Tips Membudidayakan Tanaman Jarak

Tips Membudidayakan Tanaman Jarak - Jarak adalah salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Pada saat awalnya tanaman jarak ini dianggap sebaga gulma yang hanya dapat mengganggu tanaman lainnya. tetapi, seiring dengan berjalannya waktu dan juga berkembangnya teknologi, mulai ditemukan sebuah manfaat dari tanaman jarak tersebut, salah satunya digunakan sebagai bahan membuat bio etanol.

Dikarenakan tanaman jarak ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, jadi tak diherankan sekarang ini sudah banyak orang yang mulai melakukan pembudidayaan tanaman jarak tersebut. jenis tanaman ini bisa tumbuh dengan maksimal didaerah yang mempunyai ketinggian antara 0 hingga 800 meter diatas permukaan air laut.


Untuk bisa membudidayakan tanaman jarak sendiri tergolong mudah, tidak jauh berbeda dengan membudidayakan jenis tanaman yang lain. Bahkan tanaman yang satu ini juga tidak perlu mendapat perlakukan secara khusus untuk dapat tumbuh dengan baik.

Bagaimana, Anda berminat untuk membudidayakan tanaman jarak tersebut? Jika iya, simak terus proses pembudidayaan tanaman jarak yang baik di bawah ini.

Tips dalam membudidayakan tanaman jarak


Siapkan lahan

Ini adalah hal yang pertama kalinya harus dilakukan yakni dengan mempersiapkan media tanamnya. Berbada dengan jenis tanaman lainnya yang memerlukan tanah khusus, tanaman jarak ini bisa Anda tanam disemua jenis tanah.

Tetapi, Anda terlebih dahulu harus membersihkan tanahnya dari beberapa gulma yang ada disekitar tanah tersebut. Setelah itu buahlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 30x30x30 cm, dengan jarak barisnya sekitar 1 hingga 2 m.

Pemilihan bibit

Untuk bisa memperoleh hasil tanaman jarak dengan kualitas bagus, maka Anda juga harus memiliki bibit yang berkualitas bagus. Bibit atau pun biji tanaman jarak ini bisa ditanam sebanyak 2 hingga 3 butir untuk setiap lubang yang Anda buat.

Pemeliharaan

Setelah proses bibit tanaman jarak ditanam pada lubang yanga da, selanjutnya Anda lakukan proses pemeliharaan. Sebenarnya proses pemeliharaan tanaman jarak ini tidak jauh berbeda dari tanaman yang lain, malahan dapat dibilang lebih mudah, sebab tanaman jarak ini tidak suka dengan air yang banyak.

Nah, itulah yang dapat kami informasikan untuk Anda mengenai tips untuk membudidayakan tanaman jarak, semoga bisa menginspirasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membudidayakan Tanaman Jarak"

Posting Komentar