Trik Cara Membedakan Jantan Betina Bakalan/Trotolan Anis Merah

Salam kicau para master..

Dalam artikel kali ini aku akan menunjukkan trik bagaimana cara membedakan jantan betina anis merah yang masih trotolan. Artikel ini sengaja aku buat sebab untuk membedakan jantan betina burung ini sangatlah sulit. Banyak para kicau mania yang salah pilih sebab sulitnya membedakan jenis kelamin anis trotolan. Burung ini termasuk monomorfik sehingga jantan betina tidak dapat dibedakan secara kasat mata. Banyak para kicau mania memiliki patokan tersendiri untuk membedakan trotolan anis merah, namun tak sedikit dari mereka yang salah pilih.

Pada artikel ini aku menuliskan bagaimana cara membedakan anis merah trotolan atau bakalan dilihat dari sayapnya. sebab disayapnya terdapat perbedaan yang dapat dijadikan sebagai patokan asalkan bulu sayapnya tidak desmir atau dicabut oleh pedagang yang nakal. Dibawah ini aku jelaskan bagaimana cara membedakan trotolan anis merah :

anis merah
Anis Merah
  1. bercak/noda akan nampak pada bakalan anis merah betina hingga bulu sayap yang kelima (dimulai dari yang terdalam).
  2. untuk kasus AM diatas hanya terdapat pada helai bulu ke 2 saja. 
  3. di lapangan sering bulu ini dicabut dengan alasan bodol/mabung. 
  4. terkadang ada pedagang yang bandel menyemir bulu sayap AM biar terlihat hitam keseluruhan. namun mampu diantisipasi dengan air. 
  5. untuk melihat warna kekuningan mampu dibantu dengan sinar matahari.

Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Dan aku juga mengucapakan banyak terima kasih pada om Arda dan om Budi Purnama Bdg. semoga mampu membantu para kicau mania sekalian.

salam cit cit cuit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Cara Membedakan Jantan Betina Bakalan/Trotolan Anis Merah"

Posting Komentar