Fakta Tentang Teknologi Jaringan 5G yang Saat Ini Sedang Jadi Buah Bibir

Fakta Tentang Teknologi Jaringan 5G - Teknologi memang merupakan suatu sisi kehidupan yang sulit terbendung. Perkembangan dan pergerakannya selalu terjadi begitu pesat. Ada banyak hal yang akan Anda temukan berubah di sisi teknologi dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah teknologi jaringan yang juga turut senantiasa berkembang dan bergerak seperti perkembangan dan pergerakan smartphone itu sendiri.

Salah satu bukti pergerakan dan perkembangan teknologi yang berlangsung dengan begitu pesat adalah hadirnya teknologi 4G di tengah – tengah kita yang menyusul perkembangan teknologi 3G. Namun belum lama juga teknologi jaringan 4G digunakan, kini sudah terdapat teknologi jaringan 5G yang sedang menjadi buah bibir dan kabarnya juga akan datang ke Indonesia kurang lebih sekitar tahun 2021 atau 2022 mendatang. Lantas benarkah hal tersebut dan seperti apa fakta tentang teknologi jaringan 5G itu sendiri yang kini tengah menjadi buah bibir?

Fakta tentang Teknologi Jaringan 5G


Terdapatnya penambahan kecepatan jaringan


Jaringan 5G merupakan sebuah jaringan terdepan dan jaringan fenomenal terbaik saat ini yang memberikan kapasitas besar. Pengguna jaringan 5G akan bisa menikmati jaringan sebanyak 20 kali lipat lebih cepat daripada jaringan 4G saat ini. Bersamanya Anda akan dapat lebih mudah dalam mengunduh film ultraHD bahkan hanya dalam hitungan beberapa detik saja. Satu hal yang juga turut dijanjikan oleh jaringan internet generasi kelima ini yaitu akses kecepatan yang sangat kencang.

Bahkan hal tersebut telah teruji. Dalam sebuah uji oleh operator seluler lokal Tiongkok turut diketahui jika kecepatan jaringan internet 5G ini bahkan dapat mencapai angka sebesar 20 Gbps. Hal ini juga berarti bahwa Anda bisa download film ultraHD dalam waktu hitungan hanya beberapa detik saja jika nanti jaringan 5G telah secara resmi diluncurkan. Hal yang lain justru didapatkan ketika operator sekaligus produsen smartphone berasal dari Tiongkok yaitu dalam hal ini Huawei menguji kemampuan jaringan internet 5G tersebut.

Hasil yang didapatkan oleh Huawei ini diketahui jika kemampuan dari jaringan 5G mereka bisa mencapai kecepatan 70 Gbps. Tentu Anda akan mendapatkan akses cepat dan tanpa batas baik ketika menggunakan jaringan 5G untuk streaming, download bahkan upload apapun. Dalam jaringan 5G sendiri data akan dikirim melalui suatu gelombang radio. Nantinya pada masing – masing frekuensi telah disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda seperti halnya aeronautical dan juga signal navigasi maritim, siaran televisi serta suatu mobile data. Pembagian yang tentu jauh lebih jelas dan rinci inilah yang turut diklaim akan membuat jaringan 5G jadi lebih stabil. Jadi Anda tak akan menemukan banyak gangguan dengan menggunakan jaringan 5G.

Tak ada lagi gangguan jaringan seperti jaringan sebelumnya


Jika ketika sebelumnya Anda berdamai dengan jaringan 3G dan 4G yang banyak memiliki gangguan, kini hal yang sama tidak akan lagi terdapat pada jaringan 5G. Jaringan 5G adalah jaringan terbaik saat ini yang dijamin tidak akan memberikan efek gangguan apapun kepada Anda. Koneksi jaringan 3G dan 4G biasanya menjadi sangat lemot apalagi ketika digunakan di tempat yang ramai. Akan tetapi jaringan 5G memberikan hal yang lain karena ketika Anda menggunakan jaringan 5G, Anda tak akan lagi mendapatkan kesan lemot seperti itu. Anda bisa menggunakan jaringan ini untuk akses tanpa batas yang Anda punya dan bisa Anda manfaatkan.

Latensi yang juga semakin sangat kecil


Sebelum kita membahas bagaimana latensi jaringan 5G, tentu kita perlu tahu dan memahami lebih dulu apa sih sebenarnya latensi itu. Latensi merupakan jumlah waktu yang diperlukan agar permintaan data diterima dan dibalas ketika mengklik sebuah aplikasi bisa didapatkan. Berbeda dengan jaringan internet yang sudah dulu juga karena jaringan 5G latensi lebih kecil atau minimalis. Pada jaringan internet 5G maksimal latensinya hanya sekitar 1 milidetik saja. Latensi ini bahkan juga diklaim oleh berbagai pihak 10 kali lipat lebih kecil jika dibandingkan latensi dari jaringan 4G yang juga digunakan saat ini yang turut diketahui mencapai angka 10 milidetik. Anda akan dapati kecepatan yang maksimal bersama jaringan 5G.

Jaringan yang mendukung kemajuan teknologi


Hadirnya jaringan 5G juga tentu semakin mendukung adanya perkembangan dari teknologi yang lain. Tak hanya di ruang lingkup internet dan dunia smartphone saja akan tetapi di dunia teknologi yang lain. Karena itu banyak orang yang sampai saat ini masih sangat antusias menunggu semaraknya jaringan 5G bisa dimanfaatkan di berbagai negara. Lalu kapan jaringan 5G akan hadir sebagai pelengkap di negara Indonesia?

Kemungkinan jaringan 5G masuk di Indonesia tahun 2020 / 2022


Memang sampai saat ini banyak yang bertanya lantas kapankah jaringan 5G akan menyebar luas dan bisa dimanfaatkan di Indonesia? Nyatanya walau di beberapa negara di luar negeri jaringan 5G sudah bisa dinikmati, hal yang sama tidak terjadi di Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena jaringan 4G saja kini masih belum menyebar luas dan belum banyak orang yang menggunakannya. Jaringan 4G juga masih terbatas di lingkungan kota dan di lingkungan dekat desa atau di wilayah desa masih belum bisa dinikmati secara merata. Tentu menjadi suatu alasan yang sangat logis jika kemudian di tahun ini jaringan 5G masih belum bisa dimanfaatkan di Indonesia.

Kendati masih lama muncul secara resmi, akan tetapi sederet operator lokal dari berbagai negara sudah mulai melakukan pengujian atas jaringan 5G ini. Misalkan di Korea Selatan, teknologi 5G ini sedang dikembangkan dan diprediksi bahwa memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi 4G. Sementara di Indonesia Telkomsel kabarnya sudah menggandeng Huawei untuk melakukan pengujian atas penerapan teknologi jaringan 5G pada berbagai bentuk atau model jaringan seperti halnya 3rd Generation Partnership Project (3GPP) Massive Internet of Things (IoT) dan juga teknologi Frequency Division Duplexing (FDD) Massive Multiple Input and Multiple Output.

Demikian fakta tentang teknologi jaringan 5G yang kini sedang menjadi buah bibir. Anda bisa menunggu kedatangannya di Indonesia untuk mendapatkan akses terbaik dan menikmati seperti apa kecepatan dari jaringan generasi kelima ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Tentang Teknologi Jaringan 5G yang Saat Ini Sedang Jadi Buah Bibir"

Posting Komentar