Jenis-jenis Kolibri Ninja KONIN

Jenis-jenis Kolibri Ninja KONIN - Kolibri ninja ialah keluarga burung pemakan madu atau nektar yang banyak ditemukan didaerah Indonesia. koibri merupakan burung yang arif bernyanyi dan menirukan bunyi burung lain. Dalam postingan kali ini aku akan menjelaskan wacana jenis-jenis kolibri ninja di Indonesia. Kolibri ninja ada tiga jenis yang ditemukan yaitu kolibri ninja, kolibri ninja hitam, dan king kolibri ninja. Dibawah ini aku akan menjelaskan secara singkat wacana ketiga burung tersebut.

Kolibri Ninja

Berjulukan latin leptocoma sperata atau purpple throuth sunbird dalam bahasa inggrisnya. diindonesia lebih dikenal dengan nama : kolibri tasik didaerah jawa barat; diderah solo dan sekitarnya lebih dikenal dengan kolibri raja. konin terkenal dengan keindahan bulunya yang berwarna-warni dan pintar bernyanyi dengan huruf fighter. bunyi burungh konin tidak keras dengan ciri khas siulan ngerik dan crecetan.
  • penyebaran : kolibri ninja ditemukan di asia diantaranya india timur, filiphina, semenanjung malaysia, sunda besar, nusa tenggara, dan sulawesi. 
  • habitat hidup : Menyukai kawasan pinggir hutan dengan ketinggian 200m dpl atau banyak ditemukan di dalam hutan menyerupai hutan karet, hutan pantai dan hutan dataran rendah. mereka biasa hidup sendirian atau berpasangan. 
  • ciri-cira jantan betina : jantan memiliki warna metalik dengan topi berwarna hijau metalik, tenggorokan berwarna ungu dengan dada merah/coklat/abu-abu, dengan dominasi warna hitam diseluruh tubuh. sedangkan betina lebih banyak didominasi berwarna abu-abu.

konin
Kolibri Ninja
Kolibri madu dada hitam

berjulukan latin leptocoma sericea dan dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan black sunbird.berukuran kecil (11 cm). bernada bunyi tinggi dengan bunyi menyerupai kolibri kalung cokelat.

  • penyebaran : di pulau-pulau kecil sulawesi, papua dan maluku dan hingga bismarck. 
  • habitat : dapat ditemukan tepi hutan, kebun dan hutang mangrove, tetapi tidak ditemukan didaerah hutan bab dalam. 
  • ciri-ciri jantan betina : Berwarna hitam dengan kilauan metalik warna ungu dan dan biru. betina berwarna abu-abu dengan dada berwarna kuning pucat.

Konin dada hitam
Black Sunbird
King konin

berjulukan latin leptocoma calcostetha berbahasa inggris copper-throated sunbirds. berukuran sedang 13 cm dengan bunyi keras dan dalam.

  • penyebaran : Sumatra, palawan, sunda besar dan semenanjung malaysia. 
  • habitat : banyak ditemukan di hutan mangrove dan pohon kelapa dipsesisir pantai dan pucuk pohon cemara. 
  • ciri-ciri jantan betina : jantan bab atas berwarna hitam dengan hijau mengkilap, dada ungu, dan leher berwarna tembaga dan biru disisinya. sedangkan betina berwarna abu-abu, punggung berwarna hijau zaitun dan leher berwarna putih.

king kolibri ninja
King Konin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-jenis Kolibri Ninja KONIN"

Posting Komentar