Tips Membudidayakan Buah Kemiri

Tips Membudidayakan Buah Kemiri - Mungkin buat Anda mendengar nama kemiri ini sudah tak asing lagi. Kemiri yang merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang berasal dari Indonesia. Sayangnya kebanyakan dari tanaman kemiri ini tidak dirawat sesuai dengan kebutuhannya, hal yang demikian inilah yang menyebabkan panen yang dihasilkan hanya 2 kali didalam satu tahunnya.

Sedangkan apabila tanaman kemiri ini dirawat dengan baik dan benar, maka bisa dipanen sebanyak 3 kali didalam satu tahun. Selain hal tersebut buah kemiri ini mempunyai manfaat tubuh kita, yang mana dari biji buah kemirinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan juga rempah.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan tentang pembudidayaan buah kemiri yang benar. Penasaran seperti apa? Simak ulasan berikut ini.

Tips budidaya buah kemiri yang benar


Sesuaikan iklim yang pas untuk penanaman buah kemiri

Buah kemiri dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian sekitar 0 hingga 800 meter dari permukaan laut dan juga mempunyai curah hujan sekitar 80 hingga 110 hari untuk satu tahunnya.

Pilihlah media tanam yang sesuai

Buah kemiri tidak terlalu memilih untuk bisa ditanam pada tanah jenis apa, akan tetapi lebih baik jika Anda bisa menanamnya pada media tanam dengan tanah yang subur, supaya hasilnya bisa memuaskan.

Proses pembibitan buah kemiri

Untuk pemilihan bibit buah kemirinya, Anda bisa dapatkan dari proses penyemaian biji buah kemiri. Dimana proses semai ini juga harus Anda lakukan dengan sangat hati-hati, supaya bibit buah kemiri yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik pula.

Proses penanaman bibit buah kemiri

Bibit buah kemiri yang sudah Anda persiapakn dapat ditanama kemedia tanah, penanaman yang baik dapat dilakukan pada awal musim hijan. Setelah proses penanaman selesai saatnya untuk melanjutkan keproses pemeliharaan buah kemiri, dengan cara memberantas hama dan penyakit yang akan menyerang tanaman dengan cara membersihkan kondisi lahan, dengan proses penyulaman jika tanaman mati ketika baru ditanam.

Demikianlah ulasan yang dapat penulis informasikan kepada Anda semua tentang tips membudidayakan tanaman buah kemiri, semoga dapat menginspirasi Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membudidayakan Buah Kemiri"

Posting Komentar