Tips Membuat Benih Cabe Rawit Berkualitas

Tips Membuat Benih Cabe Rawit Berkualitas - Cabe adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang menjadi idola bagi banyak orang. Sekarang ini mungkin yang paling banyak dicari salah satunya adalah cabe rawit. Tetapi, dengan tidak stabilnya harga dari cabe saat ini membuat banyak masyarakat penyuka pedas kebingungan untuk mengantisipasi harga tersebut.

Oleh sebab itulah perlu adanya tindakan yang dapat menghemat pengeluaran dan tetap dapat mengkonsumsi cabe rawit. Salah satunya adalah dengan menanam cabe rawit sediri di rumah Anda.



Nah, bagi Anda yang ingin membudidayakan cabe rawit ini sendiri, tetapi tidak memiliki uang yang pas untuk membeli benihnya, alangkah baiknya Anda dapat membuat benih cabe rawit sendiri. Tetapi, didalam pembuatan benih cabe rawit harus berhati-hati, sebab kedepannya keberhasilan pembuatan benih akan menentukan juga hasil produksi cabe rawit yang dihasilkannya.

Untuk itulah dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk membuat benih cabe rawit yang berkualitas bagus dengan cara yang mudah. Penasaran seperti apa tipsnya? Simak dalam ulasan di bawah ini.

Tips dalam membuah benih cabe berkualitas


Untuk tanaman cabe yang ingin Anda buat sebagai indukan atau pun benihnya, sebaiknya mempunyai keseragaman dengan tanaman cabe yang lain, yang juga ingin dijadikan sebagai indukan. Keseragaman ini dimaksudkan berupa batang, bunga, buah, bentuk daunnya, serta yang lain sebagainya.

Kemudian lanjutkan dengan mengeliminasi atau pun membuang cabe yang tak sesuai dengan standart, yakni dengan pertumbuhan yang berbeda dengan lainnya. Anda juga harus mengusahakan perlakukan ini dapat dilakukan sebelum tanaman berbunga, supaya tak terjadi penyerbukan silang antar tanaman, sehingga akhirnya menghasilkan benih cabe yang kurang bagus.

Untuk tanaman cabe yang sudah terserang hama atau penyakit, ada baiknya Anda segera musnahkan. Rawatlah dengan baik tanaman cabenya dengan cara menyiram, menyiangi, dan memberikan pupuk.

Setelah tanaman berbuah silakan dipetik dan sayat cabenya jangan sampai kedalam, sebab hal ini dapat merusak benih cabe. Cuci biji cabenya dengan air hingga bersih, dan rendamlah kedalam air bersih.

Ambil biji cabe yang tenggelam dan buanglah biji cabe yang terapung, terakhir Anda bisa jemur benih cabe di bawah sinar matahari yang terik hingga kering.

Nah, itulah cara untuk mendapatkan benih cabe berkualitas, semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda untuk bisa membudidayakan cabe yang berkualitas bagus pula.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Benih Cabe Rawit Berkualitas"

Posting Komentar