Menjinakan Burung Cucak Ijo Bahan

Bahan burung cucak ijo hasil tangkapan hutan masih mempunyai rasa takut yang amat tinggi terhadap insan & tentu karna di dalam kandang juga, karna yang kita tahu di alam liar burung cucak ijo tidak pernah berintraksi, saat dipelihara mereka akan merasa ketakutan yang berlebih hingga membuat burung yang warna bulu hampir kesemua berwarna hijau ini giras.

Burung cucak ijo
Menjinakan burung cucak ijo hasil tangkapan dari hutan yang umumnya giras bukanlah perkara mudah, membuatnya menjadi jinak & hingga menjadi gacor butuh proses yang panjang & perawatan yang konsisten, kalau perawatan yang hanya asal-asalan akan menyebabkan stres pada burung itu sendiri hingga akan menambah permasalahan baru, & membuat burung malah tidak mau bernyanyi sama sekali.

Berikut ulasan membuat burung cucak ijo jinak & tentu biar ia mau bernyanyi

Baru pertama datang.

Setelah sobat membeli burung cucak ijo bakalan / materi dari pasar burung atau dari teman, letakan burung tersebut di kawasan yang damai biar burung cucak ijo merasa nyaman dulu, setelah keadaannya damai lalu siapkan kandang dan segala keperluannya, setelah burung dimasukan kedalam kandang jangan pernah sekali-kali merubah tangkringan & kawasan pakannya, biarkan burung mengikuti keadaan dan merasa nyaman dulu. T

Mempatkan burung di kawasan yang damai & udara yang sejuk, lakukan pengkrodongan biar keadaan semakin tenang, (buka kerodong kalau hanya menawarkan pakan), burung cucak ijo bakalan hutan muda ataupun bau tanah sangat rentan & sensitif, sehingga resiko stres sangat tinggi dengan perubahan di sekitarnya, stres pada burung cucak ijo bakalan/bahan sangat berdampak terhadap nafsu makannya & itu sangat tidak baik.

Terapi lapar.

Setelah cara di atas sekarang kita mulai ke penjinakan. Terapi lapar yakni membuat burung kelaparan dengan mencabut pakan & extrafoodnya, terapi lapar dilakukan dari sore hari sebelum burung dimasukan kedalam rumah, cabut semua pakan & EF (Extra Food) yang ada di kandang kecuali air minumnya, biarkan burung hingga esok pagi, saat pagi hari berikan extra food dengan cara menggunakan tangan atau lidi dengan asumsi biar burung mengenali sobat sebagai pemiliknya & biar terbiasa juga dengan manusia. Lakukan terapi tersebut dengan konsisten & kesabaran.

Memandikannya.

Memandikan burung cucak ijo di samping menjaga kesehatan bulu, mandi juga mampu dilakukan sebagai terapi penjinakan, terapi mandi dengan sekala cukup banyak, misalkan 2 kali sehari atau mampu juga di tambah jadi 3 kali sehari, dengan pemanis mandi malam. Dengan pemanis mandi burung akan merasa nyaman & mampu juga mendinginkan suhu tubuhnya.

Gantang burng di kawasan yang ramai.

Langkah selanjutnya yakni menggantang burung cucak ijo bakalan / materi di tengah keramaian tentu kalau burng sudah merasa nyaman atau damai pada sobat barulah kita kenalkan pada orang lain / insan biar burung tidak takut insan lagi dan ia akan tetap bernyanyi walau ada insan lain di dekatnya selain pada pemiliknya. Gantang burung di tengah keramaian atau di kawasan yang sering dilalui insan dan kendaraan, cara tersebut biar burung cucak ijo mampu beradaftasi dengan lingkungan sekitar manusia. Lakukan penggantangan di kawasan yang ramai setiap hari.

Demikian ulasan ini saya sampaikan wacana menjinakan burung cucak ijo bakalan dari hutan, semoga dapat membantu/bermanfaat bagi para sobat hobiku semua. Terimaksih...

Ada juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Capat Berkicau

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjinakan Burung Cucak Ijo Bahan"

Posting Komentar