Cara Beternak Ayam Petelur

Cara Beternak Ayam Petelur - Bagi Anda yang saat ini ingin memiliki usaha budidaya ayam petelur, ada baiknya untuk menguasai terlebih dahulu berbagai pengetahuan seputar komoditi ternak potensial yang satu ini. Pengetahuan tersebut mencakup pengenalan jenis ayam petelur, lokasi budidaya yang cocok, tehnik budidaya yang efektif dan juga tatacara panen yang tepat. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan agar mendapatkan hasil dan keuntungan yang maksimal dari usaha budidaya ayam petelur yang Anda jalankan.


Berikut ini cara beternak ayam petelur yang baik dan benar.
Pertama-tama, Anda harus menentukan jenis ayam petelur yang akan dibudidayakan. Secara garis besar, jenis ayam petelur dibagi menjadi dua yakni ayam petelur putih (ringan) dan ayam petelur medium (dwiguna). Perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis ayam petelur tersebut adalah bentuk fisiknya.

Bibit yang baik untuk ayam petelur biasanya berasal dari indukan yang unggul dan memiliki tingkat nafsu makan yang sangat baik. Pastikan juga bibit yang dipilih tidak memiliki cacat atau kelainan fisik yang fatal.

Ketika menentukan lokasi peternakan ayam petelur, sebaiknya jauh dari pemukiman penduduk yang padat namun tetap mudah dijangkau oleh kendaraan. Lokasi kandang ayam petelur juga harus bersifat menetap sehingga Anda harus mempertimbangkan secara baik-baik lokasi kandang dari awal agar nantinya tidak sering berpindah-pindah.

Buatlah kandang untuk ayam petelur senyaman mungkin agar ayam tidak mudah merasa stres dan sakit. Kondisi ayam yang mudah stres bisa mengganggu produktivitas dan kualitas telur yang akan dihasilkan nantinya. Pastikan suhu kandang berada pada 32 – 35 derajat celcius dengan kelembapan kandang antara 60 – 70 persen. Kandang harus memiliki beberapa peralatan penunjang bagi ayam petelur seperti alas lantai yang kering, tempat bertelur, tempat makan dan minum yang bebas karat dan juga tempat bertengger yang memadai. Pastikan kebersihan berbagai peralatan tersebut agar selalu dijaga agar ayam petelur selalu merasa nyaman di dalam kandang dan terbebas dari penyakit.

Pemeliharaan merupakan salah satu tahapan yang paling penting dalam menjalankan usaha budidaya ayam petelur. Pemeliharaan ayam petelur dan juga kandang yang baik akan berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya suatu usaha peternakan ayam petelur. Pemeliharaan tersebut mencakup sanitasi dan sirkulasi udara yang baik, pemberian pakan yang cukup, serta berbagai upaya yang dilakukan untuk mencegah serangan berbagai virus atau penyakit yang membahayakan.

Artikel terkait : Tips Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung

Pemberian vaksin harus dilakukan secara intensif karena ayam petelur sangat rentan terhadap berbagai bakteri penyebab penyakit. Berbagai penyakit yang sering dialami oleh ayam petelur diantaranya adalah pullorum atau berak putih, muntah darah hitam dan pilek ayam.

Usahakan agar waktu pengambilan telur atau panen dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Sebagai contoh, lakukan pengambilan telur 3 kali dalam sehari untuk mencegah kerusakan atau infeksi virus pada isi telur yang akan dipanen.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai Cara Beternak Ayam Petelur, mungkin diantara anda ada berencana untuk menjalankan usaha budidaya ayam petelur. Semoga bermanfat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Beternak Ayam Petelur "

Posting Komentar