Deskripsi Umum Tugas dan Wewenang Bagian-bagian Kerja di Bank
Bekerja di dunia perbankan masih menjadi incaran para pencari kerja di Indonesia. Apalagi saat ini pekerjaan di bank untuk bagian tertentu bisa dimasuki oleh tenaga kerja dari berbagai jurusan program studi.
Berikut ini kami akan berbagi beberapa bagian-bagian kerja di bank beserta deskripsi tugas dan wewenang kerjanya secara umum.
1. Kepala Cabang
Tugas dan wewenang dari Kepala Cabang di suatu bank antara lain:
- Mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi tugas-tugas bawahannya.
- Mengawasi jalannya operasional di unit pelayanan yang menjadi tanggung jawab bawahannya.
- Melakukan fungsi manajemen personalia seperti pendelegasian wewenang, penilaian karyawan, dan pengendalian lingkungan kerja.
Baca juga: Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja Pegawai Administrasi Perkantoran
2. Kepala Bagian Operasional
Tugas dan wewenang dari Kepala Bagian Operasional antara lain:
- Mengawasi dan mengendalikan operasi bank agar terlaksana dengan baik.
- Menjalankan fungsi kepemimpinan pada bagian operasional.
- Menyusun anggaran atau rencana kerja pada bidang operasional.
- Melaksanakan program kerja sesuai dengan rencana anggaran kantor.
3. Head Teller
Tugas dan wewenang dari Head Teller antara lain:
- Melakukan pengarahan langsung, memonitor secara aktif dan mengkoordinasi seluruh jalannya transaksi yang ditangani teller, misalnya setoran, penarikan, pemindah bukuan, dan lain-lain.
- Memberi solusi jika terjadi masalah di counter dan apabila teller selisih melakukan balancing akhir hari.
- Memberikan offer rate atas transaksi yang melebihi wewenang teller.
- Memverifikasi dan mencocokan balancing akhir hari.
- Memeriksa cash box teller.
- Menyelesaikan pos-pos terbuka atau selisih yang belum tersesuaikan.
- Melaporkan transaksi valas kepada Kepala Bagian Operasional.
- Menentukan pembukaan counter tambahan sesuai dengan kebutuhan.
4. Customer Service Officer
Fungsi dasar dari customer service officer ialah memberi layanan kepada nasabah dalam hal memberikan informasi, menampung keluhan nasabah, cross selling, dan membantu nasabah dalam penyelesaian masalah.
Tugas Customer Service Officer (CSO)
- Melayani pendaftaran produk bank dan membantu menjawab pertanyaan nasabah mengenai produk atau jasa yang ada di bank bersangkutan.
- Menyelesaikan permasalahan atas komplain dari nasabah yang merasa tidak puas terhadap layanan atau produk bank.
- Melayani dan memenuhi harapan nasabah dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat.
- Melakukan beberapa pekerjaan administrasi seperti melakukan sistem filying atas berkas-berkas yang ada dalam tanggung jawab bank bersangkutan dengan benar dan rapi agar dapat dengan cepat ditemukan ketika suatu saat diperlukan.
Peranan Customer Service Officer (CSO)
- Membentuk persepsi nasabah terhadap kualitas layanan suatu bank dengan citra yang baik.
- Sebagai front office, CSO merupakan ujung tombak dalam pemberian layanan langsung kepada nasabah.
- Penghubung antara bank dengan para nasabah, terutama dalam membuka hubungan bank dengan nasabah-nasabah baru.
- CSO berperan sebagai Deskman, yaitu petugas yang membantu pelayanan berbagai aplikasi termasuk mengarahkan nasabah dalam pengisian formulir aplikasi serta bertanggung jawab atas kelancaran proses pelayanan tersebut.
- CSO merupakan komunikator yang menyampaikan kepada nasabah tentang produk maupun jasa yang ditawarkan oleh bank dan keunggulan dari masing-masing produk tersebut dengan penyampaian yang jelas, mudah dimengerti, serta menarik perhatian nasabah.
5. Teller
Fungsi teller secara umum ialah memberikan layanan transaksi baik bersifat tunai maupun non tunai kepada nasabah, dengan ruang lingkup sebagai berikut:
- Penerimaan dan pembayaran tunai atau non tunai dalam bentuk Rupiah maupun valuta asing untuk produk-produk perbankan seperti: tabungan (giro), deposito, kliring, kiriman uang dalam dan luar negeri, inkaso dalam dan luar negeri, bank note/traveler cheque, serta berbagai jasa pembayaran yang termasuk dalam pelayanan bank (misalnya: pembayaran listrik, telepon, PAM, dan lain-lain).
