Tahukah Anda Kalau Anjing Ternyata Juga Bisa Cemburu

Sejak jaman dahulu, anjing memang dikenal sebagai hewan sahabat terbaik manusia, dan konon hasil riset menunjukkan bahwa mereka ingin tetap seperti itu. Baru-baru ini jurnal ilmiah PLOS ONE mempublikasikan hasil penelitan yang memperlihatkan bahwa anjing juga dapat merasakan bentuk dasar dari cemburu.


Menurut Christine Harris, psikolog dari Universitas California - San Diego yang merupakan penulis hasil penelitian tersebut, eksperimen pertama di dunia tentang kecemburuan pada anjing itu dapat mendefinisikan kembali pandangan bahwa emosi kompleks dalam bentuk rasa iri merupakan sifat manusia.


Pada penelitian itu, ada tiga hal dalam pengujian dengan meminta pemilik 36 ekor anjing kecil melakukan hal yang mengabaikan binatang piaraan mereka, yaitu sebagai berikut:
  • Mencurahkan perhatian pada anjing mainan berbentuk animasi mewah, dan
  • Mencurahkan perhatian pada ember plastik wadah permen berbentuk labu,
  • Membaca buku anak-anak keras-keras.


Dari tiga pengujian tersebut, para peneliti lalu mengamati reaksi anjing-anjing tersebut. Sekitar 80 persen anjing menyentuh atau mendorong majikannya saat mereka memanjakan anjing mainan, dua kali lebih sering saat majikannya bermain-main dengan ember plastik, dan hampir empat kali lebih sering saat majikannya membaca buku.

Menurut Harris dalam pernyataan yang menyertai studi itu, walau penelitian tersebut tidak dapat benar-benar berbicara tentang pengalaman subjektif anjing, namun sepertinya hewan tersebut tampak termotivasi untuk menjaga hubungan sosial yang penting.

Berdasarkan riset sebelumnya yang didasarkan pada studi serupa untuk mengukur kecemburuan pada bayi itu memperlihatkan anjing dan kemungkinan hewan-hewan lain memperlihatkan sebuah bentuk primordial emosi.

Bagi binatang yang berpasangan, kecemburuan mungkin telah berkembang menjadi cara untuk menjaga hubungan seksual mereka. Begitu juga bagi anak-anak binatang, kecemburuan muncul untuk mendapatkan makanan serta perhatian dari induk mereka.

Kecemburuan yang muncul pada anjing ini dimungkinkan telah berkembang setelah mereka sekian lama menjadi binatang peliharaan manusia. Bagaimanapun, manusia telah menjadi sumber yang kaya dalam ko-evolusi kita.

Semua penelitian tentang kecemburuan menurut peneliti merupakan tugas ilmiah yang penting dan menekankan bahwa kecemburuan dalam berbagai macam budaya seringkali dianggap sebagai penyebab bunuh diri.

Sumber:
http://m.antaranews.com/berita/445518/anjing-juga-bisa-cemburu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Anda Kalau Anjing Ternyata Juga Bisa Cemburu"

Posting Komentar