksesan bisnis startup itu sendiri.

Wanita dan seseorang yang tak lulus kuliah bisa jadi CEO handal

Jadi CEO startup memang bukanlah perkara mudah, akan tetapi tak berarti Anda tidak bisa jadi seorang CEO startup. Kesuksesan jadi CEO ini tak bergantung pada gelar akademis mereka. Pun demikian juga tidak bergantung dari status gender mereka, wanita dan juga pria mempunyai kesempatan yang sama besarnya untuk jadi CEO handal.

Tidak perlu memiliki banyak pegawai dulu

Startup baru memang tak perlu memiliki pegawai banyak terlebih dulu. Sedikit pegawai dulu juga tak jadi masalah, yang paling penting di sini adalah memiliki kualitas. Menurut Steve CEO sekaligus founder KebunBibit mengatakan bahwa dulu ia mengembangkan startup miliknya hanya dibantu oleh 4 orang saja, akan tetapi mereka mempunyai skill yang sangat baik dalam beberapa bidang.

Tak perlu takut miskin 

Ini ada kaitannya dengan poin pertama, bagi startup baru, jangan pernah merasa takut tidak mendapatkan keuntungan. Motivasi Anda di dalam membangun startup adalah untuk jadi bagian dari solusi masalah yang sedang ada di masyarakat. Jadi, pada saat Anda mendapatkan keuntungan tersebut, anggap saja itu hanyalah bonus.

Demikian tadi informasi tentang hal yang harus dimiliki CEO startup agar sukses. Semoga saja informasinya bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Hal yang Harus Dimiliki CEO Startup Agar Sukses"

Posting Komentar