- Memeriksa kelengkapan transaksi yang sedang ditangani.
- Memeriksa saldo uang tunai teller pada cash box.
- Melaksanakan system failing dan arsip sesuai prosedur yang berlaku.
- Melayani nasabah dalam transaksi financial yang bersifat fisik.
- Pengaturan uang tunai dan penyelesaian proses transaksi.
- Verifikasi atau pencocokan tanda tangan pada formulir dengan dokumen asli untuk memastikan tanda tangan tersebut sah.
- Memeriksa kelengkapan formulir transaksi, keaslian dan pengisian warkat (cek atau bilyet giro) yang dilakukan oleh nasabah.
- Melaksanakan pengoperasian BDS (Brach Delivery System) dan IDS (Intergrated Deposit System).
6. Cash Vault
Cash Vault bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Operasional dalam menjalankan tugas-tugas sebagai berikut:
- Mengelola kas besar.
- Melakukan penyetoran dan pengambilan uang tunai oleh teller.
- Memeriksa dan mengisi mesin ATM bersama Kepala Bidang Operasional.
7. Driver
Tugas kerja dari Driver antara lain:
- Menunjang kelancaran transportasi yang diperlukan kantor.
- Mengurus dan merawat mobil agar tetap bersih dan siap pakai.
- Melaporkan kerusakan kendaraan agar segera dilakukan perbaikan.
- Bersama petugas kantor dan satpam membawa uang setoran dari kantor cabang utama ke kantor cabang pembantu, atau sebaliknya.
8. Security (Satpam)
Tugas dari Security atau Satuan Pengamanan (Satpam) antara lain:
- Bertanggung jawab kepada Kepala Cabang dalam hal keamanan.
- Mengawasi dan menjaga keamanan dari kegiatan operasional kantor.
- Mengawal penyetoran dan pengambilan uang dari Kantor Cabang ke Kantor Cabang Pembantu.
- Selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya kejahatan yang dapat mengganggu kegiatan operasional.
9. Cleaning Service / Office Boy
Tugas kerja dari Cleaning Service dan Office Boy antara lain:
- Menjaga kebersihan kantor secara keseluruhan.
- Membantu penyimpanan arsip dan dokumen nasabah.
- Sewaktu-waktu bila dibutuhkan, melakukan kegiatan pengiriman (kurir) dokumen ke Kantor Cabang Pembantu atau Kantor lainnya.
Sumber:
http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/6701-tugas-dan-wewenang-bank-bca.html
Berikut ini kami akan berbagi beberapa bagian-bagian kerja di bank beserta deskripsi tugas dan wewenang kerjanya secara umum.
1. Kepala Cabang
Tugas dan wewenang dari Kepala Cabang di suatu bank antara lain:
- Mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi tugas-tugas bawahannya.
- Mengawasi jalannya operasional di unit pelayanan yang menjadi tanggung jawab bawahannya.
- Melakukan fungsi manajemen personalia seperti pendelegasian wewenang, penilaian karyawan, dan pengendalian lingkungan kerja.
Baca juga: Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja Pegawai Administrasi Perkantoran
2. Kepala Bagian Operasional
Tugas dan wewenang dari Kepala Bagian Operasional antara lain:
- Mengawasi dan mengendalikan operasi bank agar terlaksana dengan baik.
- Menjalankan fungsi kepemimpinan pada bagian operasional.
- Menyusun anggaran atau rencana kerja pada bidang operasional.
- Melaksanakan program kerja sesuai dengan rencana anggaran kantor.
3. Head Teller
Tugas dan wewenang dari Head Teller antara lain:
- Melakukan pengarahan langsung, memonitor secara aktif dan mengkoordinasi seluruh jalannya transaksi yang ditangani teller, misalnya setoran, penarikan, pemindah bukuan, dan lain-lain.
- Memberi solusi jika terjadi masalah di counter dan apabila teller selisih melakukan balancing akhir hari.
- Memberikan offer rate atas transaksi yang melebihi wewenang teller.
- Memverifikasi dan mencocokan balancing akhir hari.
- Memeriksa cash box teller.
- Menyelesaikan pos-pos terbuka atau selisih yang belum tersesuaikan.
- Melaporkan transaksi valas kepada Kepala Bagian Operasional.
- Menentukan pembukaan counter tambahan sesuai dengan kebutuhan.
4. Customer Service Officer
Fungsi dasar dari customer service officer ialah memberi layanan kepada nasabah dalam hal memberikan informasi, menampung keluhan nasabah, cross selling, dan membantu nasabah dalam penyelesaian masalah.
Tugas Customer Service Officer (CSO)
- Melayani pendaftaran produk bank dan membantu menjawab pertanyaan nasabah mengenai produk atau jasa yang ada di bank bersangkutan.
