Tips Mengatasi Over Birahi Burung Pleci

Tips Mengatasi Over Birahi Burung Pleci - Pada dasrnya burung pleci yang kita rawat dalam kandang senantiasa akan mengalami fase over birahi dan juga mampu penurunan birahi, burung pleci yang over birahi biasanya sangat mengganggu dalam suara/kicauannya apalagi bagi burung pleci lomba tentunya sangat mensugesti performanya di lapangan.
Mengatasi over birahi burung pleci

Dengan kondisi menyerupai ini burung pleci akan sulit untuk di andalkan di lapangan, birahi yang terlalu tinggi membuat burung pleci lomba akan ngaco dikala tampil, ketidak stabilan birahi yang membuat performanya menurun drastis dikala di gantangan yang biasanya bongkar isian, ngalas, ngerol jadi tidak keluar dikala over birahi menyerupai ini.

Berikut ciri-ciri burung pleci yang sedang mengalami over birahi :
  • Burung tidak mau diam, atau sering lompat-lompat tenggeran, gelisah dan mampu berprilaku agresif.
  • Burung sering menggetar-getarkan sayapnya sambil berbunyi. 
  • Jika bertemu atau di dekatkan dengan burung pleci lainnya ia cenderung bersuara ngeriwik sambil menggerak-gerakan kepala dan badannya.

Dengan kondisi burung pleci over birahi tentunya akan membuat gundah pagi pemiliknya.. hehehe... terutama saya sendiri

Setiap persoalan tentunya pasti ada solusinya, berikut solusinya jikalau burung pleci over birahi :
  • Rutin dimandikan baik dengan cara menyediakan kolam mandi di dalam kandang atau menyemprotnya pribadi menggunakan sepray. Sesekali terapi mandi malam.
  • Mengurangi extra fooding, terutama ulat hongkong dan kroto. 
  • Rutin memberi extra fooding berupa buah-buahan segar menyerupai pepaya, mentimun, jeruk, dan tomat. Buah-buahan ini mampu membantu mengurangi birahi pada burung pleci. 
  • Mendekatkan atau mengklonikan burung pleci yang sedang over birahi dengan burung pleci lain. Namun untuk sementara jangan dekatkan dulu dengan burung pleci betina, sebab hal ini mampu membuat burung pleci makin tergantung pada betinanya. 
  • Setelah mulai pertanda sikap perihal dan tidak menampilkan prilaku over birahi, maka burung pleci mampu di pisahkan lagi dari koloninya, dan mulai diberikan perawatan harian menyerupai biasanya.
Demikian ulasan ini saya sampaikan, biar Tips Mengatasi Over Birahi Burung Pleci ini dapat membantu para sahabat hobiku semua.

Tips Lain: Perbedaan pleci jantan dan betina

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Over Birahi Burung Pleci"

Posting Komentar