Cara Menjinakan Burung Jalak

Cara menjinakan burung jalak yang kami sajikan mampu berjalan lancar apabila burung peliharaan sahabat masih muda atau anakan. Namun, jikalau burung peliharaan sahabat sudah tua, mungkin waktu penjinakannya akan lebih lama bahkan tak akan mampu maksimal. Semua tergantung usaha sahabat dan kharakter burung jalak milik sobat.
Cara menjinakan burung jalak

Berikut yang perlu sahabat perhatikan sebelum menjinakan burung.

6 Hal yang harus diperhatikan sebelum menjinakan burung

  1. Kondisi burung harus sehat dan dalam keadaan fit.
  2. Lingkungan daerah latihan atau daerah penjinakan sebisa mungkin terbebas dari gangguan hewan-hewan lain ibarat kucing, anjing, ayam, dan kendaraan bermotor, serta acara manusia. 
  3. Jangan melaksanakan latihan penjinakan burung pada siang hari sebab burung mudah stres dan tidak mau berkonsentrasi pada latihan yang sahabat berikan. 
  4. Jangan pula melaksanakan latihan penjinakan burung pada sore hari, alasannya burung mudah kehilangan kontrol pada ketika matahari akan terbenam. Jika ini dipaksakan maka burung kesayangan sahabat mampu mengalami gangguan pengelihatan. 
  5. Kalau mampu melatih burung Jalak Kerbau atau Jalak Suren yang masih muda, sebab dua jenis burung jalak tersebut memiliki tingkat kercerdasan setara dengan burung paruh bengkok. 
  6. Berikan makan sekali saja, ialah pada pagi hari. Intinya, 3-4 jam sebelum memulai latihan penjinakan, pakan burung harus dijauhkan dari burung Jalak. Soalnya, kondisi perut yang sedang lapar akan lebih mudah membuat burung menuruti perintah kita.

Setelah melaksanakan persiapan yang sudah dijelaskan di atas, Sobat harus melanjutkan ke tahap berikutnya, ialah tahap penjinakan burung yang ibarat sudah dijelaskan Omkicau.

Baca Juga: Cara Menjinakan Burung Love Brid

Tahap-tahap menjinakan burung Jalak

Perkenalan burung Jalak dengan memberi makan di telapak tangan


Burung Jalak dibiasakan berada diluar sangkar. Kalau mampu lepaskan burung Jalak di ruangan yang tertutup, misalnya di kamar atau di ruangan lainnya. Kemudian letakan kandang di lantai dan lepaskan burung Jalak sobat. Biarkan burung mengeksplorasi ruangan sambil panggil-panggil burung sahabat dengan nama panggilan kesukaannya.

Langkah selanjutnya, coba pancing burung Jalak sahabat dengan siulan dan menunjukkan pakan berupa ulat Hong Kong atau voer di telapak tangan. Ini mungkin sedikit sulit, tapi biasakan menunjukkan pakan dengan meletakan di telapak tangan supaya burung Jalak cepat jinak.

Setidaknya cara tadi dilakukan selama beberapa hari (3-4 hari, 2-3 kali sehari) hingga burung peliharaan sahabat mau mengambil makan dari telapak tangan sobat. Kalau burung sahabat tidak mau makan, coba berikan pakan di lantai saja.

Melatih burung Jalak masuk sangkar


Setelah menjalankan latihan menunjukkan pakan di telapak tangan, kini saatnya sahabat melatihnya masuk ke sangkar. Caranya, coba bersiul atau menggunakan kata-kata yang mampu dikenali burung sobat. Disamping itu, pancing burung sahabat menggunakan pakan kesukaan sambil tetap bersiul di belakang sangkar. Cara ini harus dilakukan secara rutin hingga burung sahabat mau masuk ke kandang ketika sahabat suruh.

Melatih burung Jalak di luar ruangan

Tahap ini memang sangat beresiko sebab burung sahabat mampu kabur kapan saja. Namun, kalau sahabat yakin bahwa burung sahabat sudah jinak maka sahabat tak perlu khawatir. Sebagai tindakan pengamanan, sebaiknya ikat kaki burung dengan tali benang nilon.

Setelah di ikat, berdirilah dengan jarak 2-3 meter dari burung. Lalu, panggil burung sambil mengambarkan pakan berupa ulat Hong Kong, Jangkrik, atau voer. Jika burung mau mengikuti perintah sobat, maka jarak sahabat dengan burung harus di perjauh, misal 10 meter.

Ingat kaki tetap harus diikat dengan tali benang nilon. Tali boleh dilepas apabila burung sudah mau beberapa kali menghampiri sahabat walaupun jaraknya cukup jauh.

Demikianlah tadi Cara Menjinakan Burung Jalak. Memang cara penjinakan ini sangat berisiko, jadi harap berhati-hati, jangan hingga burung kesayangan sahabat lepas begitu saja. Terimakasih terlah menyimak arikel ini. Salam sukses selalu...

Baca Juga: Cara Menjinakan Burung Pleci

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjinakan Burung Jalak"

Posting Komentar