- Menyelesaikan permasalahan atas komplain dari nasabah yang merasa tidak puas terhadap layanan atau produk bank.
- Melayani dan memenuhi harapan nasabah dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat.
- Melakukan beberapa pekerjaan administrasi seperti melakukan sistem filying atas berkas-berkas yang ada dalam tanggung jawab bank bersangkutan dengan benar dan rapi agar dapat dengan cepat ditemukan ketika suatu saat diperlukan.
Peranan Customer Service Officer (CSO)
- Membentuk persepsi nasabah terhadap kualitas layanan suatu bank dengan citra yang baik.
- Sebagai front office, CSO merupakan ujung tombak dalam pemberian layanan langsung kepada nasabah.
- Penghubung antara bank dengan para nasabah, terutama dalam membuka hubungan bank dengan nasabah-nasabah baru.
- CSO berperan sebagai Deskman, yaitu petugas yang membantu pelayanan berbagai aplikasi termasuk mengarahkan nasabah dalam pengisian formulir aplikasi serta bertanggung jawab atas kelancaran proses pelayanan tersebut.
- CSO merupakan komunikator yang menyampaikan kepada nasabah tentang produk maupun jasa yang ditawarkan oleh bank dan keunggulan dari masing-masing produk tersebut dengan penyampaian yang jelas, mudah dimengerti, serta menarik perhatian nasabah.
5. Teller
Fungsi teller secara umum ialah memberikan layanan transaksi baik bersifat tunai maupun non tunai kepada nasabah, dengan ruang lingkup sebagai berikut:
- Penerimaan dan pembayaran tunai atau non tunai dalam bentuk Rupiah maupun valuta asing untuk produk-produk perbankan seperti: tabungan (giro), deposito, kliring, kiriman uang dalam dan luar negeri, inkaso dalam dan luar negeri, bank note/traveler cheque, serta berbagai jasa pembayaran yang termasuk dalam pelayanan bank (misalnya: pembayaran listrik, telepon, PAM, dan lain-lain).
- Memeriksa kelengkapan transaksi yang sedang ditangani.
- Memeriksa saldo uang tunai teller pada cash box.
- Melaksanakan system failing dan arsip sesuai prosedur yang berlaku.
- Melayani nasabah dalam transaksi financial yang bersifat fisik.
- Pengaturan uang tunai dan penyelesaian proses transaksi.
- Verifikasi atau pencocokan tanda tangan pada formulir dengan dokumen asli untuk memastikan tanda tangan tersebut sah.
- Memeriksa kelengkapan formulir transaksi, keaslian dan pengisian warkat (cek atau bilyet giro) yang dilakukan oleh nasabah.
- Melaksanakan pengoperasian BDS (Brach Delivery System) dan IDS (Intergrated Deposit System).
6. Cash Vault
Cash Vault bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Operasional dalam menjalankan tugas-tugas sebagai berikut:
- Mengelola kas besar.
- Melakukan penyetoran dan pengambilan uang tunai oleh teller.
- Memeriksa dan mengisi mesin ATM bersama Kepala Bidang Operasional.
7. Driver
Tugas kerja dari Driver antara lain:
- Menunjang kelancaran transportasi yang diperlukan kantor.
- Mengurus dan merawat mobil agar tetap bersih dan siap pakai.
- Melaporkan kerusakan kendaraan agar segera dilakukan perbaikan.
- Bersama petugas kantor dan satpam membawa uang setoran dari kantor cabang utama ke kantor cabang pembantu, atau sebaliknya.
8. Security (Satpam)
Tugas dari Security atau Satuan Pengamanan (Satpam) antara lain:
- Bertanggung jawab kepada Kepala Cabang dalam hal keamanan.
- Mengawasi dan menjaga keamanan dari kegiatan operasional kantor.
- Mengawal penyetoran dan pengambilan uang dari Kantor Cabang ke Kantor Cabang Pembantu.
- Selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya kejahatan yang dapat mengganggu kegiatan operasional.
9. Cleaning Service / Office Boy
Tugas kerja dari Cleaning Service dan Office Boy antara lain:
- Menjaga kebersihan kantor secara keseluruhan.
- Membantu penyimpanan arsip dan dokumen nasabah.
- Sewaktu-waktu bila dibutuhkan, melakukan kegiatan pengiriman (kurir) dokumen ke Kantor Cabang Pembantu atau Kantor lainnya.
Sumber:
http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/6701-tugas-dan-wewenang-bank-bca.html
0 Response to "Deskripsi Umum Tugas dan Wewenang Bagian-bagian Kerja di Bank"
Posting Komentar