Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau, dapat menyembuhkan penyakit burung

Manfaat daun sirih untuk burung berkicau- Daun sirih yakni tanaman asli Indonesia, yang mulai turun menurun biasa dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai obat antiseptik tradisional untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Manfaat daun sirih bukan hanya untuk manusia, melainkan mampu juga kita manfaatkan kepada burung peliharaan. Seperti yang kita ketahui penyakit pada burung banyak disebabkan oleh virus, basil & jamur.

Ketiga hama tersebut pasti ada disekitar kandang jikalau kita jarang menjaga contoh kebersihan kandang pada burung tersebut. Namun timbulnya ke tiga hama tersebut bukan hanya di karenakan kita malas membersihkan kandang saja, melainkan ada juga pemicu lain semisal saling tukar kerodong, penukaran sangkar, saling tukar tempat pakan & akhir penyebaran lewat udara. Karna pada dasarnya ke tiga hama tersebut mudah menular & berkembang.

Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

Penyakit pada burung yang kerap dialami akhir hama di atas ialah kutuan, kaki bubulan & bunyi serak. Ketiga penyakit tersebut jikalau dibiarkan tanpa ada penanganan maka akan berdampak buruk bagi burung peliharaan kita kedepannya.

Burung yang terkena kutu -biasanya malas berkicau, kesehariannya burung selalu sibuk menggaruk-garuk badannya sehingga menimbulkan bulu rusak & rontok bukan pada waktunya. Burung yang terjangkit kutu juga merusak penampilannya, sehingga kurang cantik di pandang mata.

Kaki bubulan -pada burung memicu burung sulit untuk bertengger & selalu berada di bantalan sangkar. Jika dibiarkan saja lama-kelamaan akan menimbulkan kelumpuhan.

Sedangkan bunyi serak -pada burung akhir basil & jamur yang menyerang pada tenggorokan. Rasa sakit dikala burung berkicau akan membuat burung tersebut diam permanen apanila tanpa ada penanganan yang cepat.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengembangkan tips kesehatan bagi burung berkicau dengan materi utama daun sirih. Sebelum teman menerapkan alanhkah baiknya teman baca dengan teliti terlebih dahulu langkah-langkah yang akan kami sampaikan berikut ini:

PENYEMBUHAN BURUNG YANG KUTUAN

Siapkan 3 lembar daun sirih yang sudah renta dengan ciri-ciri warna hijau kecoklatan, kemudian teman basuh hingga bersih. Rebus 3 lembar daun sirih tersebut kedalam panci atau wadah merebus lainya dengan 3 gelas air bersih. Lamanya merebus usahakan hingga 5 menit selama air mendidih. Setelah tamat diamkan dulu hingga terasa dingin. Tuangkan air rebusan daun sirih kedalam sepray atau semprotan buat memandikan burung. Mandikan burung dengan air sirih tersebut dua kali dalam sehari (pagi & sore).

Jika burung sudah lembap kuyup namun air rebusan masih ada, teman mampu semprotkan pada kawasan kandang semisal jeruji, tangkringan & bantalan kandang semoga basil yang melekat pada kandang juga mampu hilang. Sobat tidak perlu kuatir jikalau air rebusan daun sirih terkena mata & terminum oleh burung, karena daun sirih banyak mengandung zat alami yang baik untuk kesehatan & juga tidak beracun bagi burung. Lakukan dengan rutin cara diatas semoga burung teman terhindar dari kutu & membuat bulu burung tumbuh dengan cantik kembali.

Jika teman memakai keramba untuk memandikan burung usahakan porsi daun sirih untuk campuran air di seimbangkan, misalkan teman mau mengisi air pada keramba sebanyak 10 gelas, maka daun sirih untuk campuran sebanyak 10 lembar.

PENYEMBUHAN KAKI BURUNG BUBULAN

Siapkan 6 lembar daun sirih & basuh hingga bersih semoga lebih higenis. Rebus ke 6 lembar daun sirih tersebut kedalam 1 gelas air. Lamanya perebusan di usahakan air dalam panci yang semula satu gelas hingga tersisa setengah gelas. Jika sudah tamat tuang pada wadah yang sudah teman siapkan, campurkan setengah sendok garam beryodium kemudian aduk hingga larut semuanya. Diamkan terlebih dahulu air rebusan daun sirih namun jangan hingga terasa dingin, melainkan hingga terasa hangat.

Cuci kaki burung sambil lakukan pemijatan lembut pada kaki burung yang bubulan tersebut dengan air rebusan daun sirih selagi masih hangat. Lakukan cara ini minimal satu kali dalam sehari hingga kaki burung benar-benar sembuh dari bubulan.

Dalam proses penyembuhan ini alangkah baiknya jikalau tangkringan dalam kandang basuh bersih setiap hari & diganti satu ahad sekali. Kelembaban kandang juga harus dijaga, setiap hari kandang selalu di jemur pada terik matahari eksklusif semoga tetap kering.

PENYEMBUHAN SUARA SERAK

Siapkan 4 lembar daun sirih, jahe sebesar ibu jari, 1 lembar daun mengkudu yang masih muda, kemudian basuh terlebih dahulu ke tiga materi tersebut. Rebus 2 gelas air bersih dengan besar api sedang, setelah mendidih tuangkan ketiga materi di atas namun sebelum di tuang jahe di peyet terlebih dahulu. Lamanya perebusan cukup 10 menit saja, jikalau sudah tamat tuangkan pada wadah & diamkan hingga dingin. Cara pertolongan pada burung usahakan memakai inisiatif semoga burung senantiasa meminumnya.

Misalnya: ketika burung lagi dijemur, satu jam sebelum burung mau digantang dalam ruangan air minum dalam kandang teman ambil terlebih dahulu. Intinya buat burung merasa haus kemudian boleh teman berikan air rebusan itu.

Perlu di ingat untuk inisisatif ini perlu teman pantau semoga burung tidak merasa dehidrasi berlebihan yang berakibat fatal.

Demikian artikel mengenai manfaat daun sirih untuk burung, semoga menjadi bermanfaat untuk para teman semua. Salam sukses selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau, dapat menyembuhkan penyakit burung"

Posting Komentar