Cara Budidaya Cabe Hidroponik Dalam Polybag

Cara Budidaya Cabe Hidroponik Dalam Polybag - Siapa diantara Anda semua yang belum pernah makan cabe? Bisa dipastikan juga bahwa Anda semua sudah pernah memakan hasil bumi yang satu ini kan? Salah satu kendala yang seringkali dihadapi oleh para konsumen adalah harga cabe yang tak menentu, bahkan cenderung lebih mengalami peningkatan yang diakibatkan dengan adanya persediaan cabe saat ini tidak mencukupi, sehingga hal yang seperti ini akan sulit untuk mendapatkan cabe.

Sebagai solusi yang tepat, Anda bisa mencoba untuk menanam atau pun membudidayakan cabe sendiri di halaman rumah Anda. Bagi para pembaca yang tidak memiliki halaman rumah cukup luas silakan mencoba menanam cabe hidroponik dengan memanfaatkan media polybag.

Cara budidaya cabe hidroponik dalam polybag


Untuk menanam atau pun membudidayakan cabe dengan cara hidroponik hal yang pertama adalah dengan pembibitan. Pilihlah buah cabe yang sudah masak dan juga memiliki bentuk sempurna. Kemudian irislah buah cabenya tersebut secara memanjang, untuk mengeluarkan biji cabenya yang bakal dijadikan sebagai bibit.

Setelah Anda mengumpulkan semua bibit cabenya, silakan cuci hingga besih dan rendamlah kedalam air untuk mendapat biji cabe yang benar-benar sesuai untuk digunakan sebagai pembibitan.

Biji cabe yang mengapung kedalam air, harus segera Anda buang, sebab bibit yang demikian adalah kualitasnya buruk, dan nantinya tidak bisa tumbuh secara optimal, setelah itu lakukan proses persemaian.

Tetapi, untuk biji cabe yang bakal disemai, silakan Anda rendam terlebih dahulu kedalam air untuk memc pertumbuan kecambah. Sembari menunggu proses perendamannya, Anda bisa siapkan wadah semai dan juga media tanam yang bakal digunakan.

Cara untuk menanam cabe hidroponik ini tidak harus menggunakan tanah sebagai media tanamnya, melainkan bisa mengguakan sekam bakar, dan juga coco peat dengan perbandngan antara 1 : 1. Selain itu, cara tanam cabe ini adalah dengan menaburkan biji yang sudah direndam kedalam wadah semai secara merata.

Baca juga : Tips Membuat Benih Cabe Rawit Berkualitas

Tutuplah dengan plastik tipis, agar bisa menghindarkan berbagai gangguan yang akan menjadikan biji cabe tidak tumbuh secara sehat. Tempatkan wadah dilokasi yang lembab dan terhindari dari sinar matahari secara langsung.

Sekian ulasan mengenai Cara Budidaya Cabe Hidroponik Dalam Polybag yang dapat kami informasikan untuk Anda semuanya tentang cara budidaya tanaman cabe, semoga bisa bermanfaat dan juga menginspirasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Cabe Hidroponik Dalam Polybag"

Posting Komentar