Tips Berternak Burung Kenari Bagi Pemula

Ketika berternak burung kenari, sahabat dapat memperoleh pengalaman berharga. Selain hobi, memelihara burung pun tersalurkan dan sahabat memperoleh keuntungan berdasarkan hasil penjualan untuk anakan burung nantinya. Tak sedikit orang yang penasaran termasuk saya sendiri, alasannya burung kenari ini memiliki nilai tersendiri dan mempunyai bunyi hampir penghobi burung berkicau menyukainya.

Tips berternak burung kenari bagi pemula

Burung kenari ini menjadi sejenis burung yang banyak digemari dan termasuk jenis burung favorit sepanjang masa. Nah, untuk sahabat yang penasaran mengenai bagaimana cara berternak burung kenari ini dan tentunya bagi pemula, ada beberapa tahapan penting yang perlu sahabat perhatikan. Berikut ulasannya:
Baca Juga: Cara Berternak Burung Cucak Ijo
1. Kenali usia burung kenari
Tips berternak burung kenari bagi pemula yang pertama yaitu mengenali usia dari burung itu sendiri yang akan dijodohkan. Sebab faktor usia sangat menentukan kesuksesan berternak burung kenari ini. Adapun usia yang paling sempurna untuk dapat mengawinkan, kenari betina yaitu sekitar usia 6 bulanan, sementara untuk kenari jantan 8 bulanan. Untuk mengenali masa burung kenari betina dan jantan sahabat mampu melihat ciri-cirinya.

Adapun ciri-ciri dari kenari betina dan jantan yaitu ukuran badan kenari jantan cenderung lebih ramping dibandingkan betina, usia 1,5 bulan pada jantan sudah ngeriwik sementara betina tidak. Jika kenari berilmu balig cukup akal maka suaranya akan terdengar lebih keras dan nyaring, serta anus jantan jikalau dilihat akan lebih menonjol dibandingkan betina. Ini merupakan hal terpenting sebelum sahabat melaksanakan ternak burung kenari dan tentunya bagi pemula.

2. Persiapkan kandang

Tips berternak burung kenari kedua bagi pemula yaitu dengan mempersiapkan kandangnya. Untuk sangkar kenari dianjurkan sangkar tersebut menempel pada tembok, lalu usahakan biar tempatnya aman terhadap gangguan ibarat tikus dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa memperlihatkan lampu penerangan biar tetap hangat.

Untuk mencegah sangkar atau sarang burung kenari diserang oleh semut, maka sahabat dapat memakai obat anti semut ibarat kapur ajaib. Bisa juga jikalau sangkar tak menempel pada tembok ataupun sangkar memiliki kaki, mampu disiasati dengan memakai Oli lalu dioleskan pada kaki-kaki sangkar burung kenari itu. Hal itu tentunya biar berternak burung kenari bagi pemula pun berjalan dengan baik.

3. Tahap perjodohan
Tips berternak burung kenari bagi pemula yang selanjutnya yakni perjodohan. Adapun cara tersebut dapat dilakukan melalui perkenalan yakni menempatkan kedua indukan kenari untuk dijodohkan pada daerah berbeda dan disimpan secara berdekatan biar mampu melihat bagaimana persiapan kedua burung indukan kenari ini. Dalam proses perjodohan tersebut dibutuhkan burung betina dan jantan selalu didekatkan atau di rapatkan penyimpanannya sampai kenari tersebut benar-benar siap dikawinkan.
Perlu diingat: Dalam perawatan burung kenari juga harus memperhatikan dukungan pakan dan kebersihan kandangnya!

Semoga Tips Berternak Burung Kenari Bagi Pemula ini dapat bermanfaat bagi sahabat yang ingin membudidayakannya. Terimakasih dan sukses selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Berternak Burung Kenari Bagi Pemula"

Posting Komentar